Tips Menabung Yang Bagus

tips menabung

Anda ingin menabung dengan baik? Mari simak artikel berikut karena kami akan memberikan tips menabung yang bagus untuk anda terapkan.

Menabung merupakan yang mungkin ingin anda lakukan namun sulit untuk terlaksana. Karena memang menabung adalah sebuah kebiasaan yang tidak mudah bagi setiap orang walaupun mereka sudah mengetahui banyak manfaat dari menabung ini.

Melakukan pengelolaan keuangan Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menabung yang bertujuan untuk menyimpan dana cadangan untuk masa mendatang. Dana tabungan ini juga bermanfaat saat Anda mengalami hal-hal yang tidak diinginkan agar keuangan anda tetap dalam kondisi yang stabil.

Lalu bagaimana cara atau tips menabung yang bagus?

tips menabung yang baik

Berikut ini kami bukan kepada anda ada beberapa tips menabung yang bisa anda terapkan dalam pengelolaan keuangan anda :

  1. Perencanaan tabungan

Untuk menabung agar tetap konsisten anda perlu melakukan perencanaan jadi anda harus memiliki target yang jelas dan bagaimana cara untuk mengimplementasikannya. Misalnya tujuan menabung Anda adalah sebagai dana pensiun jadi Anda harus membuat rencana tabungan bulanan. Kemudian Anda harus bisa berkomitmen untuk menabung setiap bulan. Salah satu tujuan dari melakukan perencanaan tabungan ini juga sebagai motivasi agar anda selalu bisa menyisihkan uang untuk anda tabung sehingga target anda bisa tercapai. Tips ini juga cocok digunakan untuk para pelajar dan mahasiswa karena biasanya pelajar atau mahasiswa memiliki keinginan untuk membeli sesuatu tetapi uang belum mencukupi sehingga menabung menjadi solusinya. Itulah salah satu tips menabung untuk pelajar.

  1. Mengurangi pengeluaran

Selanjutnya tips menabung yang kedua adalah dengan mengurangi pengeluaran. Cara ini cocok bagi Anda yang ingin menabung dengan cepat. Cara yang bisa dilakukan adalah yang pertama Anda bisa melakukan pencatatan pengeluaran sehingga anda tahu persis berapa pengeluaran yang anda keluarkan setiap hari atau setiap bulannya. Kemudian yang kedua adalah Anda harus bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Serta Anda harus bisa mengurangi frekuensi belanja secara bertahap kemudian mengurangi jajan di luar dan membeli barang di waktu yang tepat. Itulah salah satu tips menabung cepat.

  1. Pendapatan tambahan

Di cara yang ketiga ini anda bisa menambah uang tabungan anda dan pendapatan anda dengan mencari sumber pendapatan tambahan. Cara ini sangat cocok bagi Anda yang masih mahasiswa. Anda bisa mencari pemasukan tambahan dengan misalnya menjadi freelancer desain grafis, penulis atau fotografi jika anda memiliki kamera. Atau anda juga bisa menjadi waiters yang bekerja secara part time. Dan Anda juga bisa mencari tambahan pendapatan melalui cara lainnya. Itulah salah satu cara menabung mahasiswa.

  1. Mengumpulkan uang kembalian

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menabung  adalah dengan mengumpulkan atau menyimpan uang kembalian untuk ditabung. Cara ini sangat cocok bagi anda ibu rumah tangga. Dengan mengumpulkan uang kembalian yang biasanya recehan, walaupun recehan lama-kelamaan akan banyak kan bisa anda gunakan untuk membeli hal lain yang memiliki nilai besar.

Contohnya adalah ketika anda belanja di supermarket, jika kasir memberikan uang kembalian kepada anda, anda bisa menyimpan uang tersebut untuk ditabung atau disimpan sementara untuk membeli keperluan lain untuk nanti misalnya membeli sirup atau es krim.

Dengan anda menggunakan uang kembalian atau uang receh ini sebenarnya secara tidak langsung juga membantu anda dalam mengurangi pemakaian kartu kredit atau kartu debit. Demikian salah satu tips menabung rumah tangga yang bisa anda terapkan.

 

Anda mungkin sudah memulai kebiasaan menabung, akan tetapi apakah cara yang digunakan sudah benar?

tips menabung bagus

Berikut ini adalah ciri-ciri anda belum melakukan menabuing dengan benar.

  1. Jumlah Tabungan Masih Belum Benar

Sesaaat sebelum anda menerima gaji, sebaiknya Anda membuat perencanaan anggaran untuk menentukan porsi tabungan, belanja, dan kegiatan sosial lainnya. Sebaiknya Anda menyisihkan sekitar 10%-15% untuk alokasi tabungan. Idealnya, persentase tabungan tidak lebih kecil dari ini.

Seiring dengan naiknya gaji atau adanya tambahan bonus, nilai tabungan maupun persentasenya sebaiknya mengalami kenaikan juga. Jika nominal uang yang Anda tabung masih sangat kecil, sementara pendapatan mengalami kenaikan, mungkin ada yang salah dengan anggaran belanja yang anda buat.

  1. Rekening harian belum dipisah dengan rekening yang digunakan untuk menabung.

Jadi, bila rekening tabungan Anda masih jadi satu dengan rekening kebutuhan harian, bisa dikatakan bahwa cara menabung Anda belum tepat. Dengan menggabungkan uang tabungan dan uang belanja akan membuat saldo rekening semakin besar. Hal ini justru mendorong Anda untuk melakukan pengeluaran yang lebih besar lagi. Alih-alih menabung, yang ada adalah jumlah tabungan akan berkurang karena pembelanjaan di luar perencanaan.

  1. Rekening Tabungan Belum Bisa Stabil

Ketika Anda sudah memiliki rekening tabungan yang terpisah, selanjutnya adalah memastikan bahwa tidak ada aktivitas lain dalam rekening selain menabung. Memiliki jumlah tabungan dengan nominal besar dapat mendorong Anda untuk sesekali membelanjakannya.

Saat dalam kondisi keadaan darurat dan mendesak, Anda masih dapat menggunakan uang tabungan. Dengan catatan nilainya tidak lebih besar dari jumlah yang Anda tabung setiap bulannya. Jika tidak dalam keadaan darurat, namun Anda masih sering menggunakan uang tabungan untuk belanja kebutuhan tersier atau barang mewah dapat dipastikan ada yang salah dengan cara menabung yang anda lakukan.

Cukup sekian yang dapat kami informasikan kepada anda tentang tips menabung yang bagus. Semoga dapat bermanfaat bagi anda, terimakasih.


Baca juga :