manfaat portofolio

Kenali Manfaat Portofolio Untuk Diri Sendiri

Masih banyak orang yang belum menyadari manfaat dari membuat portofolio. Padahal, sangat penting untuk mendukung karir mereka di masa depan. Setiap pekerjaan yang kita lamar biasanya memiliki sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi, salah satunya adalah menyertakan portofolio. Seorang pengusaha akan lebih mempercayai kandidat yang memberikan contoh pekerjaan karena mereka dapat langsung mengevaluasi hasil pekerjaan mereka.

Jadi apa manfaat portofolio? Untuk memuaskan rasa penasaran anda, kami telah merangkumnya untuk anda di sini.

1. Menunjukan Profesionalisme

Tidak dapat dipungkiri bahwa melalui portofolio, anda akan terlihat profesional di mata orang lain, terutama saat melamar pekerjaan di suatu perusahaan.

Saat mencari pekerjaan, pemberi kerja dapat mengetahui kualitas anda terlebih dahulu berkat portofolio yang telah dibuat. Salah satu cara terbaik untuk membuat portofolio adalah dengan membuat website.

Website yang bagus untuk membuat portofolio yaitu dengan menggunakan domain id. anda bisa cari domain id di Domainesia yang merupakan salah satu penyedia domain dan hosting di Indonesia.

Melalui website anda dapat membagikan katalog karya, gambar, video, dan lainnya dengan orang-orang di seluruh dunia.

Namun, bagaimana anda membuat website anda sendiri?

Jangan khawatir, saat ini banyak sekali website yang bisa digunakan dengan mudah untuk membuat website seperti WordPress, Blogspot, Wix dan lain-lain.

2. Membuka potensi untuk mendapatkan pelanggan

Menurut Skill Share, portofolio yang sangat penting bagi para freelancer dalam mencari klien. Mengapa ini penting? Karena, berkat portofolio yang anda buat, klien dapat merasakan pekerjaan anda secara langsung. Jika mereka tertarik dengan pekerjaan anda, klien dapat menghubungi anda dan mengundang anda untuk berkolaborasi dalam sebuah proyek.

Misalnya, anda seorang penulis lepas dan membuat blog bertema perjalanan. Secara kebetulan, sebuah biro perjalanan menemukan blog anda dan sangat tertarik dengan pekerjaan anda. Sayangnya, manfaat dari portofolio ini saja terkadang tidak disadari oleh sebagian besar orang.

3. Membangun Personal Branding

Dalam portofolio anda, anda pasti ingin menunjukkan karya yang ingin anda tunjukkan kepada orang-orang melalui website anda.

Jadi, seiring berjalannya waktu, personal brand anda akan tertata rapi melalui portfolio yang telah dibuat.

Misalnya, anda adalah seorang fotografer luar ruangan. Foto anda telah dipublikasikan di website dan telah dilihat oleh banyak orang.

Ketika orang menyukai karya anda, mereka mengenali anda sebagai seorang fotografer dengan proses yang berbeda-beda. Dari situ, anda bisa diundang untuk menjadi pembicara di berbagai seminar atau bahkan mengajar di kursus online.

Dari sana, anda dapat diundang untuk berbicara di berbagai seminar atau bahkan mengajar kursus online.

4. Temukan Sonia Career

ciptaan Sonia Cerezo melalui Forbes mengatakan keindahan portofolio adalah salah satu yang berhasil memamerkan sosok terbaik mereka kepada semua orang. Karya dapat dalam format apa pun seperti website, YouTube, podcast, dll.

Dari sini, anda dapat terus mengeksplorasi kreativitas anda dengan membuat portofolio agar menjadi indah dan berbeda dari yang lain.

Kreativitas adalah salah satu keterampilan yang membutuhkan peningkatan terus-menerus untuk membantu anda mencapai karir impian anda di masa depan.

Secara tidak langsung, keuntungan dari portofolio adalah mempermudah pencarian pekerjaan anda.

5. Sebagai Refleksi Diri

Tanpa disadari, saat anda membuat portofolio, anda sebenarnya sedang merefleksikan diri anda sendiri.

Seperti dilansir Career Trends, kebanyakan orang membuat portofolio untuk tujuan profesional.
Dalam proses kreatif, orang akan menemukan hobi atau bakat yang mereka miliki sebelumnya dan menemukan kekuatan dan kelemahan mereka.

Selain itu, mereka dapat mengamati proses dan penilaian yang perlu ditingkatkan.

Kita dapat mengatakan bahwa ini adalah keuntungan besar dari portofolio. Karena orang akan mengenalnya lebih dalam.

6. Mengasah Keterampilan

Portofolio akan selalu bertambah seiring waktu. anda sama sekali tidak melakukan pemformatan yang sama seperti sebelumnya karena akan terlihat monoton.

Untuk membuat format yang berbeda, setidaknya seseorang harus melakukan perbaikan secara teratur.

Demikian penjelasan singkat tentang enam manfaat membangun portofolio. Jika anda belum mempunyai portofolio dan cara membuatnya, anda harus merencanakannya sekarang dan membuat portofolio anda untuk mendapatkan berbagai manfaatnya.


Baca juga: