Pengertian Apa Itu Tawaf?

Apa itu tawaf

Kamu sedang mencari informasi tentang apa itu tawaf? Tepat sekali kamu berkunjung pada artikel ini di Sekilasinfo. Dalam suatu rangkaian ibadah haji dan umrah, terdapat suatu kegiatan yang dinamakan tawaf. Untuk mengerti apa itu tawaf? Tawaf sendiri adalaah kegiatan dalam ibadah haji dan umroh yaitu mengelilingi ka’bah sebanyak tujuh kali putaran.

Jenis pada tawaf terdapat berbagai macam. Para jamaah yang melakukan ibadah haji atau umroh harus mengetahui bagaimana cara pelaksanaan dari kegiatan tawaf ini karena terdapat jenis tawaf yang termasuk rukun ibadah haji atau umroh sehingga apabila tidak dilaksanakan maka ibadah haji atau umroh tersebut menjadi batal. Selain hal tersebut para jamaah dianjurkan juga untuk mengerti tengan hal-hal yang disunahkan untuk dilakukan sehingga tawaf yang dilakukan menjadi lebih baik.

Secara lengkapnya, simak pembahasan sebagai berikut:

Pengertian tawaf

Pengertian Apa Itu Tawaf? 1

Tawaf merupakan salah satu rukun dalam pelaksanaan ibadah haji dan juga umroh, kegiatan ibadah yang melakukan kegiatan mengelilingi ka’bah sebanyak 7 kali disebut tawaf. Kegiatan ini menjadi salah satu amal ibadah yang dilaksanakan oleh para jamaah saat melakukan ibadah haji atau umroh. Terdapat suatu firman Allah yang berisi perintah untuk melakukan tawaf, yaitu Q.S Al-Hajj ayat 29 yang berbunyi:

ثُمَّ لْيَقْضُوْا تَفَثَهُمْ وَلْيُوْفُوْا نُذُوْرَهُمْ وَلْيَطَّوَّفُوْا بِالْبَيْتِ الْعَتِيْقِ

Artinya: Kemudian, hendaklah mereka menghilangkan kotoran (yang ada di badan) mereka, menyempurnakan nazar-nazar mereka dan melakukan tawaf sekeliling rumah tua (Baitullah).

Jenis-Jenis Tawaf

Pengertian Apa Itu Tawaf? 2

Tawaf sendiri terbagi menjadi berbagai macam jenis, dan hal tersebut juga terdapat perbedaan hukum pelaksaannya. Berikut ini merupakan jenis tawaf dan hukum pelaksanaannya:

  1. Tawaf Qudum

Apa itu tawaf qudum? Tawaf qudum atau yang disebut juga sebagai tawaf Dukhul adalah tawaf yang dilakukan setelah sampai di kota Makkah. Jadi, tawaf ini merupakan tawaf selamat datang bagi para pendatang. Setiap kali Rasulullah SAW masuk ke Masjidil Haram, beliau selalu melakukan tawaf Qudum sebagai penggati sholat Tahiyatul Masjid.

Tawaf Qudum hukum pelaksanaannya adalah sunnah, jadi jika tidak dilaksanakan tidak akan membatalkan pelaksanaan ibadah haji atau umroh. Namun alangkah baiknya tetap dilaksanakan agar ibadah haji atau umroh yang dilaksanakan menjadi lebih sempurna. Dalam pelaksanaan tawaf Qudum hanya perlu cukup berjalan biasa saja tidak perlu berlari-lari, bagi Wanita yang sedang haid atau nifas dilarang untuk melaksanakan tawaf Qudum.

  1. Tawaf Tathawwu

Apa itu tawaf tathawwu? tawaf tathawwu sendiri adalah tawaf yang bisa dilaksanakan kapan saja. Fungsi dari tawaf tathawwu adalah sebagai ganti dari sholat Tahiyatul Masjid pada saat seseorang memasuki Masjidil Haram.

  1. Tawaf Ifadah

Apa itu tawah ifadah? Tawaf ifadah sendiri adalah tawaf yang berfungsi sebagai tawaf ziarah atau disebut juga tawaf rukun. Tawaf ifadah merupakan salah satu dari rukun haji sehingga hal ini wajib dilakukan, apabila tidak dilakukan maka ibadah haji akan menjadi batal. Lalu untuk pelaksanaan tawaf ifadah diutamakan pada tanggal 10 Dzulhijjah, dilakukan setelah melempar jumrah aqabah dan tahallul atau pencukuran rambut. Selain itu, tawaf ifadah juga sebaiknya dilakukan sebelum berakhirnya hari-hari tasyriq yaitu pada tanggal 11, 12, dan 13 Dzullhijah.

  1. Tawaf Wada

Apa itu tawaf wada? tawaf wada adalah tawaf yang berfungsi sebagai tawaf perpisahan yang biasa juga disebut sebagai tawaf Shadar (tawaf Kembali). Apa itu tawaf kembali? yaitu tawaf yang dilakukan para jamaah yang akan meninggalkan Makkah dan Kembali ke tempat asalnya masing-masing. Hukum tawaf ini adalah wajib sehingga apabila anda jamaah tidak melaksanakan tawaf ini maka jamaah haji harus membayar dam. Dam dapat dibayarkan dengan cara membayar fidyah atau berpuasa selama 10 hari, yaitu dengan 3 hari saat di tanah suci dalam keadaan masih melaksanakan ibadah haji, dan 7 hari di tanah air.

Tata cara thawaf

Pengertian Apa Itu Tawaf? 3

  1. Memenuhi syarat suci dari hadas, najis, dan menutup aurat.
  2. Melakukan syarat sholat, yaitu bersuci dari hadas dan najis, niat, dan menutup aurat. Pada saat tawaf tetap diperbolehkan untuk berkomunikasi dengan orang lain.
  3. Pundak sebelah kiri jamaah harus lurus ke arah kiblat dan tidak diperbolehkan menoleh ke belakang.
  4. Putaran tawaf dilakukan secara berlawanan dengan arah jarum jam serta dimulai dari titik tempat hajar aswad.
  5. Putaran pada tawaf dilakukan sebanyak tujuh kali putaran.
Baca Juga: Rekomendasi Wisata Timur Tengah Bersejarah Islam

Sunnah Pada Saat Melaksanakan Tawaf

Pengertian Apa Itu Tawaf? 4

Dalam melaksanakan tawaf, ada beberapa sunnah yang dapat dilaksanakan oleh para jamaah haji/umroh, di antaranya:

  1. Sebaiknya tawaf dilakukan dengan cara berjalan kaki, namun terdapat pengecualian bagi para jamaah haji atau umroh yang memiliki kekurangan atau sedang sakit.
  2. Jamaah disunnahkan untuk mencium Hajar Aswad setiap kali jamaah melintasinya. Namun apabila tidak bisa mencium Hajar Aswad, para jamaah haji atau umroh pun dapat memberikan suatu isyarat pada saat hendak mencium Hajar Aswad. Hal tersebut bertujuan agar para jamaah tidak kesulitan saat hendak mencium Hajar Aswad tersebut.
  3. Saat melaksanakan tawaf, disunnahkan untuk melakukan jalan cepat pada putaran 1-3 dan berjalan biasa pada putaran 4-7.
  4. Para jamaah disunnahkan untuk melaksanakan sholat sunnah dua rakaat di belakang makam Ibrahim setelah selesai melaksanakan kegiatan tawaf.

Demikianlah pembahasan tentang apa itu tawaf, jenis-jenisnya, tata cara tawaf, dan sunnah-sunnah dalam pelaksanaan ibadah tawaf. Semoga hal tersebut dapat bermanfaat bagi anda  dalam menambah wawasan tentang apa itu tawaf, sehingga menjadi pahala khususnya bagi saya.

Have A Nice Day 😊


Baca juga :