cara membuat aquascape

7 Cara Membuat Aquascape dengan Mudah

Bagaimana cara membuat aquascape dengan mudah? Tepat sekali bila anda berkunjung ke laman ini, karena kami akan membahas aquascape dan seluk-beluknya serta cara membuat aquascape dengan mudah. Mari simak sampai selesai..

Aquascape merupakan sebuah karya seni yang untuk dinikmati keindahannya. Banyak penjual di luar sana yang menawarkan aquascape yang indah namun dengan harga yang tentu saja tidak murah.

Ada solusi bagi Anda yang menginginkan aquascape namun dengan budget yang terbatas solusinya adalah dengan membuat sendiri aquascape tapi apakah itu mudah dilakukan dan sederhana. Jika dalam proses pembuatan Anda melakukannya dengan teliti itu akan menjadi mudah, anda hanya perlu teliti dan mengikuti petunjuk-petunjuk yang benar.

Jika diartikan secara teknis Aquascape ini adalah seni untuk mengatur tanaman bebatuan kayu karang dan juga lainnya sehingga apa yang ada di dalam akuarium ini menyerupai ekosistem air seperti yang ada di alam. Lebih sederhananya aquascape merupakan akuarium yang dalamnya terdapat unsur-unsur yang lebih kompleks.

Tutorial Cara Membuat Aquascape Dengan Mudah

Tutorial Cara Membuat Aquascape Dengan Mudah
Contoh aquascape tema natural dengan beragam jenis tanaman dan ikan.

Berikut ini akan kami berikan kepada anda langkah-langkah cara membuat aquascape yang mudah dilakukan di rumah.

1. Menyiapkan Alat dan Bahan

Sebelum kita mulai membuat mat Hal pertama yang harus kita lakukan adalah menyiapkan bahan-bahan yang akan kita gunakan dalam pembuatan aquascape ini.

Alat untuk aquascape antara lain adalah

  • Aquarium dan Rak/meja
  • Filter, Media FIlter dan Pompa
  • Lampu Aquarium
  • Pinset aquascape
  • CO2 (opsional)

Bahan-bahan Aquascape yang biasa gunakan adalah,

  • Soil/pasir
  • Pupuk Dasar
  • Bakteri starter
  • Kayu/Batu untuk Hardscape
  • Lem korea atau benang dan kapas
  • Tanaman Aquascape (mau low light, medium atau highlight juga bisa)

2. Menyusun Hardscape

Langkah kedua dalam membuat aquascape adalah menyusun hardscape. Biasanya Hardscape dibuat menggunakan batu atau kayu yang direkatkan mengunakan lem korea dan kapas. Ada banyak pilihan gaya dalam menyusun kayu dan batu ini, mau yang sederhana sepeti gaya natural maupun yang ribet seperti gaya bonsai atau jungle.

susunan hardscape
Contoh Susunan Hardscape dari Tokoh Aquascape Indonesia Herry Rasio

Jenis batu aquascape yang populer antara lain :

  • Lava rock.
  • Quartzite/batu pasir
  • Petrified wood.
  • Glass rock.
  • Texas holey rock.
  • Rainbow rock.
  • Mountain Stone.
  • dll

Jenis Kayu yang umum dipakai di aquascape adalah:

  • Kayu Santigi
  • Akar rasamala
  • Kayu bakau
  • Kayu rentek
  • Kayu Senggani

Nah sudah ada gambaran untuk bentuk hardscape dari aquascape mu?

3. Menyusun Substrat Aquascape

substrat aquascape
substrat aquascape – pasir malang

Sebenarnya urutan ketiga dan kedua ini bisa dibolak balik urutannya. Substrat yang populer digunakan untuk aquascape adalah soil, pasir, pupuk dasar.

Jenis merk soil aquascape ada banyak seperti neo soil, platium soil, ultimate, dll. Sedangkan untuk pasir yang umum dipakai antara lain pasir silika, pasir malang, pasir bali, dan pasir pantai yang sudah dicuci (untuk menghilangkan garam lautnya). Untuk pupuk dasar, banyak juga merknya, rata-rata produsen soil juga membuat pupuk dasar.

Urutan dalam menyusun substrat aquascape dari lapisan paling bawah ke paling atas adalah pupuk dasar – bakteri starter – soil /pasir. Urutannya dibuat demikian karena pupuk dasar kandungan amonianya paling tinggi, jadi harus dilapisi soil/pasir agar tidak cepat habis larut dalam air nantinya.

Di substrat inilah nantinya kita akan menanam beragam jenis tanaman aquascape.

4. Menanam tanaman

Selanjutnya kita masuk ke tahapan cara membuat aquascape yang empat yaitu menanam tanaman, ini adalah bagian utama dalam proses pembuatan aquascape.

Sebelum anda memulai untuk menanam tanaman ada beberapa hal yang harus diperhatikan mengenai jenis tanaman hias yang akan kita tanam. Karena tidak semua jenis tanaman cocok digunakan dalam pembuatan aquascape ini.

macam-macam jenis tanaman aquascape
macam-macam jenis tanaman aquascape

Agar anda tidak bingung memilih tanaman yang cocok untuk aquascape ini kami berikan beberapa jenis tanaman yang bisa anda gunakan dalam pembuatan aquascape ini. Kami juga memberikan keterangan mana saja yang termasuk dalam kategori tanaman mudah, menengah atau sulit dalam perawatannya.

Berikut daftar jenis tanaman aquascape:

  1. Amazon Sword – mudah
  2. anubias – mudah
  3. Ludwigia Repens – menengah
  4. Valisneria – mudah
  5. Java Fern – mudah
  6. Crypt Wendtii – mudah
  7. Java Moss – mudah
  8. Staurogyne Repens – sulit
  9. Dwarf Baby Tears – sulit
  10. sagitaria subulata – mudah
  11. Hairgrass – sulit
  12. rotala – menengah
  13. cabomba – mudah
  14. dll

Cara menanam tanaman aquascape sangat mudah, cukup jepit tanaman dengan pinset dan tancapkan kedalam soil/substrat. untuk beberapa jenis tanaman seperti moss dan anubias, tanaman bisa dilem ke hardscape menggunakan lem korea.

Setelah anda mengetahui jenis tanaman yang cocok untuk aquascape, mari kita lanjutkan proses penanaman tanaman di aquascape ini. Saat akan menanam tanaman nya Anda harus mengisi air di akuarium sebanyak seperempat dari tinggi akuarium.  Kemudian setelah selesai menghias tambahkan air di akuarium dengan perlahan. Karena jika anda menuangkan air terlalu deras maka itu akan merusak tanaman yang sudah anda tanam tadi.

5. Pasang Filter dan Lampu

Tahapan kelima cara membuat aquascape selanjutnya yaitu pemasangan lampu, pompa, dan juga filter.

jenis-jenis filter aquarium yang berada di pasaran
jenis-jenis filter aquarium yang berada di pasaran

Ini juga bagian yang penting dalam membuat aquascape karena alat-alat inilah yang akan menjadi penunjang kehidupan tanaman dan ikan yang akan Anda masukkan ke dalam akuarium, karena fungsi dari alat-alat ini adalah sebagai alat untuk membuat sirkulasi udara dan air yang bersih dan juga cahaya yang akan dibutuhkan tanaman anda dan juga ikan yang akan Anda masukkan ke akuarium nantinya.

Dalam proses pemasangan pompa, filter dan lampu pastikan terlebih dahulu akuarium anda sudah terisi dengan air dan jarak antara bagian atas akuarium dengan permukaan air sekitar 5 sampai 10 cm, jika sudah sesuai maka anda bisa meletakkan alat-alat tersebut dengan baik dan juga rapi.

lampu aquascape
lampu aquascape

6. Memasukkan ikan hias

Berikutnya adalah memasukkan ikan hias, dalam cara membuat aquascape ini sebenarnya yang yang difokuskan adalah tanaman dan dekorasi dalam akuarium, tetapi memasukan ikan ke dalam ini adalah sebagai pelengkap dari aquascape agar aquascape yang kita buat lebih hidup. Anda bisa memasukkan ikan-ikan hias untuk melengkapi akuarium Anda jenis yang cocok untuk dimasukkan ke dalam aquascape adalah jenis ikan hias seperti komet, manfish dan juga ikan tetra yang bisa anda beli di toko ikan hias.

Berikut jenis-jenis ikan yang aman untuk aquascape (tidak makan tanaman dan tidak makan satu sama lain)

  1. Neon Tetra
  2. Amandae Tetra
  3. Rasbora (harlequin, galaxy dll)
  4. Rainbow Bosemani
  5. Molly
  6. Platy
  7. Guppy
  8. Zebra danio
  9. Otocinclus
  10. corydoras
  11. dll

*Penting : sebaiknya, ikan dimasukkan di aquarium setelah air aquarium sudah mature (kira-kira 7-14 hari tergantung jenis filter yang dipakai)

ikan rasbora
ikan rasbora harlequin

7. Perawatan rutin

Tanaman dan juga ikan hias sudah Anda masukkan ke dalam akuarium berarti sekarang aquascape anda sudah jadi. Tetapi anda tetap harus melakukan tahapan terakhir cara membuat aquascape, yaitu perawatan rutin agar tanaman yang sudah anda tanam dan juga ikan yang sudah dimasukkan dalam aquascape terjamin kehidupannya dan bisa tumbuh dengan baik.

Perawatan rutin yang bisa anda lakukan adalah memberikan pupuk secara rutin pada tanaman, melakukan pemotongan tanaman bila tanaman sudah tumbuh terlalu rimbun atau terlalu tinggi sehingga berubah bentuk dari dekorasi yang anda inginkan, kemudian membersihkan lumut-lumut yang ada di akuarium maupun di tanaman atau bebatuan yang mengganggu, dan yang terakhir yang tak kalah penting adalah memberikan pakan setiap pagi dan sore agar ikan-ikan anda tidak mati kelaparan.

Demikian informasi yang dapat kami suguhkan kepada anda mengenai cara membuat aquascape yang mudah. Semoga apa yang yang telah kami infokan kepada anda bisa bermanfaat kepada kita semua dan bisa menambah wawasan dan pengetahuan kita mengenai cara membuat aquascape. Terima kasih.


Baca juga :