Rekomendasi Tempat Wisata Bersejarah Islami – Sudah tak heran bila pada waktu ini banyak dari jamaah umroh yang menyempatkan waktunya untuk liburan di Arab Saudi. Biasanya jamaah umroh datang tidak hanya untuk menikmati pemandangan kota saja, tetapi juga berziarah ke tempat yang bersejarah.

Di kota suci umat Islam ini, banyak tempat wisata yang menarik dikunjungi yang bisa dijadikan sebagai destinasi wisata dalam memperpanjang kunjungan di salah satu negara Timur Tengah ini.

Nah, untuk itu ada beberapa Rekomendasi Tempat Wisata Bersejarah Islami yang terpopuler yang wajib kamu kunjungi nih setelah menyelesaikan ibadah umroh. Simak selengkapnya di bawah ini!

Wisata Pasar Kurma Madinah

Pasar Kurma MadinahAda satu jenis buah yang identik dengan Arab, yaitu buah kurma. Dan di pasar inilah para wisatawan yang ingin membeli buah kurma, baik dinikmati sendiri maupun untuk oleh-oleh bisa didapatkan. Memang Madinah adalah kota yang terkenal dengan segala sesuatunya yang serba mahal, namun khusus di pasar satu ini, ada beragam jenis kurma yang harganya dibanderol secara bervariasi dan bisa disesuaikan dengan kantong para pembeli.

Baca Juga : Sejarah Sang Juru Kunci Kabah di Tanah Suci Mekah

Wisata Madain Saleh

Madain SalehInilah sebuah kota tua yang bisa ditemukan ketika menjejakkan kaki di sebelah utara Madinah dan sebagai salah satu dari World Heritage Site atau situs warisan dunia, Madain Saleh menjadi kebanggaan Arab Saudi. Pernah ditemukan batu-bata yang diperkirakan dari bangunan rumah warga dan para arkeolog pun menganggapnya sebagai peninggalan dari umat Nabi Saleh.

Tidak hanya batu-bata, ada juga beberapa batu karang yang ditemukan oleh para arkeolog yang merupakan hasil budaya kaum Tsamud, ada juga tembikar dan lain sebagainya di Jabal Athlab. Karena kepandaian dan keterampilannya, barang yang diperdagangkan pada masa lampau adalah hasil ukiran mereka sendiri, namun ada juga yang tidak dijual namun digunakan sendiri untuk hiasan rumah mereka. Jumlah monument pemakaman yang terbuat dari batu ada sekitar 131 jumlahnya di kota yang luasnya mencapai 4.010 hektar ini. Al-Hijr adalah nama lainnya dan di sinilah tempat di mana ada banyak penemuan sisa peradaban Nabatean.

Baca Juga: Aturan Penyelenggaraan Haji yang Dikeluarkan oleh Pemerintah Indonesia

Wisata Tayma

Tayma berlokasi di sebelah barat laut Arab Saudi, Tayma ini dikenal sebagai sebuah oase yang berukuran besar dan memiliki sejarang panjang akan pemukiman. Bila dari kota Madinah, Tayma ada di sekitar 400 kilometer sebelah utaranya, dan bila dari kota Tabouk, Tayma ini berada di sebelah tenggaranya dengan jarak kurang lebih 264 kilometer.

Tempat ini menurut catatan sejarah yang ada adalah tempat yang menunjukkan kemakmuran pemukiman Yahudi Kemakmuran tersebut meliputi adanya sumber air, banyaknya sumur, dan bangunan-bangunan yang kelihatan megah. Beberapa wisatawan akan tertarik dengan wisata religi, dan Tayma merupakan tempat yang pas untuk menambah pengetahuan dan pengalaman sekaligus sebab memang dari dulu Tayma ini merupakan salah satu tempat menonjol di Arab Saudi, terutama di abad ke-7 SM.

Baca Juga : 8 Keistimewaan Ibadah Umroh yang Harus Anda Ketahui

Nah itulah Rekomendasi Tempat Wisata Bersejarah Islami dari kami. Sudahkah anda tahu tentang Hasuna Tour Haji & Umroh? Hasuna Tour Haji & Umroh merupakan perusahaan Haji & Umroh yang pertama di Jogja dan Tertua Hasuna Tour sudah berdiri sejak tahun 1997 dengan nama PT. Hasuna Intan Permata. Hasuna menyediakan berbagai paket pilihan Haji dan Umrah. Paket haji yang disediakan oleh hasuna antara lainnya adalah Paket Haji Khusus dan Paket Haji Furoda. Untuk paket umroh Jogja di Hasuna Tour Haji & Umroh terdapat beberapa paket umroh jogja.