materi IPA kelas 7

Kumpulan Materi Ipa Kelas 7

Sobat sedang mencari materi IPA kelas 7 ? Tepat sekali sobat berkunjung ke sekilasinfo karena kita akan membahas ilmu pengetahuan alam yang tentunya sangat menarik dengan segala hal uniknya.

Ilmu Pengetahuan alam adalah ilmu yang membahas tentang segala sesuatu yang terjadi di alam, termasuk sifat, gejala, asal mula alam semesta, proses terjadinya sesuatu, mekasnisme, sifat benda maupun peristiwa yang terjadi.

Baca Juga : Mengenal Fungsi Organel Sel Tumbuhan

Berikut Materi IPA kelas 7 beserta sub-bab :

Bab 1 Objek IPA dan Pengamatannya

1.1 Objek IPA mempelajari semua benda di semesta dari benda renik, partikel atom, makhluk hidup, sampai benda di luar angkasa seperti galaxy, bumi, planet, matahari, bulan, bintang dan lainnya. Ilmu Pengetahuan Alam pada materi IPA kelas 7  dikelompokkan menjadi 4 yaitu:

A) Fisika : meliputi energi, gaya, gerak, cahaya, dan gejala alam bersifat fisik lainnya.

B) Kimia : meliputi materi, penyusun dan perubahan zat.

C) Biologi : meliputi sistem kehidupan mulai dari yang berukuran renik hingga lingkungan yang luas.

D) Ilmu Bumi dan Antariksa : meliputi asal mula bumi beserta perkembangan dan keadaannya saat ini, bintang, planet, dan benda langit lainnya.

1.2 Besaran

Materi IPA kelas 7 yang wajib dibahas yaitu mengena besaran karena ini sangat penting untuk berbagai pengukuran.

Besaran merupakan sesuatu yang memiliki nilai dan satuan. Besaran dibagi menjadi 4 macam yaitu Besaran Pokok, Besaran Turunan (luas, volume, massa jenis, kecepatan, berat, berat jenis, dan percepatan), Besaran Vektor, dan Besaran Skalar.

1.3 Satuan merupakan ukuran dari besaran tertentu. Satuan Internasional (SI) merupakan sistem satuan yang berlaku, mudah ditiru, dan bersifat tetap adalah syarat satuan yang baik. Macam-macam satuan ada 2 yaitu :

A) Satuan pokok merupakan satuan dari besaran pokok. Misalnya, meter satuan panjang, kilogram satuan massa, sekon atau detik satuan waktu, kelvin satuan suhu, ampere satuan kuat arus listrik, dan candela satuan intensitas cahaya.

B) Satuan turunan merupakan adalah satuan dari besaran turunan.

Baca Juga :  Kumpulan Materi Ipa Kelas 8

1.4 Pengukuran

A) Pengukuran satuan baku merupakan pengukuran yang memiliki satuan bernilai tetap. Misalnya, pengukuran panjang menggunakan penggaris yang menghasilkan angka dengan satuan meter. Penggunaan alat ukur untuk menghasilkan satuan baku sangatlah diperlukan, karena alat ukur telah memiliki ukuran yang pasti serta tertulis. Sobat dapat menguku menggunakan penggaris, meteran, ataupun timbangan.

B) Pengukuran satuan tidak baku yaitu pengukuran yang memiliki satuan bernilai berbeda. Misalnya, dengan ukuran jengkal tangan, langkah kaki, depa, hasta. Padahal panjang tangan, jari, dan kaki seseorang dengan yang lain berbeda sehingga menghasilkan nilai pengukuran yang berbeda setiap orang.

Bab 2

Materi IPA kelas 7 membahas mengenai klasifikasi makhluk hidup dan berbagai jenisnya :

2.1 Klasifikasi Makhluk Hidup 

Dasar – dasar klasifikasi makhluk hidup yaitu :

1). Klasifikasi berdasarkan kesamaan dan ciri – ciri yang dimiliki
2). Klasifikasi berdasarkan ciri – ciri bentuk tubuh (Morfologi) dan organ dalam tubuh (anatomi)
3). Klasifikasi berdasarkan ukuran, tempat hidup, cara hidup, dan manfaatnya

Kriteria Klasifikasi Tumbuhan

1). Berdasarkan organ reproduksinya : menggunakan spora atau bunga
2). Berdasarkan habitusnya : termasuk perdu, semak, atau pohon
3). Berdasarkan bentuk dan ukuran daun : termasuk melengkung, menjari, sejajar, atau menyirip
4). Berdasarkan cara berkembangbiak : dengan seksual (generatif) atau aseksual (vegetatif)

Kriteria Klasifikasi Hewan :

1). Saluran pencernaan makanan : hewan tingkat rendah tidak punya, hewan tingkat tinggi punya saluran pencernaan makanan
2). Kerangka tubuh (skeleton) : kerangka luar (eksoskeleton) atau kerangka dalam (endoskeleton)
3). Anggota gerak : dengan kaki atau bukan kaki

2.2 Monera, Protista, dan Jamur

Materi IPA kelas 7 berikutnya yang unik yaitu klasifikasi makhluk hidup karena mereka memiliki berbagai bentuk dan ciri-ciri yang antimaenstrem. Mereka dikelompokkan berdasarkan Kingdomnya yaitu :

1). Monera dan Protista

materi IPA kelas 7

2). Jamur (Fungi)

materi IPA kelas 7

3). Tumbuhan (Plantae)

Tumbuhan memiliki berbagai pengelompokan. Akan tetapi, secara garis besar dikelompokkan menjadi tumbuhan gymnospermae dan angiospermae.

4). Hewan (Animalia).

Materi IPA kelas 7 yang tidak kalah penting yaitu hewan karena kita hidup bersama hewan dan beberapa hewan yang kita konsumsi harus mengerti apakah boleh dikonsumsi atau tidak serta ciri-cirinya.

2.3 Avertebrata dan Vertebrata

1. Avertebrata

materi IPA kelas 7

Avertebrata merupakan hewan tak bertulang belakang. Avertebrata dibagi menjadi 8 yaitu :  hewan berpori (Porifera), hewan berongga (Coelenterata), cacing pipih (Plathyhelminthes), cacing gilig (Nemathelminthes), cacing berbuku – buku (Annelida), hewan lunak (Mollusca), hewan beruas – ruas (Arthropoda) dan hewan berkulit duri (Echinodermata).

2. Vertebrata

materi IPA kelas 7

Vertebrata adalah hewan yang memiliki tulang belakang. Vertebrata ada 5 filum yaitu Kelompok Ikan (Pisces), Amphibia, Kelompok unggas (Aves), hewan melata (Reptilia) dan hewan menyusui (Mammalia).

Baca Juga : Cara Penulisan Angka Romawi 1 sampai 10 Yang Benar

3. Rumus Kimia Sederhana

Materi IPA kelas 7 selanjutnya yaitu rumus kimia yang memiliki 3 ketentuan yaitu :

1).  Rumus kimia yang memiliki angka dibelakang unsur kimia dengan tulisan angka kecil, menyatakan jumlah atom yang ada dalam unsur tersebut. 

2. Metode Pemisahan Campuran

Sekilasinfo akan membahas metode pemisahan campuran yang memiliki berbagai jenis yang tentunya sangat menarik dari bagian materi IPA kelas 7 ini diantaranya:

  • Filtrasi yaitu metode penyaringan untuk memisahkan cairan dan padatan yang tidak larut. Misalnya pemurnian air di industri air mineral.
  • Sentrifugasi yaitu metode memisahkan partikel dengan jumlah yang lebih sedikit. Misalnya memisahkan sel darah putih dengan sel darah merah dari plasma darah. Prinsip kerjanya yaitu listrik yang berputar.
  • Distilasi yaitu metode penyulingan yang memisahkan zat cair dari campurannya. Mislanya distilasi pada industri minyak bumi yang menghasilkan bahan bakar. Prinsip kerjaanya dengan perbedaan titik didih zat cair.
  • Kromatografi yaitu metode dengan perbedaan kecepatan merambat antar partikel zat. Ada 3 jenis yaitu kromatografi kertas, lapis tipis, dan gas.  Misalnya pengidentifikasian hasil pertanian dan untuk mengets narkoba urin.
  • Sublimasi yaitu metode untuk merubah zat gas dari padat. Misalnya memisahkan garam menjadi yodium.

3. Perubahan Materi

Pembahasan selanjutnya materi IPA kelas 7 yaitu berbagai perubahan materi yang tentunya tidak kalah menarik untuk dibahas.

  • Sifat fisika yaitu sifat yang fisik yang terlihat seperti warna, bau, bentuk, ukuran, titik didih, massa jenis, dll.
  • Sifat Kimia yaitu sifat yang mudah ataupun sulit bereaksi secara kimia.
  • Massa Jenis merupakan perbandingan massa benda dengan volumenya.
  • Perubahan fisika yaitu zat baru yang terbentuk tidak disertai perubahan.
  • Perubahan kimia yaitu yang menciptakan zat baru.
  • Reaksi Pengendapan yaitu reaksi yaang menjadi senyawa zat padat.

Baca juga: