10 Tips Parenting Yang Wajib Diketahui Orang Tua 1

10 Tips Parenting Yang Wajib Diketahui Orang Tua

tips parenting

Anak merupakan anugerah dari Tuhan yang diidam-idamkan bagi semua orang tua. Membesarkan serta mendidik anak juga bukan suatu hal yang mudah. Sebagai orang tua perlu menerapkan pola asuh bagi anak agar si anak tumbuh dengan baik serta dapat berperilaku yang baik juga dikemudian hari. Namun sering kali orang tua juga keliru dalam mendidik anak. Oleh karena itu tips parenting penting dalam mendidik serta membesarkan anak.

Anak lahir di dunia bagaikan kertas putih kosong tanpa coretan begitulah kata filsuf John Locke. Anak akan mengalami perubahan seiring waktu disebabkan oleh pengaruh lingkungan dan didikan dari orang tua bagaimana menerapkan pola asuhnya pada anak. Untuk itu orang tua perlu memberikan didikan yang baik untuk anaknya.

Berikut ini sekilasinfo akan memberikan tips parenting bagi anak agar tumbuh baik.

1. Menjadi Panutan yang baik

Tips parenting pertama adalah menjadi panutan yang baik bagi anak. Anak cenderung akan menjadi peniru orang tuanya. Anak akan selalu mengikuti apa yang orang tua lakukan. Oleh karena itu penting untuk menjadi orang tua yang baik. lakukan hal-hal positif agar anak akan menjadi positif dan baik pula. Orang tua perlu menanamkan nilai-nilai karakter baik pada dirinya agar anaknya bisa meniru menjadi berkarakter baik dan positif.

2. tidak membanding-bandingkan anak dengan saudara ataupun orang lain.

Tips parenting kedua yaitu tidak membanding-bandingkan anak dengan saudara maupun orang lain. Hal ini penting karena setiap anak memiliki mental yang tidak sama. Membandingkan dengan orang lain menyebabkan iri dengki pada hati dan anak bertumbuh dengan karakter yang kurang baik. Perlu diketahui bahwa setiap anak memiliki porsi masing-masing dengan kelebihan dan kekurangan. Jadi tidak perlu untuk membanding-bandingkan.

3. Mengetahui kelebihan dan kekuatan anak

Tips parenting selanjutnya yakni dengan mengetahui kelebihan dan kekuatan anak. Hal ini perlu karena dapat membangun rasa percaya diri pada ana. Kepercayaan diri anak akan membuat anak mudah dalam mengelola emosi saat pada kondisi tertentu seperti sulit. Anak akan lebih mudah untuk mendengar dan memperbaiki perilaku jika mereka masih memiliki suatu yang dapat dibanggakan.

4. memberi perhatian dengan baik namun tidak terlalu memanjakan anak

Tips parenting selanjutnya memberi perhatian dengan baik. perhatian yang dimaksud adalah perhatian positif pada anak. Hal ini perlu dilakukan karena setiap orang ingin diberi perhatian apalagi seorang anak. Anak maupun orang jika tidak diberi perhatian dengan baik maka akan mencari perhatian di di tempat lain atau orang lain yang dapat menimbulkan kenegatifan karena kita tidak tau apakah semua orang baik.

Sangat memanjakan anak juga tidak baik, berikanlah gift atau hadiah kepada anak setelah anak tersebut berusaha. Hal ini akan menjadikan anak hidup mandiri dan tidak mengalami ketergantungan

5. komunikasi dengan baik kepada anak

Tips parenting selanjutnya yaitu melakukan komunikasi baik dengan anak. Anak akan bercerita kepada orang tuanya jika komunikasi dengan kedua orang tuanya baik. jadilah teman anak yang siap mendengarkan cerita dan jadi orang tua dalam mendidik. Artinya mampu memposisikan diri kepada anak.

6. berbicara baik-baik jika anak bersalah bukan menghukum

Tips parenting keenam adalah berbicara yang baik ketika anak salah. Jika anak melakukan kesalahan maka beri tahu kalau dia salah tidak menghukum dengan berat maupun berkata kasar. Hal ini contoh emosional yang salah sehingga anak memiliki kecenderungan akan merasa salah dan berperilaku buruk. Anak juga akan merasa tidak disayang oleh keluarga jika anak selalu dihukum dan diejek.

7. Konsultasi dengan pakar atau orang yang berpengalaman

Tips parenting selanjutnya adalah melakukan konsultasi dengan psikolog untuk membantu anda mendidik anak. Tiap anak mempunyai mental yang berbeda oleh karena itu bekal yang cukup diperlukan untuk mendidik anak. Berkonsultasi dengan psikolog merupakan bekal mendidik anak agar mengetahui bagaimana keadaan mental anak.

8. meluangkan waktu untuk anak

Tips parenting kedelapan adalah meluangkan waktu pada anak dapat memberikan pengaruh besar pada pertumbuhan anak. Meluangkan waktu adalah cara untuk menjalin hubungan baik dan berkualitas dengan anak misalnya makan bersama, bercerita bersama, dan meluangkan waktu di hari spesial anak seperti ulang tahun, wisuda, dll

9. Memantau penggunaan internet

Tips parenting selanjutnya yakni memantau penggunaan internet pada anak. Internet saat ini menjadi kebutuhan apalagi di pandemic covid kegiatan apapun ditunjang internet. Namun hal penting yang harus dilakukan yaitu memantau penggunaan internet pada anak yakni dengan mengaktifkan fitur parental control untuk memantau situs-situs atau konten yang dibuka oleh anak.

10. Memberikan aturan pada anak

Tips parenting terakhir adalah memberikan aturan pada anak tapi tidak mengekang. Aturan perlu diberikan kepada anak agar anak tumbuh tidak seenaknya. Berikan izin apabila dapat membuat anak berkembang dan larang jika dapat merugikan diri anak.

Demikian 10 tips perenting untuk anak agar anak dapat bertumbuh dengan baik dan positif.


Baca juga: