Bedanya Shared Hosting dan Dedicated Hosting

Tahukah kalian perbedaan dari shared hosting dan dedicated hosting? Nah jika kalian belum tahu perbedaan antara shared hosting dan dedicated hosting, kalian tepat sekali mengunjungi artikel ini karena kami akan memberitahu anda tentang apa bedanya shared hosting dan dedicated hosting pada pembahasan artikel berikut ini? penasaran? yuk simak selengkapnya.

Jika kalian memeiliki hosting pastinya kalian memiliki domain nah saat ini banyak sekali yang menyediakan harga domain id murah dan terjangkau lho. Bagi kalian yang belum memiliki hosting dan domain id sebaiknya kalian mempertimbangkan kedua jenis hosting seperti shared hosting dan dedicated hosting serta mengetahui perbedaannya. Sebelum membahas perbedaan antara shared hosting dan dedicated hosting, alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu shared hosting dan dedicated hosting

Shared Hosting

Shared Hosting adalah hosting yang memungkinkan beberapa situs web menggunakan satu server. Biasanya, anda tidak akan tahu siapa atau website apa yang akan digunakan untuk berbagi sumber daya server. Setiap pelanggan biasanya akan memiliki batasan jumlah total sumber daya server yang dapat digunakan, hal ini juga ditentukan oleh paket hosting yang digunakan.

Shared Hosting adalah pilihan terbaik dan paling ekonomis untuk kebutuhan website. Anda dapat mengonfirmasinya dengan membuka halaman ini dan melihat perbedaan harga antar paket.. Akan tetapi harga murah biasanya memiliki keterbatasan, hal ini dikarenakan sebagian besar perusahaan hosting akan menawarkan jumlah ruang dan penyimpanan yang sama, maka dari itu sangat penting untuk memilih perusahaan yang bisa anda percayai. Anda dapat menggunakan shared hosting murah diskon dari Domainesia untuk memulai menggunakan shared hosting dengan kualitas yang baik dan harga yang terjangkau. 

Dedicated Hosting

Dedicated Hosting adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan paket web hosting yang menyediakan server khusus dengan sumber daya khusus untuk satu klien. Paket Dedicated Hosting ideal untuk website WordPress dengan jumlah pengunjung yang sangat besar. Banyak penyedia layanan hosting WordPress menawarkan paket Dedicated Hosting dengan paket Shared Hosting dan VPS.

Paket dedicated hosting ideal untuk perusahaan besar atau website dengan traffic yang jauh lebih tinggi. Klien mendapatkan kontrol penuh dari server yang memungkinkan mereka untuk mengkonfigurasinya dalam memenuhi kebutuhan.

Dedicated Hosting juga tersedia dalam bentuk terkelola dan tidak terkelola di mana pusat hosting dapat mengelola server untuk klien jika ada masalah. Server Dedicated Managed umumnya lebih mahal. Harga juga dipengaruhi oleh jumlah sumber daya yang dibutuhkan seperti bandwidth, ruang penyimpanan, dan jumlah RAM dan lainnya.

Biaya tambahan untuk dedicated server juga termasuk paket software yang dibutuhkan untuk menjalankan server. Software tersebut dapat mencakup lisensi untuk Windows,jika ingin menggunakan Cpanel dan software berbayar lainnya.

Perbedaan Shared Hosting dan Dedicated Hosting

Perbedaan antara kedua jenis hosting tersebut adalah jenis server tempat website disimpan. Untuk shared hosting, website berdampingan dengan website orang lain, yang merupakan pengguna tetangga yang menggunakan server yang sama. Dengan paket Dedicated Hosting, website Anda memiliki server tersendiri. Ada keuntungan dan kerugian yang berbeda antara keduanya. Pelajari perbedaan antara shared hosting dan dedicated hosting untuk memilih opsi terbaik untuk bisnis Anda.

Faktor besar yang mempengaruhi penggunaan shared hosting adalah biayanya yang rendah. Biaya pemeliharaan server tunggal dapat didistribusikan di antara banyak penggunanya, sehingga menurunkan biaya individu kepada pelanggan. Shared hosting sangat bagus untuk website baru yang membutuhkan sumber daya dasar dan lalu lintas rendah hingga sedang. Namun, shared hosting memang memiliki keterbatasan. Batasan yang paling jelas adalah pembagian kolektif kekuatan pemrosesan, memori, ruang disk, dan semua sumber daya lainnya yang disimpan di server.

Dedicated Hosting memungkinkan penyesuaian ekstensif, memberikan kemampuan untuk mengoptimalkan pengaturan server dan juga memberikan akses root sehingga dapat dilakukan modifikasi kode perangkat lunak. Konfigurasi server umumnya dibutuhkan pada saat sebuah website membutuhkan aplikasi khusus.

Domainesia merupakan salah satu perusahaan yang menyediakan harga domain id murah dan juga shared hosting murah diskon, jika anda baru ingin membuat website anda dapat menggunakan layanan domainesia untuk mendapatkan shared hosting dengan harga yang terjangkau.


Baca juga: