cara mengatasi hidung tersumbat

10 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

Pernahkan anda mengalami hidung tersumbat? Pasti anda merasa tidak nyaman dan terganggu jika mengalami hidung tersumbat. Kalau anda pernah mengalami atau sedang mengalami hidung tersumbat tepat sekali anda menemukan tulisan ini. Yuk simak penjelasan hidung tersumbat dan bagaimana cara mengatasi hidung tersumbat?

Hidung tersumbat sama dengan proses pernapasan pada manusia terganggu. Hidung tersumbat adalah gejala dimana aliran udara tidak bisa masuk dengan baik dikarenakan rongga hidung terdapat cairan atau lendir berlebihan yang membuat aktivitas kita terganggu. Hidung tersumbat memiliki gejala bersamaan dengan bersin-bersin, flu, bahkan batuk. Penyebab hidung tersumbat biasanya karena infeksi virus, alergi pada indera penciuman, debu yang berlebihan dan hal-hal lain seperti bau-bauan. Hidung tersumbat ini menyebabkan badan terasa tidak enak karena jika mengalami hidung tersumbat kita tidak bisa bernafas dan membau dengan baik.

Tanda-tanda dan Gejala Hidung Tersumbat

cara mengatasi hidung tersumbat

Ketika mengalami hidung tersumbat pastinya kita memikirkan bagaimana penderitaan ini segera berakhir. Tentunya kita harus tau awal persoalan dari hidung tersumbat. Kita harus mengenali gejala-gejala awal hidung tersumbat apakah hidung tersumbat karena terkena flu ataukah malah karena kita keseringan minum es.

Meminum Es

Yaa benar minum es berlebihan dapat juga menyebabkan hidung tersumbat loh! Mitos atau fakta yaaa? Dilansir dari sumber web halodoc.com hidung tersumbat bisa disebabkan karena kita terlalu banyak mengonsumsi es. Sebenarnya yang menyebabkan keparahan hidung tersumbat bukan es nya melainkan kebersihan dari es tersebut apakah ada kandungan bakteri atau virus yang menjangkitinya. Jika iya tentunya hidung tersumbat yang dialami akan lebih buruk dari sebelumnya.

Oleh karena itu, kita harus sadar untuk tidak membeli es sembarangan. Biasanya es yang mengandung bakteri atau virus adalah es yang dibuat dari air mentah atau air yang tidak terjaga kebersihannya. Hidung tersumbat yang dialami oleh seseorang nantinya pasti menyebabkan penyakit lain batuk, flu atau influenza, sakit kepala, suara menjadi aneh serta badan meriang.

Batuk

Batuk merupakan respon dari pertahanan tubuh mengeluarkan partikel dari dalam saluran pernapasan. Batuk adalah upaya dari pertahanan saluran pernapasan berupa paru-paru terhadap rangsangan yang ada serta refleks fisiologis. Refleks yang muncul dari batuk terjadi disebabkan oleh terangsangnya reseptor yang ada pada saluran nafas yang ditimbulkan dari alergen. Batuk biasanya disebabkan oleh debu yang berlebihan, asap rokok, polusi, maupun virus.

Influenza

Influenza atau sering dikenal dengan sebutan flu adalah kondisi dimana hidung kita mengalami penyumbatan dikarenakan hidung mengeluarkan cairan. Cairan ini biasanya cukup kental dan berlendir. Akan tetapi ada juga yang cair dan keluarnya terkadang hingga tidak terbendung. Influenza atau flu biasanya disebabkan oleh virus yang menyerang indera pernapasan manusia atau hidung. Infeksi virus yang menyerang hidung biasanya merambah ke tenggorokan, hidung tersumbat, batuk, dan paru-paru.

Sakit Kepala

Sakit kepala yang disertai hidung tersumbat tidak boleh dianggap remeh. Ini bisa saja anda sedang mengalami gejala sinusitis. Gejala yang terjadi hampir mirip dengan migrain namun tidak sama. Sakit kepala sinusitis ini memiliki ciri seperti rasa nyeri di kepala terutama di bagian dahi. Rasa sakit kepala sinusitis akan terasa diiringi dengan hidung tersumbat. Beberapa ciri untuk menandakan gejala sinusitis adalah rasa sakit saat anda sedang membungkuk. Ketika dahi ditekan rasa nyeri yang dirasakan akan semakin parah. Orang yang terjangkit gejala sinusitis akan merasakan gejalanya di pagi hari kemudian membaik di siang hari maupun malam hari.

Orang terkena gejala sinusitis akan lebih sensitif terhadap cuaca. Misalnya ketika pagi hari atau malam hari ketika udara terasa dingin penderita gejala sinusitis akan merasakan rasa nyeri di kepala dan merasakan hidung tersumbat. Perlu diketahui gejala sinusitis akan disertai gejala hidung tersumbat hingga pilek yang tidak kunjung sembuh selama rentang waktu yang cukup lama. Tentunya anda harus segera memeriksakan ke dokter untuk mengetahui apakah anda memang benar terkena gejala sinusitis.

Alergi Udara Dingin

Gejala hidung tersumbat dapat terjadi jika anda memiliki riwayat alergi udara dingin. Sebenarnya alergi dingin tergantung respon dari tubuh masing-masing individu. Ada beberapa orang yang mungkin akan bentol-bentol, kemerahan, bahkan gatal-gatal jika terkena udara dingin. Namun terdapat juga orang yang memiliki riwayat alergi dingin yang mana respon tubuhnya akan mengalami gangguan pada saluran pernapasannya seperti hidung tersumbat, flu, ataupun respon lainnya dari tubuh. Ketika anda mungkin memiliki alergi dingin, anda harus lebih ekstra berhati-hati jika menghadapi cuaca dingin karena bisa saja membahayakan diri anda.

Perlu anda ketahui perbedaan hidung tersumbat karena flu biasa atau terkena alergi. Hal ini dikarenakan keduanya memiliki gejala yang serupa namun tak sama dan mungkin sulit untuk membedakan antara hidung tersumbat karena flu ataupun alergi. Berikut ini cara membedakan hidung tersumbat akibat flu atau alergi

Ketika anda mengalami hidung tersumbat gejala flu biasanya dikarenakan oleh paparan virus yang berkembang dengan cepat ketika musim hujan. Gejala flu hidung tersumbat ditandai dengan hidung mengeluarkan cairan yang muncul akibat terinfeksi virus. Sedangkan hidung tersumbat karena alergi ditandai oleh perubahan cuaca yang cukup ekstrem atau udara dingin yang mana respon tubuh mendapat paparan dari alergen.

Saat anda mengalami hidung tersumbat karena alergi, ini berlangsung cukup lama dan terus menerus. Hal ini dikarenakan karena anda mengalami paparan pemicu alergi. Hidung tersumbat karena alergi juga ditandai bersin-bersin bersamaan dengan hidung mengeluarkan lendir ketika di pagi hari atau malam hari saat anda mulai merasakan kedinginan akibat cuaca. Pengeluaran lendir ini adalah akibat dari alergi yang menyebabkan peningkatan produksi lendir pada sistem pernapasan terutama hidung yang kemudian menyebabkan hidung terasa mampet atau tersumbat.

Alergi dingin yang menyebabkan hidung tersumbat tidak boleh dianggap remeh. Anda harus memeriksakan diri anda ke dokter untuk mengatasinya. Karena alergi hanya bisa disembuhkan dengan bantuan obat resep dokter. Mungkin untuk mengurangi gejala hidung tersumbat akibat alergi anda bisa menyimak penjelasan dibawah ini.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

cara mengatasi hidung tersumbat

Setelah mengenal tanda-tanda atau gejala yang disebabkan oleh hidung tersumbat pastinya ada rasa ingin tahu untuk mengatasi hidung tersumbat. Berikut penulis menyampaikan beberapa cara sebagai mengatasi hidung tersumbat.

1. Menggunakan minyak kayu putih atau eucalyptus

Minyak kayu putih atau eucalyptus dapat meredakan gejala hidung tersumbat. Dipercayai dari beberapa riset bahwa kandungan dari minyak kayu putih atau eucalyptus ini memiliki bahan aktif untuk menghambat virus yang menyerang indera pernapasan pada manusia. Minyak kayu putih atau eucalyptus ini memiliki banyak manfaat seperti meredakan hidung tersumbat, batuk pilek, bronchitis, meringankan asma dan sinusitis, mengurangi nyeri sendi, bahkan bisa meredakan sakit kepala.

Cara menggunakan minyak kayu putih atau eucalyptus dengan cara dihirup secara perlahan selama beberapa kali hingga hidung anda terasa lebih enakan. Menggunakan kayu putih atau eucalyptus dengan dihirup hidung anda akan merasa lega sehingga mempermudah sirkulasi udara yang masuk ke hidung. Menghirup minyak kayu putih atau eucalyptus dapat mengurangi peradangan pada hidung anda.

Cara lain menggunakan minyak kayu putih atau eucalyptus untuk meredakan hidung tersumbat bisa dilakukan dengan menaruhkan air hangat atau panas di dalam wadah lalu teteskan beberapa ml  minyak kayu putih atau eucalyptus. Kemudian hirup uapnya melalui hidung.

2. Mandi menggunakan air hangat

Cara mengatasi hidung tersumbat yaitu dengan cara mandi menggunakan air hangat. Air hangat akan mengeluarkan uap yang baik untuk meredakan hidung anda dari lendir berlebih yang keluar melalui hidung. Uap air hangat juga dapat mengurangi peradangan pada hidung anda. Uap air hangat dapat membuat lendir yang sebelumnya kental menjadi cair hingga mudah untuk dikeluarkan. Setelah anda mengeluarkan lendir dari hidung anda maka pernapasan anda akan lebih longgar.

3. Irigasi hidung

Irigasi hidung atau sering dikenal dengan sebutan mencuci hidung merupakan proses membersihkan hidung. Ini dapat dilakukan ketika anda mengalami hidung tersumbat. Biasanya irigasi hidung menggunakan cairan NaCl. Anda bisa menggunakan garam untuk pengganti cairan NaCl. Cara yang dilakukan ketika ingin melakukan irigasi hidung adalah dengan mempersiapkan wadah berisi air dan garam lalu semprotkan pada lubang hidung anda. Hal ini dilakukan untuk mengencerkan lendir yang ada pada hidung anda sehingga lendir dapat keluar. Irigasi hidung dapat juga mengurangi peradangan pembuluh darah.

4. Konsumsi minuman hangat seperti teh herbal hangat

Cara mengatasi hidung tersumbat yaitu dengan mengkonsumsi teh herbal hangat atau minuman hangat lainnya bisa meringankan hidung tersumbat yang anda alami. Saat anda meminum minuman hangat selaput yang meradang pada tubuh anda bisa lebih tenang. Selain meredakan hidung tersumbat dengan meminum minuman hangat membuat tubuh anda terasa lebih enakan.

5. Mengeluarkan lendir dari hidung

Lendir yang berada di dalam hidung membuat sulit bernafas. Lendir pada hidung ini biasa disebut dengan ingus. Ketika ingus yang berada di dalam hidung tidak keluarkan maka akan mengalami penumpukan pada rongga hidung menyebabkan hidung tersumbat dan sulit bernafas. Oleh karena itu lebih baik ketika mengalami hidung tersumbat keluarkan lendir ini dengan cara menutup satu sisi lubang hidung kemudian buang. Lakukan hal ini pada hidung anda yang mengalami penyumbatan.

6. Menggunakan pelembab udara di ruangan atau humidifier

Humidifier adalah alat untuk melembabkan udara ruangan. Humidifier cocok untuk digunakan di daerah yang kering maupun panas. Alat ini biasanya digunakan untuk orang yang sering terkena batuk-batuk, hidung tersumbat, dan flu. Humidifier sebagai alat yang menenangkan indera penciuman apalagi ketika sedang mengalami hidung tersumbat.

7. Menjaga suhu tubuh agar tetap hangat

Saat mengalami hidung tersumbat pastinya ada lendir yang berada dalam rongga hidung anda. Lendir atau yang disebut ingus akan menjadi lebih parah ketika anda mengalami keadaan kedinginan. Biasanya lendir akan lebih kental. Tentunya cara untuk mengatasi hidung tersumbat pada kondisi ini anda perlu menjaga suhu tubuh tetap hangat. Anda bisa melakukannya dengan cara memakai pakaian hangat serta selimut, mematikan kipas angin atau pendingin ruangan. Anda juga bisa mengonsumsi air hangat untuk menjaga suhu tubuh agar tetap hangat.

8. Mengkonsumsi air putih lebih banyak agar tidak dehidrasi

Minum air putih merupakan hal yang wajib dilakukan agar tubuh kita tidak mengalami dehidrasi. Minum air putih dapat meringankan gejala hidung tersumbat. Air putih yang dikonsumsi akan membuat cairan ingus atau lendir yang terdapat pada rongga hidung menjadi lebih cair sehingga mudah untuk dikeluarkan. Air putih yang dikonsumsi bukan sembarangan. Air putih yang dikonsumsi lebih baik dengan kondisi hangat karena jika meminum air putih yang dingin ini akan memperparah hidung tersumbat. Air dingin akan membuat ingus yang berada pada rongga hidung menebal dan sulit mencair sehingga sulit untuk dikeluarkan. Selain itu dengan mengonsumsi air, tubuh kita terhindar dari dehidrasi setelah mengeluarkan banyak lendir atau ingus.

9. Menggunakan kompres hangat dan istirahat dengan bantal lebih banyak dari biasa

Anda mengalami hidung tersumbat dan nyeri di bagian dahi bisa anda lakukan dengan pengompresan air hangat di wajah anda antara bagian dahi dan atas hidung. Ini dilakukan dengan merendam handuk pada air hangat lalu peras dan taruhlah handuk tersebut di bagian wajah anda antara dahi dan atas hidung. Tidak lupa istirahat yang cukup dengan menggunakan tumpukan bantal di kepala. Ini bisa meringankan gejala hidung tersumbat.

10. Mengonsumsi obat

Saat anda mengalami hidung tersumbat pastinya tubuh anda merasa tidak nyaman. Anda bisa meminum obat pereda hidung tersumbat yang dapat dijumpai pada toko-toko obat. Obat biasanya dijual bebas atau dengan resep dokter. Namun alangkah baiknya sebelum membeli obat berkonsultasi dahulu ke dokter karena takutnya salah obat bisa membuat hal fatal. Dari beberapa laman web konsultasi dokter beberapa jenis obat yang dapat dikonsumsi ketika mengalami hidung tersumbat seperti dekongestan, Antihistamin, obat Pereda nyeri seperti ibu profen atau paracetamol.

Penggunaan obat ini harus sesuai dengan aturan pakai. Ketika anda mengalami hidung tersumbat selama lebih dari 5-10 hari dengan mengkonsumsi obat namun tidak kunjung sembuh. Lebih baik anda melakukan pemeriksaan ke dokter agar mendapatkan penanganan.

Jika anda mengalami hidung tersumbat yang berkepanjangan dan sudah mencoba beberapa cara untuk mengatasi hidung tersumbat. Namun hidung tersumbat yang anda alami tidak kunjung membaik bahkan tidak mengalami penurunan. Maka anda harus segera memeriksakan diri anda ke dokter untuk ditangani lebih lanjut agar sembuh.

Demikian beberapa cara mengatasi hidung tersumbat yang dapat dituliskan oleh penulis semoga hidung tersumbat anda lekas membaik dan sembuh agar bisa menghirup udara segar secara bebas.

Ditulis oleh : Rizky Amelia Febrianti


Baca juga: