10 Manfaat Saffron Untuk Kesehatan Wajah

manfaat saffron untuk kesehatan wajah

Sebagian dari anda mungkin pernah mendengar atau mengetahui nama dan manfaat Saffron, namun sebagian dari anda juga ada yang belum mengetahui apa itu saffron dan manfaat Saffron. Dalam artikel ini kami akan membahas mengenai apa itu Saffron dan apa manfaat Saffron untuk kesahatan wajah dan manfaat lainnya. Mari simak pembahasannya.

Jadi, Saffron adalah rempah yang berasal dari tanaman bunga Crocus Sativus. Rempah ini sudah dimanfaatkan sejak dulu kala oleh nenek moyang karena tanaman ini banyak mengandung manfaat untuk kesehatan.

Saffron ini memiliki julukan rempah rempah yang paling mahal di dunia, Saffron mendapat julukan ini karena memang untuk memanen dan mengolah Saffron diperlukan tenaga yang tidak sedikit.

Dengan harga yang terbilang cukup mahal apa saja manfaat Saffron dalam hal perawatan wajah? Berikut kami ulas khusus untuk anda.

Manfaat Saffron untuk wajah :

 

  1. Melembabkan Kulit

manfaat saffron 1

Manfaat saffron adalah sebagai pelembab kulit yang alami dengan menggunakan bunga saffron sebagai face mist dan bisa juga toner. Dan manfaat saffron lainnya adalah dapat membantu serta menghaluskan permukaan kulit wajah bila saffron di campur dengan air bunga mawar.

 

  1. Mencerahkan Kulit

Kemudian manfaat saffron bagi kulit yang paling utama adalah dapat mencerahkan kulit. Ini disebabkan karena Saffron mempunyai crocin, yaitu senyawa yang memiliki banyak vit C dan antioksidan. Lalu manfaat saffron lainnya adalah bisa menghidrasi kulit serta bisa melancarkan peredaran darah. Agar manfaat Saffron dapat maksimal, anda juga dapat menggabungkan kayu cendana dan susu di campuran bunga Saffron.

Baca juga : Tips menabung yang bagus
  1. Mengatasi Kulit Kering

manfaat saffron 2

Manfaat Saffron jika digabungkan menggunakan susu bubuk adalah dapat mengatasi kulit yang kusam dan kering bisa menjadi lembab dan cerah. Ini terjadi karena Sifat Saffron bisa melembabkan sehingga dapat membuat kulit yang awalnya kusam dan kering menjadi lembut, lembab dan juga cerah bercahaya. Kedua campuran tadi dapat anda jadikan masker wajah agar hasil dari penggunaan Saffron ini menjadi maksimal.

 

  1. Mengurangi Kerutan dan Garis Halus

Kemudian manfaat Saffron selanjutnya adalah bisa melambatkan bahkan bisa mengurangi garis halus serta kerutan yang ada di wajah, ini disebabkan kandungan antioksidan di dalam Saffron. Di dalam kulit terdapat banyak senyawa radikal bebas sehingga akan mengakibatkan produksi kolagen berkurang yang menyebabkan proses penuaan dini di dalam kulit, kemudian dapat menjadi penghambat dalam proses perbaikan alamiah kulit dan dapat menyebabkan peradangan.

Dalam hal ini lah fungsi dari antioksidan di bunga Saffron bekerja, cara kerja Saffron adalah dengan melakukan pencegahan aktivitas oksidatif sel serta melakukan regenerasi vit E supaya produksi kolagen dalam kulit dapat meningkat.

 

  1. Mencegah Jerawat

Dalam hal yang lain, kegunaan Saffron adalah bisa megurangi bahkan mencegah jerawat. Manfaat Saffron adalah berfungsi sebagai anti bakteri serta anti peradangan, maka Saffron tepat bila digunakan untuk mencegah jerawat yang muncul di permukaan kulit wajah. Untuk memaksimalkan hasil yang didapat dan bisa mencegah radang jerawat yang lebih berat, anda dapat mencampurkan Saffron dengan bahan alami lainnya.

 

  1. Menghilangkan Bekas Jerawat

manfaat saffron 3

Selain mencegah jerawat, manfaat Saffron lainnya adalah dapat berfungsi sebagai anti jamur atau anti fungal yang dapat menghapus bekas luka jerawat di kulit wajah. Agar Saffron dapat bekerja dengan baik, anda dapat mencampurkan Saffron dengan daun basil yang mempunyai fungsi sebagai anti bakteri serta dicamour juga dengan ekstrak kunyit yang memiliki fungsi sebagai anti septik. Caranya adalah dengan mencampurkan saffron dengan daun basil dalam sebuah wadah yang berisi air kemudian digunakan pada kulit wajah.

 

  1. Mengatasi Lingkar Mata Hitam

Lalu, manfaat Saffron selanjutnya adalah dapaat digunakan untuk mengatasi lingkaran hitam yang ada di area mata. Berkaitan dengan itu, agar memperoleh hasil yang maksimal dalam mencerahkan area hitam di sekitaran lingakran mata, anda dapat menggabungkan Saffron ini dengan bahan yang alami lainnya yang bisa digunakan sebagai masker mata. Fungsi dari Saffron adalah bisa mencerahkan kulit dan menghilangkan kulit kusam dan juga dapat mengeksfoliasi di kulit yang bisa membuat kulit di area mata jadi lebih cerah dan bercahaya.

 

Selain dari pada itu, Saffron juga memiliki manfaat lain bagi tubuh, berikut pembahasannya :

 

  1. Memiliki antioksidan

Salah satu kandungan yang terdapat dalam Saffron adalah antioksidan, antioksidan dalam Saffron cukup kuat. Saffron telah terbukti mampu melawan stres oksidatif dan melawan radikal bebas.

Kandungan antioksidan Saffron adalah krosetin dan krosin yang merupakan zat yang menjadi sebab kenapa warna Saffron merah. Adapun zat senyawa antioksidan lainnya, yaitu safranal yang meyebabkan Saffron memiliki rasa dan wangi yang khas.

Jenis senyawa kaempferol juga terdapat di dalam kelopak dari bunga Saffron, manfaatnya adalah bisa mengurangi radang di dalam tubuh.

 

  1. Dapat mengobati gejala depresi dan keadaan hati

“Bumbu matahari” adalah julukan yang diberikan kepada Saffron karena Saffron memiliki manfaat untuk mengobati suasana hati. Salah satu jenis rempah ini juga memiliki manfaat yang sama dengan obat pengurang depresi. Manfaat Saffron ini bisa dirasakan lebih efektif bila dibandingkan dengan plasebo di dalam mengobati depresi dengan tingkatan ringan sampai sedang.

 

  1. Dapat mengobati Kanker

Saffron dapat membantu mengobati dan memberantas sel kanker di usus besar karena mempunyai kelebihan untuk membuat netral suatu zat radikal bebas.

 

Demikian informasi mengenai manfaat Saffron untuk kesehatan wajah maupun tubuh yang dapat kami sampaikan kepada anda. Semoga bisa menjadi manfaat untuk kita semua, terima kasih.


Baca juga :