Kapan Waktu Terbaik untuk Wisata ke Selandia Baru?

Kapan Waktu Terbaik untuk Traveling ke New Zealand?

Dengan Selandia Baru atau New Zealand yang berubah dalam banyak hal di antara musim, merencanakan kapan harus bepergian ke Selandia Baru adalah keputusan penting yang harus dibuat. Terlebih lagi, tidak ada jawaban benar atau salah tentang waktu terbaik untuk mengunjungi Selandia Baru.

Ini adalah pilihan pribadi yang biasanya tergantung pada cuaca apa yang Anda sukai, seberapa spontan Anda ingin melakukan perjalanan, seberapa sibuk Anda lebih menyukai lingkungan Anda, acara apa yang sedang berlangsung, dan apakah Anda mencari penawaran musiman. Kami akan membicarakan semua ini lebih lanjut dalam panduan ini tentang waktu terbaik untuk wisata ke Selandia Baru.

Kapan Peak Season, Off-Season, dan Shoulder Season di Selandia Baru?

Saat memutuskan waktu terbaik untuk mengunjungi Selandia Baru, “Off Season” dan “Shoulder Season” sangat layak dipertimbangkan. Off-season adalah selama musim dingin Selandia Baru ketika negara tersebut cenderung memiliki lebih sedikit turis (kecuali di tempat-tempat di mana ada musim ski ) dan ini adalah waktu termurah untuk bepergian ke Selandia Baru. Shoulder Season adalah selama musim semi dan musim gugur, antara Off Season dan “musim puncak” musim panas. Terakhir, peak season adalah musim panas saat pariwisata di Selandia Baru sedang ramai.

  • Peak season : dari Desember hingga Februari (masuk ke Maret)
  • Shoulder Season : dari Maret hingga Juni dan dari September hingga November
  • Off Season : dari Juni hingga Agustus.

Waktu Terbaik untuk Wisata ke Selandia Baru

Apakah Selandia Baru Memiliki Musim Hujan?

Tidak seperti rekan-rekan di Pasifik Selatan, Selandia Baru tidak mengalami musim hujan – hujan cukup sering sepanjang tahun. Namun, bulan-bulan terkering cenderung Januari dan Februari, sedangkan bulan-bulan terbasah adalah Mei, Juni, Juli dan Agustus.

 

1. Musim panas: Desember hingga Februari

Bulan : Desember, Januari dan Februari
Musim Turis : High Season

Selandia Baru Cuaca di Musim Panas

Pulau Utara Suhu : 20-24°C (68-75°F)
Pulau Selatan Suhu : 19-23°C (66-73°F)
Pulau Utara Curah Hujan : 60-100mm (2.4-3.9″)
Pulau Selatan Curah Hujan : 35 -60mm (1.4-2.4″)

Tentang Musim Panas Selandia Baru

Musim panas sejauh ini merupakan waktu paling populer untuk mengunjungi Selandia Baru. Januari dan Februari adalah bulan-bulan terpanas di Selandia Baru. Cuaca umumnya yang terbaik untuk kegiatan di luar ruangan. Namun, musim panas adalah waktu paling ramai dalam setahun untuk bepergian, di mana penting bagi para pelancong untuk memesan akomodasi dan bahkan beberapa kegiatan sebelumnya untuk menghindari kekecewaan.

Musim panas tidak hanya merupakan waktu yang populer bagi wisatawan internasional untuk mengunjungi Selandia Baru, tetapi Anda akan menemukan bahwa pada saat inilah banyak orang Kiwi juga bepergian ke negara tersebut. Waspadai liburan sekolah NZ, yang mungkin ingin Anda hindari untuk bepergian, dengan mengunjungi situs web Kementerian Pendidikan Selandia Baru . Ketahui juga bahwa musim panas adalah waktu paling mahal dalam setahun untuk mengunjungi Selandia Baru dalam hal harga sewa mobil, penerbangan, dan hotel.

wisata selandia baru di musim panas

Tempat Terbaik untuk Dikunjungi di Musim Panas

  • Bay of Islands, North Island
  • New Plymouth, North Island
  • Gisborne, North Island
  • Mt Maunganui, North Island
  • Waiheke Island, North Island

Keuntungan Mengunjungi Selandia Baru di Musim Panas

Yang paling jelas adalah cuaca. Jika Anda menginginkan cuaca yang paling hangat dan cerah secara konsisten saat Anda bepergian, maka antara Desember dan Februari adalah saat Anda biasanya akan mendapatkan cuaca “terbaik” di Selandia Baru. Suhu berkisar antara 12-25°C (54-77°F), dengan wilayah tercerah adalah Auckland , Northland , Hawke’s Bay dan Marlborough . Namun demikian, Anda tidak pernah bisa benar-benar memprediksi cuaca di Selandia Baru, jadi siapkan beberapa lapisan untuk berjaga-jaga.

Selama musim panas Selandia Baru, lebih banyak aktivitas dan akomodasi tersedia karena beberapa operator hanya buka selama musim panas yang sibuk. Namun, Anda hanya akan menemukan ini di lebih banyak lokasi “jalur terpencil”, karena sebagian besar operator di seluruh negeri buka sepanjang tahun.

Kekurangan Mengunjungi Selandia Baru di Musim Panas

Musim panas adalah periode sibuk Selandia Baru. Masuknya wisatawan bercampur dengan liburan sekolah Selandia Baru berarti akomodasi dan kegiatan biasanya sudah penuh dipesan. Anda perlu merencanakan ke depan dan kemungkinan besar harus mengikuti rencana perjalanan yang telah ditetapkan jika Anda bepergian di musim panas.

Sehubungan dengan poin di atas, pusat-pusat wisata utama New Zealand terasa ramai: kota-kota utama, kota-kota kecil, jalur pendakian, dll.

wisata selandia baru musim gugur

2. Musim Gugur: Maret hingga Mei

Bulan : Maret, April dan Mei
Musim Turis: High to Shoulder Season

Selandia Baru Cuaca di Musim Gugur

Pulau Utara Suhu : 17-22°C (62-71°F)
Pulau Selatan Suhu : 13-19°C (55-66°F)
Pulau Utara Curah Hujan : 90-130mm (3.5-5.1″)
Pulau Selatan Curah Hujan : 60 -100mm (2.4-3.9″)

Tentang Musim Gugur Selandia Baru

Jika Anda mencari waktu yang lebih tenang untuk bepergian sambil tetap menikmati cuaca yang baik, maka musim gugur adalah waktu yang tepat untuk mengunjungi Selandia Baru. Selandia Baru masih terasa sedikit sibuk di bulan Maret, tetapi April dan Mei lebih tenang seiring dengan harga sewa mobil, penerbangan, dan hotel. Untuk alasan ini, kami bahkan akan mengatakan bahwa Maret, April dan Mei adalah bulan terbaik untuk mengunjungi Selandia Baru. Hari-hari mungkin menjadi sedikit lebih dingin, tetapi itu masih cukup nyaman untuk memastikan Anda memiliki banyak lapisan untuk cuaca yang selalu berubah. Menjelang April dan Mei, Anda mungkin juga berkesempatan untuk melihat warna musim gugur coklat dan oranye.

Tempat Terbaik untuk Dikunjungi di Musim Gugur

  • Wanaka, South Island
  • Hawke’s Bay, North Island
  • MacKenzie Region (Lake Tekapo and Twizel), South Island
  • Gisborne, North Island
  • Marlborough, South Island

Marlborough, South Island

Keuntungan Mengunjungi Selandia Baru di Musim Gugur

Cuaca masih cenderung baik selama musim gugur di New Zealand, dengan suhu sekitar 11-20°C (52-68°F) dan masih cukup konsisten. Itu cukup nyaman untuk keluar dan berkeliling di jalur hiking dan melakukan banyak aktivitas luar ruangan yang tersedia di Selandia Baru.

Warna musim gugur membuat banyak negara terlihat semarak. Ini menambah pemandangan dan membuat foto Anda terlihat luar biasa!

Kerumunan musim panas akan mereda pada musim gugur, memberi Anda lebih banyak ruang saat mengunjungi pusat wisata utama dan saat berada di jalur pendakian. Akomodasi dan aktivitas kemungkinan besar tidak akan terisi penuh sehingga memberi Anda lebih banyak ruang untuk menjadi spontan saat menjelajahi Selandia Baru.

Antara bulan Maret dan Mei dianggap sebagai salah satu “Shoulder Season” di Selandia Baru, yang berarti bahwa harga sewa kendaraan, beberapa aktivitas, dan akomodasi akan turun.

Maret khususnya adalah saat banyak acara sedang booming di Selandia Baru! Jika Anda tertarik dengan budaya Kiwi melalui acara dan festival, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk backpacking di Selandia Baru pada musim gugur.

Kekurangan Mengunjungi Selandia Baru di Musim Gugur

Hari semakin pendek dan, dibandingkan dengan musim panas, cuaca sedikit lebih dingin.

“Peak season” di Selandia Baru semakin lama, oleh karena itu, Anda mungkin menemukan beberapa daerah di Selandia Baru sangat sibuk pada bulan Maret dan April.

Arthur’s Pass - wisata musim dingin new zealand

3. Musim Dingin: Juni hingga Agustus

Bulan : Juni, Juli dan Agustus
Musim Turis : Low Season

Selandia Baru Cuaca di Musim Dingin

Pulau Utara Suhu : 11-15°C (51-59°F)
Suhu Pulau Selatan : 7-12°C (44-53°F)
Pulau Utara Curah Hujan : 120-150mm (4.7-5.9″)
Pulau Selatan Curah Hujan : 70 -130mm (2.8-5.1″)

Tentang Musim Dingin Selandia Baru

Sejuk dan segar di daerah yang lebih kering di New Zealand dan basah dan sejuk di daerah yang lebih pesisir di negara itu: itulah gambaran cuaca di musim dingin. Cuacanya juga sedikit tidak terduga, jadi tidak selalu ideal untuk aktivitas luar ruangan yang pasti akan Anda alami di Selandia Baru. Namun demikian, banyak yang tidak keberatan, terutama dengan negara yang begitu sepi selama ini. Yang perlu Anda lakukan adalah membungkus hangat dan memiliki jas hujan yang bagus ! Musim dingin juga merupakan salah satu musim terbaik untuk melihat salju di pegunungan dan bermain ski . Harga sewa mobil, hotel, dan penerbangan biasanya paling murah. Oh, dan jika Anda bertanya-tanya, Juli adalah bulan terdingin di Selandia Baru.

Tempat Terbaik untuk Dikunjungi di Musim Dingin

  • Queenstown, South Island
  • Rotorua, North Island
  • Ohakune, North Island
  • Arthur’s Pass, South Island
  • Hanmer Springs, South Island

Keuntungan Mengunjungi Selandia Baru di Musim Dingin

Salju! Salju mengubah banyak daerah pegunungan di Selandia Baru, memberikan pemandangan pemandangan yang berbeda untuk mata Anda (dan foto Anda).

Musim dingin adalah saat Anda dapat memanfaatkan lapangan ski di Selandia Baru.

Kecuali di kota-kota lapangan ski seperti Queenstown dan Wanaka , musim dingin adalah Off Season di Selandia Baru. Akomodasi dan aktivitas biasanya tidak pernah sepenuhnya dipesan, harga terendah terutama untuk penyewaan kendaraan , dan Anda sering merasa memiliki seluruh negeri untuk diri sendiri.

Ada banyak aktivitas yang masih bisa Anda lakukan di musim dingin, mulai dari arung jeram hingga hiking hingga kolam air panas dan banyak lagi. Namun, beberapa kegiatan mungkin dibatalkan dalam cuaca buruk – lihat di bawah.

Kekurangan Mengunjungi Selandia Baru di Musim Dingin

Cuaca biasanya tidak dapat diprediksi dan tidak konsisten. Ini biasanya dapat membatalkan rencana untuk kegiatan yang bergantung pada cuaca seperti terjun payung , ngarai , dan berlayar , misalnya. Suhu sekitar 1-15 °C (34-59 °F) dengan daerah terdingin berada di Pulau Selatan. Anda pasti akan mengalami beberapa hari hujan.

Mengemas lebih banyak pakaian musim dingin biasanya lebih besar dan lebih berat untuk dibawa-bawa di New Zealand.

Lake Tekapo new zealand. wisata new zealand

4. Musim semi: September hingga November

Bulan : September, Oktober dan November
Musim Turis : Low to Shoulder Season

Selandia Baru Cuaca di Musim Semi

Pulau Utara Suhu : 16-20°C (60-68°F)
Pulau Selatan Suhu : 13-19°C (55-66°F)
Pulau Utara Curah Hujan : 90-120mm (3,5-4.7″)
Pulau Selatan Curah Hujan : 60 -100mm (2.4-3.9″)

Tentang Musim Semi Selandia Baru

Musim semi selalu merupakan waktu yang menyegarkan di Selandia Baru ketika jam terus berjalan, matahari mulai menghangatkan segalanya lagi, dan hari-hari menjadi lebih panjang. Di awal musim semi, Anda dapat memanfaatkan olahraga musim dingin terakhir dan berkeliling Selandia Baru sambil melihat salju di pegunungan. Oktober adalah saat musim semi benar-benar mulai berjalan lancar, dengan kesempatan untuk melihat domba (walaupun ini berarti beberapa jalur pejalan kaki mungkin ditutup, jadi pastikan untuk memeriksa situs web Departemen Konservasi sebelum Anda berangkat).

Segalanya tidak terasa sibuk sampai pertengahan November, jadi manfaatkan atraksi dan jalur pejalan kaki yang sepi sebelum itu! Harga hotel, rental mobil, dan penerbangan juga masuk akal hingga pertengahan November.

Tempat Terbaik untuk Dikunjungi di Musim Semi

  • Lake Tekapo, South Island
  • Rotorua, North Island
  • Hamilton, North Island
  • Kaikoura, South Island
  • Canterbury, South Island

Keuntungan Wisata ke Selandia Baru di Musim Semi

Biasanya ini adalah waktu terbaik untuk bermain ski di lereng lapangan ski Selandia Baru ketika hari semakin cerah namun masih banyak salju di sekitarnya – biasanya hingga akhir September.

Cuaca semakin membaik, dengan suhu sekitar 7-19°C (45-66°F). Itu suhu yang nyaman untuk melakukan banyak aktivitas luar ruangan di Selandia Baru .

Karena ini adalah “Shoulder Season” di Selandia Baru, akomodasi dan aktivitas cenderung tidak sepenuhnya dipesan. Karenanya, Anda bisa sespontan yang Anda suka saat berkeliling Selandia Baru. Harga tetap pada level terendah hingga pertengahan November.

Lihat beberapa bagian Selandia Baru di mana bunga-bunga bermekaran, memberikan tampilan berbeda pada negara ini, sementara salju tetap berada di pegunungan hingga musim panas.

Musim semi biasanya merupakan waktu yang lebih baik untuk melihat lebih banyak satwa liar yang melimpah, serta menjadi waktu yang lebih baik untuk arung jeram di mana sungai lebih penuh karena pencairan salju.

Kekurangan Wisata ke Selandia Baru di Musim Semi

Cuaca mungkin masih sedikit tidak konsisten sehingga Anda mengalami beberapa hari hujan dan hari-hari yang dingin dan sejuk.

Ada lebih sedikit acara yang terjadi.


Itu saja dari panduan kami tentang waktu terbaik untuk mengunjungi Selandia Baru.


Baca juga: