6 Cara Merawat Bunga Keladi Dengan Baik

cara merawat bunga keladi dengan baik

Anda memiliki atau hendak membeli bunga keladi namun belum tahu cara merawat bunga Keladi tersebut? Tenang… dalam artikel ini kami akan meyuguhkan kepada anda 6 cara merawat bunga keladi dengan baik dan benar. Simak pembahasannya.

Bunga keladi merupakan salah Sabtu bunga yang banyak diburu orang sebagai tanaman hias. Ciri-ciri dari bunga atau tanaman hias keladi ini ini adalah memiliki bentuk daun yang seperti simbol hati atau jantung. Tanaman hias keladi ini mempunyai nama ilmiah caladium atau suku talas-talasan. Tanaman ini sering dijadikan sebagai tanaman hias di pekarangan rumah karena tanaman keladi ini mempunyai bentuk yang unik dan memiliki warna yang eksotis sehingga memanjakan mata dan menambah kesan segar di halaman rumah.

Salah satu jenis tanaman keladi yang paling banyak diminati atau dicari oleh para pecinta tanaman hias adalah jenis keladi merah. Tanaman keladi ini memiliki harga yang sangat bervariasi mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah, akan sia-sia bila tanaman hias yang anda beli dengan harga yang tidak murah tetapi akan menjadi sia-sia bila tanaman tersebut mati karena tidak dirawat dengan baik.

Oleh karena itu kami akan memaparkan 6 cara merawat tanaman keladi agar dapat hidup dan tumbuh dengan maksimal. Berikut cara merawat bunga keladi agar tumbuh dengan subur :

 

  1. Melakukan penyiraman dengan tepat

Tanaman keladi pada habitat aslinya adalah hidup di tempat yang basah atau lembab. Sehingga cara merawat bunga keladi adalah Anda perlu memastikan bahwa tanaman hias ini mendapatkan air yang cukup tidak berlebihan atau tidak kekurangan. Karena bila tanaman keladi terlalu banyak disiram hal tersebut akan mengakibatkan pembusukan pada akar dan akan merembet ke bagian batang.

Dan bila jarang disiram maka tanaman ini akan kekeringan dan akan mengakibatkan mati suri atau dormansi. Jadi di tipsnya adalah pada saat musim kemarau siram tanaman keladi sehari sekali dan bila musim penghujan sudah tiba siramlah tanaman keladi Anda 2 hari sekali.

  1. Menggunakan media tanam yang Steril

Selain melakukan penyiraman pada tanaman, penggunaan media tanam yang baik merupakan salah satu unsur yang tidak bisa ditinggalkan. Media tanam yang baik digunakan untuk merawat bunga keladi atau tanaman hias keladi adalah media tanam yang terbuat dari daun bambu yang sudah diiris halus, sekam, dan sekam bakar.

Kemudian dalam pengaplikasiannyanya, sebelum anda menggunakan media taman tersebut anda perlu mensterilkan media tanam dengan mengukukusnya di dalam panci agar jamur dan bakteri mati. Karena adanya jamur atau bakteri pada media tanam akan mengakibatkan kebusukan pada akar tanaman sehingga akan menjadikan tanaman hias keladi ini layu dan kemudian mati.

Dari 3 media tanam yang sudah kami sebutkan tadi anda dapat memilih salah satu dari ketiganya. Namun untuk hasil yang lebih maksimal Anda dapat mencampurkan ketiga jenis media tanam tadi dengan perbandingan yang sama untuk setiap media tanam.

Baca juga: Jenis jenis bunga untuk dekorasi rumah
  1. Tata letak tanaman

Tanaman keladi memiliki 2 jenis genum, yaitu Alocasia dan Caladium. 2 jenis tanaman keladi ini memiliki habitat dan cara merawat yang tidak sama, terlebih untuk urusan sinar matahari. Untuk merawat bunga keladi yang berjenis Alocasia sendiri harus diletakkan di tempat yang yang tidak terkena sinar matahari langsung atau di tempat yang teduh.

Cara merawat bunga keladi jenis ini adalah anda bisa meletakkannya nya di dekat jendela yang tertutup dengan gorden atau diatas meja teras rumah. Sedangkan untuk tanaman keladi jenis Caladium, tanaman ini cenderung lebih tahan atau memang tanaman ini memerlukan cahaya matahari yang cukup sehingga bisa anda letakkan di di tempat yang terbuka Anda bisa meletakkan nya di depan rumah atau di pekarangan rumah.

  1. Pemberian pupuk

cara merawat bunga keladi sealnjutnya seperti halnya jenis tanaman atau tumbuhan lainnya, tanaman hias keladi ini tetap membutuhkan pupuk sebagai sumber nutrisi untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Anda sudah bisa memberikan pupuk untuk tanaman keladi saat tanaman ini sudah berusia 4 sampai 5 minggu. Jenis pupuk yang bisa anda gunakan adalah pupuk organik yang lengkap seperti pelet udang.

Pupuk ini cocok digunakan karena di dalamnya terkandung 16 asam amino yang dapat mempercepat pertumbuhan serta kekebalan tanaman keladi terhadap penyakit. Anda juga bisa menggunakan pupuk lainnya nya tetapi yang perlu diingat adalah pilih pupuk yang yang memiliki kadar zat n lebih sedikit dibandingkan zat lainnya.

Karena zat n merupakan zat yang dapat merangsang klorofil tanaman keladi anda sehingga nanti yang akan terjadi adalah, yang sebelumnya warna tanaman keladi Anda berwarna merah, putih, kuning, dan pink. Warna tersebut akan hilang dan berubah menjadi warna hijau seperti daun tanaman biasa lainnya.

 

  1. Menjaga tanaman agar tidak diserang hama

Salah satu resiko dalam menanam tanaman apapun adalah hama, ini juga bisa terjadi pada tanaman keladi anda. Biasanya hama yang mengganggu tanaman ini adalah serangga seperti belalang atau ulat daun, serangga ini biasanya makan daun keladi sehingga akan merusak tampilan tanaman padi anda.

Cara merawat bunga keladi yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal ini adalah bila tanaman masih kecil kerusakannya dan serangga hanya sedikit Anda bisa mengambil serangga satu-persatu, dan kemudian anda buang serangga itu di tempat yang jauh tempat dimana serangga itu tidak bisa kembali lagi ke tanaman keladi anda.

Namun bila cara melatih anda sudah mengalami kerusakan yang cukup besar atau cukup banyak, anda bisa menggunakan insektisida. Anda bisa menyemprotkan insektisida 10 hari sekali dengan takaran yang sesuai dengan panduan di kemasan insektisida yang Anda beli.

  1. Cara menanam keladi

Jika tanaman pelatih anda dirawat dengan baik maka akan tumbuh dengan baik dan mungkin anda ingin mengembangbiakkannya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan kan dalam menanam bibit atau tunas tanaman keladi.

Tanam tanaman keladi ini secara belum pun agar terlihat lebat karena jumlah daun tanaman keladi ini sedikit. Kemudian bila tanaman keladi berbunga maka anda perlu segera memotongnya karena itu menandakan bawa tanaman keladi Anda dormansi atau mati suri.

 

Itulah beberapa cara yang dapat anda terapkan dalam merawat bunga keladi atau tanaman hias bunga keladi agar dapat tumbuh dengan subur dan bisa berkembang biak. Semoga apa yang telah kami sampaikan bisa bermanfaat untuk kita semua. jika anda mebutuhkan karangan bunga surabaya, anda bisa hubungi falfloristsurabaya.com. Terima kasih..


Baca juga :