fungsi organel sel tumbuhan

Mengenal Fungsi Organel Sel Tumbuhan

Apakah sobat tahu tentang Fungsi Organel Sel Tumbuhan? Yak tepat sekali sobat berkunjung ke sekilasinfo karena kita akan mengulas semua tentang berbagai macam fungsi organel sel tumbuhan.

Sel adalah unit terkecil dari makhluk hidup tetapi jangan hanya melihat dari ukuran. Si kecil ini memiliki beragam fungsi penentu kehidupan tumbuhan loh sobat jadi jangan sepelekan fungsinya. Tumbuhan memiliki beragam bagian organel. Bagian-bagian organ tersebut antara lain: ribosom, nukleus, badan golgi, vakuola, mitokondria, kloroplas, peroksisom, dan retikulum endoplasma.

Baca Juga : 10 Rekomendasi Sewa Crane Bogor Terbaik

Bentuk dan Fungsi Organel Sel Tumbuhan :

Sel tumbuhan memiliki 3 bagian utama yaitu membran sel, inti sel, dan sitoplasma. Berikut penjelasannya :

1. Nukleus

fungsi organel sel tumbuhan

Nama lain nukleus yaitu Inti Sel. Dia merupakan organel yang memiliki posisi paling penting pada tumbuhan. Nukleus tersusun atas materi genetik tumbuhan yang disebut kromosom. Fungsi organel sel tumbuhan ini yaitu pengatur segala kegiatan sel pada tumbuhan.

2. Vakuola

fungsi organel sel tumbuhan

Vakuola adalah bagian yang digunakan untuk penyimpanan sel. Dia memiliki ukuran lebih besar dibanding organel lainnya. Bentuknya seperti kantong yang menampung cairan organik dan anorganik. Selain cairan ada juga gula dan protein. Vakuola punya sistem utama menstabilkan PH, mengatur tekanan sel, dan membagi sisa  zat metabolisme sel. Vakuola juga memiliki lapisan membran disebut tonoplas.

3. Kloroplas

fungsi organel sel tumbuhan

Kloroplas adalah organel  yang memiliki zat hijau daun. Fungsinya memproduksi makanan dan melakukan fotosintesis tumbuhan. Bentuknya silinder menyerupai kacang hijau. Kloroplas memiliki membran dalam yang terdiri tilakoid dan stroma yang berbentuk cair. Rongga pada tilakoid dan kloroplas akan terisi stroma sampai penuh. Rongga ini berbentuk kantong kecil seperti tumpukan vertikal.

Baca Juga : Kumpulan Materi Ipa Kelas 7

4. Retikulum Endoplasma

fungsi organel sel tumbuhan

RE berfungsi sebagai penghubung antara sitoplasma dan nukleus. Fungsinya mentransfer sisa lemak untuk dijadikan sebagai cadangan makanan. RE berbentuk liku-liku. RE kasar memiliki permukaan yang ditempeli butiran ribosom sedangkan RE halus tidak ditempeli butiran. Selain itu RE juga memiliki beragam fungsi yaitu :

  1.  materi-materi yang  disekresikan akan Transpor intraseluler
  2. Alat transportasi zat-zat di dalam sel itu sendiri
  3. Mendukung pembentukan vakuola
  4. Membentuk membran badan golgi

5. Mitokondria

fungsi organel sel tumbuhan
Struktur Mitokondria

Bentuknya seperti kapsul obat yang mengandung enzim untuk memecah karbohidrat menjadi bentuk yang lebih sederhana. Fungsinya untuk memberikan asupan energi dalam bentuk ATP yang berguna menjaga keseimbangan.

6. Peroksisom

fungsi organel sel tumbuhan

Letak peroksisom berada di sitoplasma. Ciri-cirinya berukuran kecil dan memiliki lapisan membran tunggal. Fungsi organel sel tumbuhan adalah mengubah asam lemak menjadi komponen gula yang bermanfaat untuk proses metabolisme dan mengubah racun menjadi air yang dilakukan oleh 40 enzim.

Baca Juga : Kumpulan Materi Ipa Kelas 8

7. Badan Golgi

fungsi organel sel tumbuhan

Bentuknya kantong tipis yang tersusun berlapis. Badan golgi punya bentuk yang sama dengan RE. Akan tetapi, perbedaanya ada pada membran kantong. Fungsi organel sel tumbuhan  badan golgi  adalah memproduksi zat kimia sel dan menyimpan cadangan protein sel.

8. Ribosom

fungsi organel sel tumbuhan

Bagian yang satu ini tentunya sangat menarik karena ribosom merupakan butiran yang dihasilkan nukleoprotein maka bentuknya kecil. Sifatnya bebas dan terikat. Meskipun memiliki dua sifat, mereka memiliki fungsi yang sama yaitu memproduksi protein pada sel tumbuhan. Ribosom mengandung asam ribonukleat sebanyak 60% dan protein 40%.

9. Plastida

Plastida dibagi menjadi tiga jenis, yaitu:
1. Leukoplas adalah plastida warna putih berfungsi sebagai tempat menyimpan makanan. Leukoplas terdiri dari:

  • Amiloplas ( menyimpan amilum)
  • Elaioplas/Lipidoplas (menyimpan lemak/minyak)
  • Proteoplas ( menyimpan protein)

2. Kloroplas adalah plastida warna hijau. Plastida ini berfungsi menghasilkan klorofil dan sebagai tempat berlangsungnya fotosintesis.

3. Kromoplas adalah plastida yang tersusun pigmen. Kromoplas terdiri dari:

  • Karotin (kuning)
  • Fikodanin (biru)
  • Fikosantin (kuning)
  • Fikoeritrin (merah)

Setiap organ memiliki bentuk, fungsi, sifat, dan ciri yang berbeda-beda. Hal tersebut telah didesain Sang Pencipta sedemikian rupa agar dapat saling melengkapi satu denga  lainnya sehingga tumbuhan bisa tetap hidup dan menyesuaikan dengan lingkungannya. Sekian ulasan tentang fungsi organel sel tumbuhan semoga bermanfaat.


Baca juga: