manfaat daun kelor

7 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan

Anda sedang bingung dengan manfaat daun kelor? Tepat sekali anda berkunjung pada artikel kami, karena kami akan membahas mengenai manfaat daun kelor. Langsung saja simak pembahasan kami dibawah ini.

Daun kelor sering kita jumpai di lingkungan kita, tapi apakah anda ketahui bahwa daun kelor memiliki manfaat yang sangat besar bagi kesehatan. Daun kelor termasuk menjadi salah satu obat tradisional. Tanaman daun kelor ini berasal asli dari India Utara. Banyak tanaman daun kelor yang tumbuh subur di daerah Indonesia, karena pada dasarnya tanaman ini dapat tumbuh di semua jenis tanah dan juga tahan terhadap musim kering.

Manfaat daun kelor dapat kita jumpai tidak hanya di daunnya saja, terdapat juga di batang, akar, maupun biji kelor ini. diantara bagian – bagian tersebut, bagian daun lah yang memiliki manfaat atau khasiat yang paling tinggi bagi kesehatan.

Daun kelor dapat diolah menjadi produk yang dikonsumsi, seperti dibuat teh daun kelor. Selain dijadikan teh daun kelor, daun kelor juga dapat dikonsumsi dalam bentuk berbagai sajian, seperti bahan sayuran, suplemen, dan dalam bentuk serbuk. Cara mengkonsumsi daun kelor pun juga terbilang cukup mudah, anda tinggal menyeduhnya dengan air hangat atau bisa dimasak menjadi sayuran.

Berikut ini berbagai manfaat daun kelor, langsung saja simak dibawah ini.

manfaat daun kelor

1. Mengatasi Diabetes

Di dalam daun kelor ini, mengandung banyak nutrisi, salah satunya adalah terdapat kandungan asam klorogenat yang berfungsi dapat menstabilkan kadar gula didalam darah. Asam klorogenat ini dapat memperbaiki cara tubuh untuk melepaskan insulin, sehingga dapat membantu tubuh untuk memproses gula dengan baik.

2. Mengatasi Diare

Ada sebuah penelitian yang dilakukan di luar negeri, penelitian tersebut menunjukkan bahwa didalam daun kelor terdapat sebuah kandungan tannin and flavonoid, dimana kadungan tannin and flaovonoid ini berfungsi untuk mengobati diare.

3. Mencegah Anemia

Daun kelor juga memiliki kandungan zat besi yang tinggi yang dapat brfungsi untuk mencegah terjadinya anemia. Anemia merupakan kondisi dimana tubuh kekurangan sel darah merah yang sehat atau ketika sel darah merah tidak berfunngsi dengan baik. Penyebab dari terkenanya penyakit anemia ini adalah kekurangan zat besi di dalam tubuh, sehingga tubuh memerlukan asupan yang mengandung banyak zat besi, salah satunya adalah daun kelor ini. Menurut penelitian, daun kelor mengandung lebih tinggi zat besi daripada sayuran lainnya. Jadi, dengan mengkonsumsi daun kelor ini dapat mencegah terjadinya anemia.

4. Bahan Pengawet Alami

Selain dikonsumsi, daun kelor juga dapat berfungsi sebagai bahan pengawet yang alami. Esktrak daun kelor menurut penelitian dapat mempertahankan warna daging segar dalam kemasan selama 12 hari penyimpanan pada suhu dingin.

Daun kelor mampu menjadi bahan pengawet alami dikarenakan ekstrak daun kelor ini mengandung senyawa fenolik yang mampu mencegah terjadinya oksidasi lemak pada daging segar.

5. Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

manfaat daun kelor

Manfaat daun kelor selanjutnya adalah untuk menjaga kesehatan ibu hamil. Daun kelor ini mengandung unsur zat gizi mikro yang harus terpenuhi bagi ibu hamil, seperti beta carotene, thiamin (B1), Riboflavin (B2), niacin (B3), kalsium, zat besi, fosfor, magnesium, seng, serta vitamin C, sebagai asupan untuk meningkatkan kesehatan gizi ibu hamil. Dengan nutrisi yang terpenuhi, maka ibu hamil dapat mengurangi stres sehingga mengakibatkan keadaan janin juga ikut sehat. Dalam penelitian yang dilakukan juga menemukan bahwa daun kelor dapat berfungsi untuk meningkatkan jumlah ASI pada ibu yang sedang menyusui.

6. Mengobati Peradangan

Manfaat daun kelor yang beikutnya adalah dapat mengatasi atau mengobati peradangan karena daun kelor mengandung nutrisi anti – inflamasi yang berfungsi untuk mengobati radang dan linu. Selain mengandung anti – inflamasi yang berguna untuk mengobati peradangan, manfaat daun kelor juga dapat sebagai antimikroba, antijamur, antihipertensi, dan antitumor.

7. Sumber Vitamin

Manfaat daun kelor berikutnya adalah sebagai sumber vitamin. Pnelitian yang dilakukan pada tahun 2011 dalam Journal of Pharmaceutical Science and Research, daun kelor mengandung vitamin C yang tinggi setara dengan 7 buah jeruk, vitamin A yang setara dengan 4 wortel, kalsium yang setara dengan segelas susu, potassium yang setara dengan 3 buah pisah, dan juga tinggi protein yangs setara dengan 2 mangkuk yoghurt. Sangat menggiurkan sekali kandungan vitamin yang ada di daun kelor ini. Dengan mengkonsumsi daun kelor saja sudah setara dengan berbagai macam vitamin yang ada di sayuran, buah, dan makanan.

Itulah tadi penjelasan kami mengenai manfaat daun kelor, semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda mengenai manfaat daun kelor. Apabila ada kesalahan kata, kami mohon maaf sebesar – besarnya.

Terimakasih dan semoga hari anda selalu menyenangkan!

 


Baca juga: