satuan berat

Satuan Berat, Tangga Konversi, dan 2 Contoh Termudah

satuan berat

Satuan berat merupakan sebuah ilmu yang berkaitan dengan fisika maupun matematika. Menghitung satuan berat yang berhubungan dengan kehidupan sering dikaitkan dengan ilmu matematika.

Matematika merupakan salah satu pelajaran berhitung yang dipelajari dari kecil hingga perguruan tinggi. Matematika sangat dekat dengan kehidupan kita. Belajar berhitung sama dengan belajar matematika. Matematika tidak hanya mempelajari berhitung namun juga rumus, dan ukuran.

Banyak sekali materi dari matematika salah satunya adalah satuan berat yang merupakan standar ukuran yang digunakan untuk menyatakan berat dari suatu benda atau objek tertentu.

Menghitung satuan berat juga terkait dengan ilmu fisika. Dalam ilmu fisika benda memiliki berat yang menjadi gaya akibat adanya gravitasi berkaitan dengan massa benda. Berat benda sangat bermacam-macam tergantung dengan ukuran kecepatan gravitasi.

Untuk menghitung berat dengan cara meningkatkan massa benda dengan mempercepat. Hal ini dikarenakan adanya gravitasi benda. Oleh karena itu, berat benda di bumi akan berbeda dengan berat benda di luar angkasa. Ini disebabkan diluar angkasa tidak terdapat gaya gravitasi.

Gravitasi menjadikan kita berada pada posisi sebenarnya. Di luar angkasa tidak terdapat gaya gravitasi menyebabkan melayang-layang. Misalnya astronot yang terbang ke angkasa atau pergi ke bulan. di bulan astronot akan melayang-layang karena tidak adanya gravitasi.

Kali ini mimin sekilas info akan membahas salah satu pelajaran matematika tentang satuan berat yuk disimak!

1. Pengertian

Satuan berat adalah salah satu bagian pokok dalam sains yang juga dikenal sebagai massa. Dalam satuan berat memiliki standar internasional yaitu besaran kilogram (kg). Penggunaannya sangat dekat dengan kita misalnya adalah pembelian barang seperti gula, beras. Selain itu pembelian di toko bangunan juga menggunakan satuan ini. untuk menghitung satuan berat menggunakan alat yang bernama timbangan.

Selain timbangan, alat-alat untuk menghitung satuan berat adalah neraca dengan jenis neraca pegas, neraca elektronik, neraca dua lengan, dan neraca pegas.

Dalam satuan yang termasuk dalam satuaan berat standar internasional sebagai berikut:

-kwintal

-ton

-kilogram (kg)

-gram (g)

-dekagram (dag)

-centigram (cg)

-desigram (dg)

-miligram (mg)

Selain itu terdapat ons (100g = 1hg) dan pon (5 ons).

Konversi tangga satuan berat

Pada satuan berat kita mengenal adanya tangga. Tangga ini berguna untuk menghitung satuan berat dengan melakukan konversi satuan.

Berikut ini adalah konversi tangga dan tips menghitungnya:

satuan berat

Cara menghitung konversi diatas terbagi menjadi dua:

-setiap turun 1 tangga maka dikalikan 10

Misalnya anda akan menghitung dari dari kg atau kilogram ke hectogram atau ons maka 1kg sama dengan 10 ons.

Contoh lain:
anda memiliki gula 1kg. berapa gram gula yang tadinya 1kg itu?

Untuk menjawabnya adalah dari kilogram ke gram berapa konversi penurunan. Perlu diitung dengan menggunakan konversi setiap turun tangga x10.

Cara pertama adalah menghitung satu satu setiap turun tangga dikali 10. Seperti dari kg ke hg dikali 10, kemudian hg ke dag dikali 10, dag ke g dikali 10. Dari sini nampak terdapat 3x turun tangga sehingga dikali 1000. Jadi 1 kg = 1000 gr

Cara kedua adalah langsung menghitung berapa kali turun tangga dari kg ke g lalu setiap turun tangga ditambah 0 dibelakangnya. Misalnya kg ke hg hanya 10. Kg ke dag berarti 100. Dari kg ke g turun tangga 3 kali berarti mendapati 0 3x atau sama dengan 000. Jadi 1 kg adalah 1000 gr.

-setiap naik 1 tangga maka dibagi 10

Untuk menghitungnya adalah menggunakan permisalan contoh. Anda memiliki obat dengan berat 2mg lalu berapa cg. Untuk menghitung ini tinggal dibagi 10. Jadi 2mg dibagi 10 sama dengan 0,2. Dari 2 mg ke cg berarti 0,2 cg.

Menghitung satuan berat dari dg ke hg berarti dilakukan dengan membagi 10. Dari dg ke g dibagi 10, kemudian naik lagi dibagi 10. Jadi dg ke dag dibagi 100 karena naik 2 tingkat tangga. Berlanjut dari dg ke hg naik 3 tangga sehingga dibagi 1000.

contoh soal mengenai satuan berat dan konversinya.

1. 0,05 kg = …. Gram

Jawab :

0,05 x 1000 (karena turun 3 tangga) = 50 gram

2. 10 cg = … hg

jawab:

10 cg : 10000 (karena naik 4 tangga) = 0,001 hg

Demikian penjelasan mengenai satuan berat dan konversinya semoga dapat menambah wawasan anda. Have a nice day!

Baca Juga: 10 Rekomendasi Sewa Mobil Padang Terbaik


Baca juga: