Ketika Anda mendengar berita bahwa seseorang yang Anda sayangi membutuhkan ventilator, wajar jika Anda ingin tahu sebanyak mungkin tentang bagaimana hal itu akan berdampak pada kehidupan orang yang Anda cintai. Anda mungkin memiliki gambaran umum tentang apa itu ventilator medis. Ini adalah mesin yang dirancang untuk memberikan bantuan bagi pasien yang tidak dapat bernapas.

Pada artikel ini, kita akan mempelajari lebih lanjut tentang ventilator, dari cara kerjanya dan apa yang diharapkan saat menggunakan ventilator.

Apa itu ventilator?

Ventilator adalah mesin yang mendukung pernapasan. Ini juga disebut mesin pernapasan atau respirator. Mesin ini terutama digunakan di rumah sakit. Ventilator akan memasukkan oksigen ke paru-paru, mengeluarkan karbon dioksida dari tubuh, membantu pasien bernapas lebih mudah, dan bernapas untuk orang yang telah kehilangan semua kemampuan untuk bernapas sendiri.

Ventilator sering kali digunakan untuk waktu yang singkat, seperti selama operasi saat Anda berada di bawah pengaruh bius total atau selama perawatan penyakit paru-paru serius atau kondisi lain yang memengaruhi pernapasan normal. Beberapa orang mungkin menderita kondisi di mana mereka perlu menggunakan ventilator untuk waktu yang lama atau bahkan selama sisa hidup mereka.

Banyak produk ventilator yang dijual di pasaran. salah satunya distributor alkes AGM Medica jual ventilator merk philips trilogy seperti yang di gambar utama artikel ini.

Bagaimana cara kerja ventilator?

Ventilator menggunakan tekanan untuk menghembuskan udara ke paru-paru. Tekanan ini dikenal sebagai tekanan positif. Seorang pasien biasanya menghembuskan udara sendiri, tetapi kadang-kadang ventilator melakukannya juga untuk mereka.
Jumlah oksigen yang diterima pasien dapat dikontrol melalui monitor yang terhubung ke ventilator. Jika kondisi pasien sangat rapuh, monitor akan diatur untuk mengirim alarm ke perawat, yang menunjukkan peningkatan tekanan udara.

Mesin tersebut bekerja dengan membawa oksigen ke paru-paru dan mengeluarkan karbon dioksida dari paru-paru. Hal ini memungkinkan pasien yang mengalami kesulitan bernapas untuk menerima oksigen dalam jumlah yang tepat. Ini juga membantu tubuh pasien untuk sembuh, karena menghilangkan energi ekstra dari pernapasan yang sulit.

Ventilator menghembuskan udara ke jalan napas melalui selang pernapasan. Salah satu ujung selang dimasukkan ke dalam batang tenggorokan pasien dan ujung lainnya dipasang ke ventilator. Tabung pernapasan berfungsi sebagai jalan napas dengan membiarkan udara dan oksigen dari ventilator mengalir ke paru-paru. Bergantung pada kondisi medis pasien, mereka mungkin dapat menggunakan masker pernapasan alih-alih tabung pernapasan.

baca juga :

Apa yang diharapkan saat menggunakan ventilator?

Apa yang diharapkan tergantung pada tingkat keparahan penyakit pasien. Misalnya, beberapa orang dapat melanjutkan aktivitas rutin, seperti membaca atau menonton televisi, sementara yang lain perlu ditahan untuk mencegah mereka mencabut saluran pernapasannya.

Pasien atau pengasuh juga perlu mempelajari cara memberikan penyedotan untuk mencegah lendir menyumbat saluran.

Ventilator biasanya tidak menimbulkan rasa sakit. Selang pernapasan di jalan napas pasien dapat menyebabkan ketidaknyamanan. Salah satu hal yang paling membuat frustrasi tentang penggunaan ventilator adalah pasien tidak dapat berbicara dan makan. Alih-alih makanan, tim perawatan kesehatan mungkin memberikan nutrisi melalui tabung yang dimasukkan ke pembuluh darah. Jika pasien menggunakan ventilator untuk waktu yang lama, mereka kemungkinan akan mendapatkan makanan melalui nasogastrik, atau selang makanan.

Ventilator sangat membatasi aktivitas pasien dan membatasi pergerakan mereka. Mereka mungkin dapat duduk di tempat tidur atau di kursi, tetapi biasanya tidak dapat banyak bergerak.

Hal yang menarik dari situasi ini adalah bahwa ventilator tidak menimbulkan rasa sakit pada pasien. Namun, ada masa transisi di mana pasien mungkin mengalami ketidaknyamanan saat mereka terbiasa dengan perangkat. Setelah kondisi pasien membaik, biasanya ada periode “menyapih” agar orang tersebut terbiasa bernapas sendiri sebelum melepaskan ventilator.

Reference: