30 Ide Bisnis Kreatif Dengan Modal Minim

ide bisnis

Kamu sedang mencari informasi tentang ide bisnis kreatif dengan modal minim? Tepat sekali kamu berkunjung pada artikel ini di Sekilasinfo. Karena disini kami akan bahas tentang ide bisnis kreatif dengan modal minim, langsung saja simak pembahasannya dibawah ini.

Saat ini begitu banyak pilihan ide bisnis yang dapat kamu pilih. Era globalisasi juga menambah jumlah peluang bisnis yang ada semakin bertambah banyak. Bisnis yang dapat kamu lakukan mungkin bisa berupa usaha rumahan, namun tenang usaha tersebut juga bisa tetap menjadi usaha yang besar dan sukses.

Telah banyak contoh dari usaha rumahan yang sukses dan menghasilkan banyak pundi-pundi materi bagi pemilik. Para pengusaha yang telah sukses mampu keluar dari problem finansial dan dapat menggapai kesuksesan yang sebelumnya mereka impikan.

Rekomendasi Ide Bisnis Kreatif

1. Florist

Ide bisnis ini sangat cocok bagi kamu yang suka merawat tanaman berbunga, hal tersebut bisa menjadi sangat menjanjikan dalam mendapatkan penghasilan. Kamu tidak hanya menjual bunga, namun juga mendesain dan merangkai suatu buket bunga. Walau usaha ini sudah banyak, namun permintaan akan jasa ini tidak berkurang.

2. Desainer Interior

Desain interior menjadi salah satu jenis jasa yang paling dicari. Apalagi saat ini banyak perkantoran dan toko yang membutuhkan jasa ini. Saat menjalankan usaha ini setidaknya kamu harus memiliki keahlian sebagai desainer dan memiliki sebuah peralatan untuk membuat desain tersebut. Modal yang dikeluarkan juga tidak begitu banyak namun penghasilan sangat menjanjikan.

3. Desain Case Handphone

Saat ini sudah banyak pengguna handphone, sehingga juga meningkatkan penggunaan dari case handphone tersebut. Case berfungsi sebagai pelindung, namun juga sebagai suatu hal estetik untuk mempercantik handphone yang dimiliki. Saat ini penggunaan case custom kian menjamur, karena keinginan konsumen untuk memiliki case yang unik dan berbeda dengan yang lain.

Untuk memulai bisnis ini kamu juga tidak perlu mengeluarkan banyak biaya, karena sistem bisnis dapat dimulai dengan preorder. Sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan modal banyak untuk menyediakan berbagai stok yang belum tentu laku.

4. Dropshipper

Dropshipping merupakan ide bisnis yang sangatlah minim modal, karena kamu hanya berperan sebagai penyalur dari produsen ke konsumen. Dropshipping juga menarik karena kamu tidak perlu mengirimkan barang tersebut secara langsung, namun barang dikirim oleh produsen langsung ke konsumen tapi atas nama toko kamu. Suatu tantangan dalam bisnis ini adalah pada pencarian supplier atau produsen barang yang kamu jual, kamu harus memastikan bahwa produsen tersebut memiliki barang dan pelayanan yang baik.

5. Youtuber

30 Ide Bisnis Kreatif Dengan Modal Minim 1

Youtuber saat ini menjadi suatu profesi yang dicita-citakan oleh banyak orang, mereka melihat banyak youtuber yang sukses sehingga banyak orang tertarik dengan profesi tersebut. Banyak contoh seperti Bayu Skak, PewDiePie, Reza Arap, dll. Mereka dapat menghasilkan banyak pundi-pundi uang, yang pastinya sangatlah lebih dari cukup. Membuat channel youtube tidak semudah yang dibayangkan banyak orang, diperlukan suatu kreativitas yang lebih agar channel youtube yang kamu bangun menarik banyak orang.

6. Produksi Snack

Usaha snack saat ini menjadi usaha yang menjanjikan untuk dijalankan, karena snack saat ini hampir dibutuhkan di setiap kegiatan. Banyak pengusaha yang telah sukses hanya dengan menjual snack dan menghasilkan banyak uang dari usaha tersebut.

Setiap orang pasti suka snack, mereka biasanya memakan snack saat sedang bersantai seperti menonton televisi, mengobrol, dll. Jika kamu ingin sukses di bidang ini, kamu harus paham apa yang disukai dan dibutuhkan oleh banyak orang. Sehingga dengan informasi tersebut kamu bisa menentukan snack apa yang akan kamu jual. Modal yang dibutuhkan juga tidak terlampau besar, untuk dapat memulai usaha ini.

7. Kursus Memasak

Kuliner menjadi kebutuhan manusia yang tidak akan pudar oleh waktu, sehingga keahlian memasak menjadi suatu hal ingin banyak dikuasai oleh banyak orang. Banyak orang ingin memiliki keahlian memasak dan jago meracik bumbu banyak masakan. Modal yang diperlukan untuk membuka usaha ini tidaklah besar, jadi sangat cocok untuk kamu jalankan sebagai usaha rumahan.

8. Affiliate Marketing

Ide bisnis satu ini dapat menjadi suatu usaha yang menghasilkan passive income. Teknologi saat ini menjadi suatu pendorong suksesnya usaha rumahan ini. Affiliate marketing merupakan bisnis berbasis komisi yang sistemnya jika kamu berhasil menjual produk maka kamu akan mendapatkan komisi.

9. Freelancer

Ide bisnis kreatif selanjutnya yang pasti menarik dan patut kamu coba adalah freelancer. Misalnya menjadi freelancer penulis konten, peluang usaha tersebut terbilang cukup mudah untuk dikerjakan khususnya bagi kamu yang suka untuk menulis artikel. Artikel dalam bentuk konten dan media sangat dibutuhkan pada era digital saat ini, kamu juga bisa mendapatkan bayaran yang lumayan ketika menjalani usaha rumahan ini.

10. Jasa Service Elektronik

30 Ide Bisnis Kreatif Dengan Modal Minim 2

Ide bisnis kreatif yang menarik selanjutnya adalah jasa service elektronik, jasa ini sangat dibutuhkan karena banyaknya perangkat elektronik yang beredar dan digunakan oleh masyarakat. Pekerjaan ini sangatlah cocok bagi kamu yang suka mengotak-atik barang elektronik dan mengerti akan hal tersebut. Lebih-lebih jika kamu merupakan sarjana elektro yang pastinya memiliki ilmu yang lebih untuk diterapkan di usaha rumahan ini.

11. Konsultan SEO

Perkembangan dunia internet saat ini mendorong kebutuhan akan konsultan SEO. Jasa SEO sangatlah dibutuhkan bagi mereka yang ingin mendapatkan lalu lintas lebih di web mereka. Hal ini sangatlah penting bagi para pemilik e-commerce, blogger, website perusahaan, hingga website pemerintah.

Pekerjaan ini sangatlah cocok bagi kamu yang mengerti akan blogging dan mau melakukan itu. Kesempatan ini sudah seharusnya kamu manfaatkan untuk mendapatkan suatu pendapatan yang lebih dengan ide bisnis.

12. Kerajinan Tangan

Bagi kamu yang senang dan gemar dengan sesuatu yang bersifat seni maka ide bisnis kreatif ini sangatlah cocok untuk kamu jalankan. Kerajinan tangan saat ini terus diburu, terutama bagi turis mancanegara maupun turis local, menjadikan peluang usaha ini menjadi begitu menjanjikan. Untuk meraih sukses dengan usaha ini, pastikan kamu mengerti dan paham tentang teknik pemasaran online maupun offline untuk menunjang penjualan hasil kerajinan tersebut.

13. Fashion Bekas

Fashion bekas saat ini menjadi suatu ide bisnis yang patut dicoba, banyak embel-embel barang preloved pada fashion bekas. Hal tersebut menjadikan barang fashion yang kamu jual memiliki nilai yang lebih daripada barang bekas biasanya, keuntungan dengan menjual barang bekas tersebut bisa mencapai 100 persen. Peluang ini sangat cocok untuk dilakukan bagi kamu yang hobi berdagang.

14. Manajemen Media Sosial

Peningkatan pengguna media sosial menjadikan suatu peluang yang baru bagi kamu untuk menghasilkan uang. Media sosial saat ini tidak hanya untuk kamu bersosialisasi secara online, namun juga bisa menjadi suatu kegiatan bisnis yang cuan. Kamu pastinya sering melihat banyak iklan digital dan fanspage suatu perusahaan di media sosial, demi mendukung kegiatan tersebut berjalan lancer diperlukan suatu manajamen media sosial yang baik.

Hal tersebut menjadi suatu alasan mengapa manajemen media sosial dibutuhkan oleh banyak pihak saat ini, baik itu perorangan atau organisasi.

15. Service Handphone

30 Ide Bisnis Kreatif Dengan Modal Minim 3

Saat ini banyak tutorial tentang cara service handphone, hal tersebut menjadi suatu peluang bisnis yang patut kamu coba. Kamu bisa belajar dari tutorial tersebut bahkan kamu bisa belajar hal tersebut dari kursus bagaimana cara service handphone. Pengguna smartphone saat ini terus bertumbuh dari waktu ke waktu, karena harga ponsel yang kian bersahabat.

Faktor banyaknya pengguna smartphone menjadikan suatu peluang bisnis yang baru bagi kamu untuk membuka service handphone. Bahkan kamu juga bisa menyambi usaha tersebut dengan usaha lain seperti jualan pulsa dan paket data.

16. Rias Pengantin

Peluang bisnis rias pengantin cukuplah besar, beberapa pebisnis bisa berada pada fase BEP dalam kurun waktu 3-4 bulan saja. Keuntungan bisnis rias pengantin biasanya berkisar dari 50-70% dari modal yang dikeluarkan, hal ini juga bisa kamu manfaatkan untuk meraih pendapatan lebih. Kebutuhan modal yang perlu disiapkan berkisar 10-20 juta rupiah, tergantung dari besar kecilnya rias pengantin yang ingin kamu bangun.

17. Desain Grafis

Saat ini trend desain grafis terus meningkat dan mengalami peningkatan pesat setiap tahunnya. Perkembangan teknologi menjadikan usaha ini sangat menjanjikan untuk dijalankan saat ini, apalagi masyarakat modern saat ini menyukai hal-hal yang praktis. Menjadikan usaha dapat menjadi peluang yang menjanjikan.

18. Rental Studio Musik

Ide bisnis kreatif yang satu ini dapat kamu jalankan bagi kamu yang paham tentang dunia musik. Banyak para pelajar atau kalangan remaja sangat menyukai studio rental band, hal tersebut menjadi suatu peluang bagi kamu yang rumahnya di kawasan sekolahan. Hal tersebut dapat manfaatkan untuk mendapatkan pendapatan lebih, karena omzet yang bisa dihasilkan oleh usaha ini.

19. Guru Private

Bagi kamu yang suka dengan anak kecil atau suka berbicara serta memberi pelajaran bagi anak tersebut maka ide bisnis satu ini sangatlah cocok. Menjadi guru les privat menjadi suatu peluang, karena banyak orang tua yang sibuk dan tidak memberi pelajaran kepada anak mereka. Sehingga membuat banyak orang tua yang sibuk akan mencari guru les privat untuk membimbing anak mereka, ketika mereka tidak bisa membimbing anak mereka.

Usaha ini sangat cocok dijalankan di Kawasan perumahan atau lokasi padat penduduk yang banyak orang tua tidak punya waktu untuk mengajar mereka.

20. Influencer Media Sosial

30 Ide Bisnis Kreatif Dengan Modal Minim 4

Ide bisnis berikut mungkin cocok bagi beberapa orang namun juga mungkin tidak cocok bagi Sebagian orang lain. Karena kamu disini dituntut untuk interaktif dengan para pengikutmu, dan pastinya kamu harus memiliki banyak pengikut di sosial media. Jika kamu tertarik untuk mencoba ide bisnis ini, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Pertama, kamu harus melakukan self-branding, artinya kamu harus mampu membuat citra unik dari kamu yang dinilai oleh publik.  Kamu bisa mulai dengan menunjukan minat dan hobi kamu, lalu dalami dan kuasai hal tersebut. Dan juga dekatkan dirimu dengan komunitas yang sesuai dengan minat dan hobi kamu, sehingga terbangun relasi yang kuat.

Kedua, kamu harus rajin membuat konten di akun kamu. Pastikan konten yang kamu buat konsisten dan relevan dengan minat kamu. Selain hal tersebut kamu juga harus melihat konten dari influecer lain sehingga kamu harus membuat konten yang lebih baik daripada kompetitor kamu.

21. Blogger

Blogger menjadi suatu ide bisnis kreatif bagi kamu yang memiliki minat dan hobi dalam menulis. Blogger bisa menjadi suatu hobi dan juga suatu mata pencaharian. Ada beragam cara untuk menghasilkan uang dari blog, misalnya dengan menggunakan Google Adsense.

Google Adsense merupakan platform yang memungkinkan kamu untuk meletakkan banner iklan di titik-titik tertentu pada blog yang kamu miliki. Platform tersebut tidak membuatmu harus membayar, malahan kamu yang akan dibayar.

22. Catering

Usaha kuliner tidak akan hilang oleh jaman, karena makanan adalah suatu hal yang pokok bagi kehidupan manusia. Usaha ini cocok dijalankan dimanapun dan kapanpun, tapi lebih baik di tempat yang ramai dan memungkinkan untuk mendapatkan konsumen. Modal yang digunakan juga tidaklah banyak, kamu hanya perlu mengeluarkan modal sekitar 500 ribuan saja sudah bisa membuka usaha ini.

23. Jual Barang Antik

Saat ini banyak orang dari kalangan usia lanjut yang merindukan barang-barang saat mereka muda bahkan saat masih kecil karena ingin bernostalgia. Ada juga dari kalangan muda yang memiliki selera unik terhadap barang antik, membuat bisnis ini tetap relevan untuk dilakukan saat ini. Hal yang paling utama dalam menjalankan bisnis ini adalah kamu harus dekat dengan orang atau dengan komunitas kolektor barang antik, sehingga kamu dapat mengerti barang apa saja yang sedang laku di pasaran.

24. Fotografer

Bisnis fotografer menjadi ide bisnis yang sangat tepat bagi kamu yang memiliki jiwa yang kreatif. Saat ini jasa fotografer sering dicari dan dibutuhkan untuk berbagai kegiatan yang dilaksanakan. Misalnya untuk acara pernikahan, peluncuran produk, acara keluarga, dan masih banyak acara lain.

Untuk memulai bisnis ini, kamu tidak perlu mengeluarkan untuk banyak modal untuk membeli perlengkapan yang dibutuhkan. Kamu bisa menyewa perlengkapan tersebut, sehingga kamu hanya perlu mengasah kemampuan fotografimu. Untuk penghasilan tidak perlu diragukan, seorang fotografer bisa dibayar hingga 8 juta tiap acaranya.

25. Videografer

30 Ide Bisnis Kreatif Dengan Modal Minim 5

Masih pada ide bisnis kreatif, videografer menjadi suatu profesi yang cocok bagi kamu yang menyukai tentang video. Sama halnya dengan fotografer, videografer juga dibutuhkan untuk melengkapi pekerjaan dari fotografer pada acara-acara tertentu. Jika kamu sudah memiliki kepercayaan oleh para klien kamu, maka sudah pasti penghasilan kamu sangatlah cukup.

26. Bakery

Kamu suka membuat roti? Mungkin ide bisnis ini cocok dengan kamu untuk menyalurkan hobi dan juga sebagai mata pencaharian. Jika kamu mampu untuk menyesuaikan hasil dengan kemauan pasar dan memiliki suatu keunikan dengan bakery lain, sangatlah mungkin kamu akan berkembang menjadi perusahaan bakery yang besar.

27. Penyewaan kostum

Bagi kamu yang memiliki banyak pakaian atau kostum, mungkin bisa mencoba bisnis ini. Kamu bisa menyewakan pakaian atau kostum kamu yang dinilai bagus dan cantik. Bisnis ini akan menjadi salah satu bisnis kreatif yang akan terus dibutuhkan oleh masyarakat.

28. Desainer pakaian

Desainer pakaian hadir untuk menciptakan berbagai pakaian unik yang jarang ditemukan barang yang sama. Bagi para wanita, memakai pakaian yang sama mungkin akan merasa malu. Nah ini menjadi salah satu fungsi desainer pakaian, yaitu menghadirkan pakaian yang unik dan berbeda untuk para penggunanya.

29. Membuka Clothing Line

Ide bisnis sangat cocok bagi kamu yang bisa dan suka mendesain kaos, jaket, dan sebagainya yang sesuai dengan tren yang ada saat ini. Kamu bisa melihat tren dengan menggunakan sosial media dan sebagainya, sehingga kamu bisa menyesuaikan desain para anak muda. Jika kamu memiliki suatu keunikan, sangat memungkinkan bagi kamu untuk berkembang menjadi clothing line yang lebih besar.

30. Animator

30 Ide Bisnis Kreatif Dengan Modal Minim 6

Animator menjadi salah satu pekerjaan yang menjanjikan, terlebih lagi pesatnya perkembangan dunia periklanan digital. Banyak brand yang berlomba-lomba untuk menyajikan konten sebaik mungkin, supaya masyarakat tertarik dengan brand tersebut. Profesi animator saat ini mulai berkembang hingga tahun-tahun berikutnya, namun untuk memulai bisnis ini kamu harus memiliki perangkat yang cukup baik untuk bisa membuat kualitas animasi yang baik.

Sekian informasi yang dapat saya sampaikan terkait ide bisnis kreatif dengan modal minim, semoga informasi yang saya sampaikan bermanfaat bagi kamu untuk memulai bisnis kreatif.

Have A Nice Day 😊


Baca juga :