Hemat! 10 Ide Kerja Sampingan Modal Minim

Kerja sampingan bisa menjadi solusi bagi Anda yang mebutuhkan pendapatan extra, bisa dilakukan saat waktu luang, seperti saat weekend.

Kerja sampingan juga memungkinkan Anda untuk mengasah skill Anda serta bekerja sesuai dengan hobi yang Anda sukai.

Dengan mengerjakan tugas yang sesuai dengan bidang dan passion Anda, maka segala pekerjaan akan terasa lebih ringan.

Ada banyak opsi ide kerja sampingan untuk Anda jika ingin memperoleh pendapatan tambahan di samping pekerjaan full time Anda.

Berikut kerja sampingan yang bisa Anda giati.

kerja sampingan tutor kursus online
Photo by Mohammad Shahhosseini on Unsplash

1. Tutor Kursus Online

Salah satu profesi yang perlahan bergeser ke arah online selama beberapa tahun terakhir adalah mengajar.

Semakin banyak orang bersedia mendaftar di tempat kusus online daripada menghadiri penguruan tinggi dengan biaya tinggi. Orang-orang juga harus tinggal di rumah.

Tempat les mengikuti keadaan masa kini, maka mereka pun memperbaru cara system belajar mereka dengan system “bekerja dari rumah.”

Jika Anda tidak bekerja sama dengan tempat les, maka Anda bisa membuka jasa kursus online Anda sendiri.

Terutama jika Anda memiliki keahlian khusus, seperti kursus Bahasa asing, programming, memasak, dan lainnya.

Sebaiknya Anda tentu target pasar terlebih dahulu sebelum membuka jasa ini.

2. Data Entry

Memang tidak akan menyenangkan, bahkan bisa dianggap sebagai pekerjaan yang dilakukan tanpa berpikir keras.

Sebenarnya pekerjaan data entry ini bisa begitu popular untuk dijadikan pekerjaan sampingan, bahkan diluar negeri sekalipun.

Menjadi data entry tidak memerlukan keahlia khusus, sehingga semua orang pun bisa menjalaninya.

Pekerjaan data entry tidak hanya ditawarkan oleh perusahaan besar saja, para pengusaha onlinejuga membutuhkannya.

Pekerjaan data entry juga beragam, seperti mengetik, merekam suara, hingga melakukan transkrip, sesuai kebutuhan klien.

f]Apa itu blog paling efektif untuk bisnis
Photo by Daniel Thomas on Unsplash

3. Proofreading

Mungkin Anda termasuk orang yang cukup memiliki kemahiran di bidang Bahasa, dan merasa gregetan ketika seseorang menyebutkan grammar dengan salah.

Jika Anda termasuk orang yang seperti ini, mungkin pekerjaan proofreading cocok untuk Anda. Intinya pekerjaan Anda adalah mengedit kesalahan pada tulisan.

Seperti ejaan, tata Bahasa, tenses, dan sebagainya. Pastikan draft terakhir terlihat professional dan bebas dari kesalahan.

4. Transkripsi

Pekerjaan seorang transkripsi adalah mengonversi file audio, baik itu yang direkam maupun yang live, ke dalam bentuk format teks, dengan cara mengetikkannya.

Orang yang melakukan pekerjaan ini disebut transcriptionist.

freelance pricing how to
Photo by Green Chameleon on Unsplash

5. Penulis Freelance

Menjadi penulis adalah pilihan bagus lainnya untuk dijadikan pekerjaan akhir pecan. Freelance writer memberikan konten tertulis seperti artiker, posting blog, dan sebagainya.

Anda dapat bekerja kapanpun Anda mau dan mendapatkan uang saat Anda sibuk di waktu luang Anda. Apalagi menulis merupakan hobi Anda, tentu Anda akan senang mengerjakannya bukan?

Untuk bisa menarik client¸tentu lagi-lagi Anda butuh membangun portfolio. Anda bisa memulainya dengan membuat blog pribadi.

Banyak juga situs web yang menyediakan ruang bagi para freelance writer untuk mempromosikan jasanya, seperti fiver, upworkd, Sribulancer, dan sebagainya.

Selain itu, Anda juga bisa menjadi penulis konributor di website berita seperti Mojok, Froyonion, dan sebagainya.

Ini adalah pilihan bagus lainnya untuk pekerjaan akhir pekan. Penulis lepas memberikan konten tertulis (artikel, posting blog, dll) kepada klien mereka untuk mendapatkan bayaran. Anda dapat bekerja kapan pun Anda mau dan mendapatkan banyak uang saat Anda sibuk di waktu luang Anda.

6. Driver Online

Gojek, Grab, atau Uber merupakan perusahaan besar yang memberikan peluang bagi orang-orang yang ingin mencari kerja sampingan.

Tidak membutuhkan keterampilan khusus, kecuali kendaraan pribadi seperti motor atau mobil, SIM, serta lulus screening administrasi yang dibutuhkan.

Seluruh aplikasi administrasi juga dilakukan 100% secara online sehingga mudah untuk memulainya. Mereka biasanya juga meminta SKCK.

Seorang driver online bisa menghasilkan setidaknya Rp230 ribu perhari. Sehingga jika dikalikam 26 hari kerja karena kepotong libur, dalam sebulan bisa menghasilkan Rp5.850 juta.

Jamnya juga fleksibel, bisa mengikuti waktu luang Anda.

7. Social Media Manager

Seiring berjalannya waktu, pada abad ke 21 ini, hampis semua bisnis mengandalkan Social Media untuk memasarkan produk mereka.

Jika suatu brand tidak memiliki akun Social Media¸maka brand tersebut bisa dianggap tidak memiliki kredibilitas atau kurang terpercaya.

Banyak sekali sekarang orang-orang terjun ke indsutri digital marketing¸ mengurus akun Social Media perusahaan.

Pekerjaan sebagai Social Media Manager, menangani pekerjaan seperti posting di akun, menjawab pertanyaan melalui Social Media, menangani iklan Social Media, dan sebagainya.

Anda tidak begitu memerlukan sertifikasi untuk menangani pekerjaan ini, namun Anda membutuhkan pengalaman untuk bisa bekerja sebagai Social Media Manager.

landing page website
Photo by Igor Miske

8. Web Developer

JIka Anda memiliki ketertarikan pada teknologi, mungkin pekerjaan sampingan sebagai Web Developer bisa menjadi pilihan Anda.

Pemahaman yang baik tentang HTML, PHP, Java, apalagi jika memiliki gelar sarjana yang relevan di bidang tersebut, tentu Anda akan memenuhi kualifikasi.

Web Developer bertanggungjawab untuk membuat, memodifikasi, dan mengkodekan website. Bayarannya juga cukup bagus dan sebagian besar usaha kecil tetap menggunakan Web Developer.

Anda memerlukan portfolio untuk memulai pekerjaan sebagai freelance Web Developer.

9. Dropshipper

Dropshipping adalah salah satu ide terbaik jika Anda mencari kerja sampingan. Anda bisa berjualan produk kepada pelanggan tanpa benar-benar berinverstasi atau keluar modal.

Dropshipping adalah metode pemenuhan ritel di mana Anda membeli barang dari produsen pihak ketiga dan kemudian mengirimkannya ke pelanggan

Anda adalah pengecer dalam persamaan ini, tetapi Anda hanya benar-benar harus menangani pemasaran.

Dengan pengiriman drop, Anda tidak perlu benar-benar mengirim atua mengantarkan produk sendiri. Tugas Anda hanya memasarkannya dan melakukan penjualan.

Anda dapat melakukan pemasaran melalui website atau Social Media. Anda juga bisa mencantumkannya di marketplace.

Jika ada pelanggan yang ingin membeli, maka Anda perlu memberitahunya ke pemasok, lalu ia akan mengirimkan produknya ke konsumen.

Pada tahun 2016-2017, 23% dari semua penjualan online dilakukan melalui pengiriman drop!

10. Membuka Jasa Titip

Siapa sangka jika pekerjaan jastip ini bisa menjadi kerja sampingan yang menguntungkan. Hanya bermodal laptop dan internet, Anda bisa menjalankan pekerjaan ini.

Belakangan ini, toko online banyak menujal produknya dengan system open order. Hal ini membuat calo pelanggan harus cepat-cepatan untuk mendapatkan barang yang diinginkan.

Sayangnya untuk bisa cepat-cepatan tersebut, tidak semua orang bisa melakukannya. Baik keterbatasan waktu maupun perangkat.

Akhirnya kita bisa memanfaatkan peluang ini dengan membuka jasa titip pesanan.

Seorang freelancer jastip, Astie, bisa meraup untung sebanyak Rp40 juta sekali belanja pesanan pelanggan,

Pekerjaan jastip ini, bisa diawali dari Social Media, dimana Anda mempromosikan jasa Anda untuk membeli barang ke mall bahkan mall di luar negeri.

Barang-barang tersebut merupakan barang titipan pelanggan yang ingin membeli barang-barang tersebut.

Kesimpulan

Kerja sampingan bisa Anda lakukan jika Anda membutuhkan pendapatan lebih, pekerjaan ini bisa Anda lakukan saat weekend atau waktu luang.

Kerja sampingan ini, bisa dilakukan dengan keterampilan khusus maupun tanpa keterampilan. Asalkan Anda mau berjuang keras dan disiplin mengatur waktu Anda.

Demikian artikel ini kamu bagikan dari Sekilas Info, semoga dapat bermanfaat!

baca juga


Baca juga: