ipa kelas 8

Kumpulan Materi Ipa Kelas 8

Sobat sedang mencari materi ipa kelas 8? Yak tepat sekakli sudah berkunjung ke sekilasinfo yang akan membahas secara mendetail materi tersebut.

Kurikulum yang digunakan sekarang untuk ipa kelas 8 yaitu kurikulum revisi K13. Yang tentunya semakin sulit untuk dipahami. Materi yang dahulu diberikan pada siswa SMA sekarang sudah diberikan di SMP. Sehingga para murid SMP bahkan orang tuanya berkeluh kesah kesulitan materi tersebut. Akan tetapi, sobat tidak perlu khawatir, materi yang sekilasinfo sangat mirip dengan pelajaran sekolah sehingga bisa dijadikan referensi untuk menyelesaikan tugas.

Baca Juga : Kumpulan Materi Ipa Kelas 7

Kumpulan-Kumpulan Materi IPA Kelas 8:

Bab 1 Sistem Rangka, Sendi, dan Otot

ipa kelas 8

1.1 Sistem Gerak Manusia (Rangka)

Materi ipa kelas 8 yang akan kita bahas pertama yaitu rangka manusia digunakan untuk melindungi organ di dalam badan manusia, sebagai sistem alat gerak, menempelnya otot, dan menopang tubuh sobat. Bagian-bagian tulang diantaranya :

  • Periosteum : membran yang menempel kuat pada tulang, berfungsi untuk pertumbuhan dan perbaikan tulang.
  • Tulang keras : mengandung sel – sel tulang, pembuluh darah, serabut elastis, zat kapur dan fosfor.
  • Tulang Spons : mengandung sel – sel tulang, pembuluh darah, serabut elastis, zat kapur dan fosfor.

Sedangkan bentuk tulang yang dibahas pada materi ipa kelas 8 hanya ada 4 macam yaitu :

  • tulang panjang misalnya tulang lengan (humerus),
  • tulang pipih misalnya tulang dada (sternum),
  • tulang pendek misalnya tulang ruas jari (falang) dan
  • tulang tidak beraturan misalnya tulang belakang (vertebra).

1.2 Sendi

Selanjutnya materi ipa kelas 8  yang tidak kalah menarik yaitu macam-macam sendi :

  • sendi geser : sendi yang menghubungkan 2 tulang yang punya permukaan datar. Contoh pergelangan tangan dan kaki.
  • sendi peluru : berbentuk peluru.
  • sendi engsel : digerakkan 2 arah. contoh siku dan lutut

1.3 Otot

Otot termasuk materi ipa kelas 8 yang penting juga karena mereka digunakan untuk menggerakna anggota gerak tubuh manusia. Prinsip kerja otot ada 3 yaitu :

  • berlawanan seperti otot bisep dan trisep,
  • sadar (volunteer) seperti otot rangka
  • Tidak bisa disadari (involunteer) seperti otot polos dan otot jantung.

Sedangkan macam-macam otot antara lain :

  • otot rangka : otot yang paling banyak terdapat didalam tubuh. Ciri – cirinya : melekat pada tulang, sel – sel ototnya bergaris – garis melintang (otot lurik), cara kerjanya volunteer, cepat kontraksi dan cepat lelah.  Otot rangka melekat pada tulang dengan perantara tendon.
  • otot polos : pada dinding lambung, usus halus, rahim, dan organ dalam lainnya. Ciri – cirinya : berbentuk gelendong dan memiliki inti pada tiap selnya, bersifat involunteer, berkontraksi dan relaksasi secara lambat dan tidak mudah lelah.
  • otot jantung : Ciri – cirinya : seperti otot lurik tetapi bergelendong, bersifat involunteer, inti sel berada di tengah, berkontraksi secara cepat dan berirama.

Bab 2 Sistem Gerak  Tumbuhan

ipa kelas 8

Gerak pada tumbuhan ada yang diajarkan pada materi ipa kelas 8 hanya ada 3 macam antara lain :

  • gerak Endonom : gerak yang terjadi dari dalam sel tubuh tumbuhan. Contohnya, gerak kloroplas pada daun hidrilla (Hydrilla verticillata).
  • Higroskopis : gerak karena adanya perubahan kadar air dalam sel secara tidak merata. Contohnya membukanya buah polong – polongan seperti kedelai (Glycine max) dan membukanya dinding sporangium pada tumbuhan paku.
  • Eksionom : gerak yang dipengaruhi oleh arah datangnya rangsang dari luar. Gerak tumbuhan yang mendekati arah datangnya rangsang dinamakan tropisme positif, sedangkan yang menjauhi datangnya rangsang dinamakan tropisme negatif.

Baca Juga : Cara Penulisan Angka Romawi 1 sampai 10 Yang Benar

Bab 3 Sistem Pencernaan Manusia

Materi ipa kelas 8 selanjutnya yang penting yaitu sistem pencernaam manusia karena jika tidak ada mereka sobat akan merasakan lapar terus menerus. Setiap hari sobat makan makananan yang lezat menggunakan organ pencernaan yang memiliki peran tersendiri dalam mencernanya. Mari kita bahas satu persatu sistem pencernaan manusia :

  • Gigi berperan menghaluskan makanan. Gigi manusia ada 3 jenis yaitu memotong makanan dilakukan gigi seri, menyobek makanan dilakukan gigi taring, dan mengunyah dilakukan gigi geraham. Para anak memiliki 20 sedangkan para orang dewasa memiliki 32 gigi.
  • Lidah berperan mengecap makanan dan membantu menelan makanan. Kelenjar ludah berfungsi menghasilkan 1,6 liter air ludah per hari dan menghasilkan enzim ptialin (amilase). Enzim amilase berfungsi mengubah zat tepung (amilosa) menjadi gula (maltosa).
  • Kerongkongan  merupakan penghubung antara rongga mulut dengan lambung. Pada kerongkongan terdapat faring (tekak) yang dipangkalnya terdapat katup pernapasan (epiglotis).Epiglotis akan membuka apabila kita bernapas dan akan menutup apabila kita sedang makan. Hal ini agar makanan tidak masuk ke saluran pernapasan.
  • Lambung terjadi pencernaan mekanis dan pencernaan kimiawi. Getah lambung mengandung asam klorida (HCl), enzim pepsin dan renin.
  • Usus halus punya panjang sekitar 8,25 m.Usus halus ada 3 yaitu usus 12 jari (duodenum) : 0,25 m; usus tengah (jejunum) : 7 m dan usus penyerapan (ileum) : 1 m. Dalam usus halus, terjadi pencernaan secara kimiawi.
  • Getah pankreas akan menghasilkan enzim amilase yang mencerna amilum menjadi maltosa, enzim lipase mencerna lemak menjadi asam lemak dan gliserol, serta enzim tripsin.

ipa kelas 8

Baca Juga : Mengenal Fungsi Organel Sel Tumbuhan

Bab 4 Zat Aditif dan Zat Adiktif

ipa kelas 8

Sekilasinfo akan membahas Zat adiktif yang termasuk bagian penting materi ipa kelas 8. Zat adiktif merupakan zat yang menyebabkan ketergantungan. Contoh zat adiktif alami yaitu kafein pada kopi dan thein pada teh. Selain itu, zat adiktif dikelompokkan menjadi 3 yaitu :

  • narkotika : zat adiktif berasal dari tumbuhan dan  menyebabkan penurunan kesadaran, mengurangi rasa nyeri dan menyebabkan ketergantungan penggunanya.
  • psikotropika : mengandung psiko-aktif yang  mempengaruhi mental dan fisik seseorang. Misalnya, orang yang sulit tidur bila meminum obat tidur.
  • zat adiktif lainnya : Stimulan, Sedatif/Hipnotika dan Halusinogen. Stimulan adalah zat adiktif yang dapat meningkatkan detak jantung, laju pernapasan dan tekanan darah. Stimulan membuat seseorang lebih siaga dan tidak merasakan lelah, contohnya kafein, nikotin, kokain dan metamfetamin.

ipa kelas 8

Sedangkan lawan dari zat adiktif dari materi ipa kelas 8 yaitu Zat aditif. Zat aditif merupakan bahan yang ditambahkan kedalam makanan atau minuman dalam jumlah kecil saat pembuatan makanan. Dengan tujuan memperbaiki tampilan, rasa, tekstur, aroma, memperkuat daya simpan, meningkatkan gizi.

  • Zat aditif alami merupakan zat yang dapat mengawetkan, menyedapkan, memaniskan, pewarna makanan dengan bahan yang didapat dari alam seperti tumbuh-tumbuhan . Contohnya daun pandan, alga, penyedap dari kalu daging.
  • Zat aditif buatan merupakan  zat aditif yang dibuat manusia, diperoleh dari reaksi kimia dan bahan bakunya menggunakan bahan kimia. Digunakan dengan  takaran tertentu dan disesuaikan fungsinya. Jika disalahgunakan dapat membahayakan sobat. Contohnya : pengawet dari asam benzoat, pemanis dari sakarin.

Demikian ulasan materi ipa kelas 8 yang dapat sekilasinfo bahas. Semoga bermanfaat menambah wawasan semesta alam ini yang unik-unik yang diciptakan Tuhan dengan sedemikian rupa saling mendukung antar satu dengan yang lainnya.


Baca juga: