11 Manfaat Bunga Telang Bagi Kesehatan Tubuh

Anda masih bingung dengan manfaat bunga telang bagi kesehatan tubuh? Tepat sekali Anda berkunjung pada artikel kami, karena kali ini kami akan membahas meengenai manfaat bunga telang bagi kesehatan tubuh. Langsung saja simak pembahasan kami dibawah ini.

Banyak masyarakat yang belum mengenal tentang jenis bunga telang ini. Kebanyakan bunga telang ini hanya dijadikan sebagai tanaman hias, padahal terdapat khasiat dan manfaat yang begitu besar yang terkandung didalam bunga telang ini. Sebagian masyarakat menggunakan bunga telang ini sebagai bahan pewarna alami. Selain bisa digunakan untuk bahan pewarna alami, ada beberapa manfaat yang besar yang terdapat didalam bunga telang. Langsung saja simak pembahasan dibawah ini.

11 Manfaat Bunga Telang Bagi Kesehatan Tubuh

Matawanita.com & sekilasinfo berkolaborasi membagikan penjelasan berikut ini 11 Manfaat Bunga Telang Bagi Kesehatan Tubuh :

1. Meningkatkan kesehatan otak

manfaat bunga telang

Manfaat bunga telang yang pertama adalah bisa untuk meningkatkan kesehatan otak. Bunga telang ini mengandung asetlkolin yang jika dikonsumsi dapat membantu meningkatkan kadar asetilkolin di otak. Kadar asetilkolin ini akan menurun seiring dengan bertambahnya usia, maka untuk menjaga kadar asetilkolin ini Andah harus mengkonsumsi bunga telang ini.

2. Mengatasi menstruasi tidak teratur

manfaat bunga telang

Manfaat bunga telang yang satu ini terkhusus untuk para wanita yang memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur. Dengan mengkonsumsi bunga telang ini hal tersebut dapat diatasi. Selain itu, menurut penelitian, bunga telang ini juga dapat mengatasi berbagai maslaah reproduksi pada wanita, seperti keputihan yang tidak normal.

3. Meningkatkan sistem saraf

Manfaat bunga telang yang selanjutnya adalah dapat meningkatkan sistem saraf. Bunga telang mengandung nutrisi nootropik, ansiolitik, antidepresan, antikonvulsan dan antistres, dimana nutrisi – nutrisi tersebut sangat bagus untuk saraf otak.

4. Mengobati asma

Rekasi alergi bisa menjadi pemicu terjadinya asma. Ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa manfaat bunga telang ini bisa menjadi obat alami bagi penyakit asma. Kandungan antioksidan dan antiastmatik ekstrak etanol dari akar bunga telang menunjukkan perlindungan yang signifikan mengenai alergi.

5. Mengobati diabetes

Manfaat bunga telang yang selanjutnya adalah dapat menjadi obat alami untuk mengatasi diabetes. Manfaat dari bunga telang ini adalah dapat mengontrol penyerapan gula darah, sehingga dapat membantu dalam mengontrol kadar gula darah pada pasien diabetes. Penelitian yang pernah dilakukan menunjukkan bahwa ekstrak air daun dan bunga dari bunga telang secara signifikan mengurangi glukosa serum, hemoglobin terglikosilasi dan aktivitas enzim glukoneogenik, glukosa fosfatase, tetapi meningkatkan insulin serum, glikogen hati dan otot rangka dan aktivitas enzim glikolitik, glukokinase.

6. Menjaga kesehatan mata

manfaat bunga telang

Manfaat bunga telang berikutnya adalah dapat menjaga kesehatan mata. Akar tanaman pada bunga telang dapat digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit mata, khususnya di negara Asia Tenggara. Bagus juga untuk mata wanita supaya lebih cerah.

7. Menjaga sistem pencernaan

manfaat bunga telang

Berikutnya yang jadi manfaat bunga telang adalah bisa menjaga kesehatan sistem pencernaan. Bunga telang memiliki sifat antibakteri, dimana sifat tersebut bisa membantu mengatasi masalah yang terjadi di pencernaan.

8. Mengatasi rambut rontok

manfaat bunga telang

Manfaat bunga telang selanjutnya adalah bisa untuk mengatasi rambut rontok. Bagi Anda yang memiliki keluhan seperti rambut rontok bisa dicoba menggunakan bunga telang ini. Bahan utama dalam bunga telang yang mendukung hal tersebut adalah Antosianin, yang dipercaya dapat meningkatkan aliran darah di kulit kepala dan mempertahankan serta memperkuat folikel rambut yang dapat mengatasi kerontokan rambut dan uban.

9. Meringankan depresi

Manfaat bunga telang yang berikutnya adalah dapat meringankan beban depresi. Bunga telang mengandung asam linolenat dan asam palmitat, yang dipercaya bisa mengatasi gangguan mental depresi. Asam linolenat juga memiliki sifat neuroprotektif yaitu melindungi sistem saraf pusat dari kerusakan. Asam palmitat adalah senyawa yang mirip dengan asam linolenat. Hanya saja, asam palmitat memiliki sifat antioksidan, yang juga sudah terbukti, memiliki sifat antidepresan.

10. Menyembuhkan luka

Khasiat bunga telang selanjutnya adalah dapat menyembuhkan luka. Hal ini dikarenakan Ekstrak dari biji bunga telang, mengandung flavonol glikosida. Sementara itu, ekstrak tumbuhannya mengandung senyawa fenolik. Dalam sebuah penelitian pada hewan, peneliti memberikan ekstrak biji dan tumbuhan bunga telang, secara oral maupun dioles. Hasilnya, proses penyembuhan luka meningkat secara signifikan.

11. Mengurangi peradangan

manfaat bunga telang

Manfaat bunga telang berikutnya adalah bisa mengurangi peradangan. Bunga telang ini mengandung asam oleat, yang biasanya asamm oleat ini terkandung didalam minyak zaitun. Beberapa studi menyatakan, asam oleat mampu mengurangi peradangan dan memiliki efek positif untuk mengurangi risiko terkena kanker. Lalu manfaat bunga telang lainnya sebagai anti – inflamasi adalah mengurangi infeksi serta pembengkakan, seperti nyeri tubuh, migrain, infeksi luka, serta sakit kepala.

Itulah sedikit penjelasan dari kami tentang manfaat bunga telang bagi kesehatan tubuh. Semoga penjelasan kami pada artikel diatas bisa menambah wawasan mengenai manfaat bunga telang bagi kesehatan tubuh. Apabila ada kesalahan kata kami mohon maaf sebesar – besarnya.

Terimakasih dan semoga hari Anda selalu menyenangkan!


Baca juga: