Cara Membuat Aquascape dengan Mudah

cara membuat aquascape

Bagaimana cara membuat aquascape dengan mudah? Tepat sekali bila anda berkunjung ke laman ini, karena kami akan membahas aquascape dan seluk-beluknya serta cara membuat aquascape dengan mudah. Mari simak sampai selesai..

Aquascape merupakan sebuah karya seni yang untuk dinikmati keindahannya. Banyak penjual di luar sana yang menawarkan aquascape yang indah namun dengan harga yang tentu saja tidak murah. Ada solusi bagi Anda yang menginginkan aquascape namun dengan budget yang terbatas solusinya adalah dengan membuat sendiri aquascape tapi apakah itu mudah dilakukan dan sederhana. Jika dalam proses pembuatan Anda melakukannya dengan teliti itu akan menjadi mudah, anda hanya perlu teliti dan mengikuti petunjuk-petunjuk yang benar.

Jika diartikan secara teknis Aquascape ini adalah seni untuk mengatur tanaman bebatuan kayu karang dan juga lainnya sehingga apa yang ada di dalam akuarium ini menyerupai ekosistem air seperti yang ada di alam. Lebih sederhananya aquascape merupakan akuarium yang dalamnya terdapat unsur-unsur yang lebih kompleks.

cara membuat aquascape dengan mudah

Berikut ini akan kami berikan kepada anda langkah-langkah cara membuat aquascape yang mudah dilakukan di rumah.

  1. Menyiapkan bahan

Sebelum kita mulai membuat mat Hal pertama yang harus kita lakukan adalah menyiapkan bahan-bahan yang akan kita gunakan dalam pembuatan aquascape ini. Bahan-bahan yang akan kita gunakan adalah, yang pertama aquarium, kemudian pupuk, pasir, bebatuan, tanaman, pompa, saringan, dan yang terakhir lampu.

  1. Meletakkan pasir di akuarium

Setelah bahan-bahan dari terkumpul kita mulai tahapan cara membuat aquascape. Yang akan kita lakukan selanjutnya adalah mengatur bagian dasar akuariumnya jadi kita menabur dasar akuarium dengan pasir yang sudah kita siapkan tali jenis pasir yang akan kita gunakan adalah jenis pasir silika pada umumnya pasir silika ini dijual dengan harga sekitar Rp10.000 per kilogramnya.

Dalam menaburkan pasirnya ke dasar akuarium, Kita menaburkannya dengan ketebalan kira-kira tingginya 2 atau 3 cm. Kemudian untuk bagian pinggir akuarium kita menaburkannya lebih tebal dibandingkan dengan yang di bagian tengah sehingga nanti akan terbentuk cekungan atau menjadi bentuk melengkung pada dasar akuarium.

  1. Pemupukan

Langkah selanjutnya adalah menaburkan pupuk ke dalam akuarium kita menaburkan pupuknya di bagian tengah akuarium lebih tipis dibanding pada bagian pinggir seperti kita menabur pasir tadi. Fungsi dari pupuk ini adalah sebagai nutrisi bagi tanaman sehingga tanaman yang ditanam di dalam aquascape nantinya akan bisa hidup dan tumbuh dengan subur. Kemudian untuk harga dari pupuk ini berkisar antara 100 ribuan untuk satu kantong pupuk yang besar. Harga pupuk ini sebenarnya tidak terlalu mahal karena bisa digunakan berkali-kali.

  1. Menghias akuarium

Selanjutnya kita masuk pada tahap yang ke-4 cara membuat aquascape. Pada tahap ini kita akan menghias akuarium dengan batu-batuan, pada proses inilah sebenarnya pembuatan aquascape dimulai. Hias aquarium Anda sesuai selera dan keinginan anda dengan berbagai macam jenis bebatuan yang bisa anda beli di toko. Keluarkan segala imajinasi dan kreativitas anda untuk membuat sebuah karya seni aquascape yang indah. Untuk biaya dalam pembelian batuan hias yang kita gunakan ini biayanya tidak lebih dari Rp 50.000, kami sarankan anda untuk membeli 2 buah kantong batu halus sebagai cadangan untuk berjaga-jaga jika saat menghias terjadi kesalahan.

  1. Menanam tanaman

Selanjutnya kita masuk ke tahapan cara membuat aquascape yang kelima yaitu menanam tanaman, ini adalah bagian utama dalam proses pembuatan aquascape. Sebelum anda memulai untuk menanam tanaman ada beberapa hal yang harus diperhatikan mengenai jenis tanaman hias yang akan kita tanam. Karena tidak semua jenis tanaman cocok digunakan dalam pembuatan aquascape ini. Agar anda tidak bingung memilih tanaman yang cocok untuk aquascape ini kami berikan beberapa jenis tanaman yang bisa anda gunakan dalam pembuatan aquascape ini.

Berikut daftar jenis tanamannya:

  1. Patterdock,
  2. Valisneria,
  3. Cabomba,
  4. Tiger Nymphea Lotus Tenelus atau rumput air,
  5. Echinodorus,
  6. Wendtii

Harga dari setiap tanaman yang kami sebutkan tadi harga persatuannya nya tidak lebih dari Rp 15.000.

Setelah anda mengetahui jenis tanaman yang cocok untuk aquascape, mari kita lanjutkan proses penanaman tanaman di aquascape ini. Saat akan menanam tanaman nya Anda harus mengisi air di akuarium sebanyak seperempat dari tinggi akuarium. Kemudian setelah berisi hias akuarium yang telah anda hias dengan batu sebelumnya dengan tanaman sesuai dengan selera Anda keinginan anda, keluarkan semua kreativitas dan juga imajinasi anda untuk menghias. Kemudian setelah selesai menghias tambahkan air di akuarium dengan perlahan. Karena jika anda menuangkan air terlalu deras maka itu akan merusak tanaman yang sudah anda tanam tadi.

  1. Pasang lampu pompa dan filter

Tahapan keenam cara membuat aquascape selanjutnya yaitu pemasangan lampu, pompa, dan juga filter. Ini juga bagian yang penting dalam membuat aquascape karena alat-alat inilah yang akan menjadi penunjang kehidupan tanaman dan ikan yang akan Anda masukkan ke dalam akuarium, karena fungsi dari alat-alat ini adalah sebagai alat untuk membuat sirkulasi udara dan air yang bersih dan juga cahaya yang akan dibutuhkan tanaman anda dan juga ikan yang akan Anda masukkan ke akuarium nantinya. Dalam proses pemasangan pompa, filter dan lampu pastikan terlebih dahulu akuarium anda sudah terisi dengan air dan jarak antara bagian atas akuarium dengan permukaan air sekitar 5 sampai 10 cm, jika sudah sesuai maka anda bisa meletakkan alat-alat tersebut dengan baik dan juga rapi.

  1. Memasukkan ikan hias

Berikutnya adalah memasukkan ikan hias, dalam cara membuat aquascape ini sebenarnya yang yang difokuskan adalah tanaman dan dekorasi dalam akuarium, tetapi memasukan ikan ke dalam ini adalah sebagai pelengkap dari aquascape agar aquascape yang kita buat lebih hidup. Anda bisa memasukkan ikan-ikan hias untuk melengkapi akuarium Anda jenis yang cocok untuk dimasukkan ke dalam aquascape adalah jenis ikan hias seperti komet, manfish dan juga ikan tetra yang bisa anda beli di toko ikan hias.

  1. Perawatan rutin

Tanaman dan juga ikan hias sudah Anda masukkan ke dalam akuarium berarti sekarang aquascape anda sudah jadi. Tetapi anda tetap harus melakukan tahapan terakhir cara membuat aquascape, yaitu perawatan rutin agar tanaman yang sudah anda tanam dan juga ikan yang sudah dimasukkan dalam aquascape terjamin kehidupannya dan bisa tumbuh dengan baik. Perawatan rutin yang bisa anda lakukan adalah memberikan pupuk secara rutin pada tanaman, melakukan pemotongan tanaman bila tanaman sudah tumbuh terlalu rimbun atau terlalu tinggi sehingga berubah bentuk dari dekorasi yang anda inginkan, kemudian membersihkan lumut-lumut yang ada di akuarium maupun di tanaman atau bebatuan yang mengganggu, dan yang terakhir yang tak kalah penting adalah memberikan pakan setiap pagi dan sore agar ikan-ikan anda tidak mati kelaparan.

Demikian informasi yang dapat kami suguhkan kepada anda mengenai cara membuat aquascape yang mudah. Semoga apa yang yang telah kami infokan kepada anda bisa bermanfaat kepada kita semua dan bisa menambah wawasan dan pengetahuan kita mengenai cara membuat aquascape. Terima kasih.


Baca juga :