autobiografi

7 Contoh Autobiografi Untuk Diri Sendiri

Autobiografi merupakan teks yang berisi coretan kehidupan baik pengalaman, riwayat, maupun perjanan hidup seseorang, teks inii merupakan tulisan yang memberi gambaran suka duka kehidupan yang telah dialami dan dikemas dengan menggunakan sudut pandang orang pertama (aku, saya). 

Perbedaan antara autobiografi dan biografi

 Seperti yang sudah tertera, autobiografi merupakan teks dimana segala kejadian yang tercantum merupakan apa yang dialami oleh sang penulis. Penulis menggunakan kata ganti aku atau saya dalam penulisan auto biografi. Sedangkan dalam penulisan biografi, penulis seolah menceritakan seseorang yang digambarkan dengan menggunakan kata ganti dia.

Berikut merupakan contoh perbedaan autobiografi dan biografi diri sendiri yang dimaksud,

Contoh 1 autobiografi dan biografi

Autobiografi

Nama saya Rinta Sulistyawati yang lahir dan besar dalam pelukan keluarga di Sumba. Menjadi anak pertama tidaklah mudah. Sudah 2 tahun ini saya berdiam dan menyalahkan situasi.

 Saya merupakan seorang gadis pemalu yang gemar mengonsumsi makanan instan. Saya adalah seorang pejuang kanker stadium 3 yang berhasil melewati masa sulit. 

Biografi

Bernama lengkap Bacharuddin Jusuf Habibie ini lahir di Kota Pare-Pare Sulawesi Selatan pada tanggal 25 Juni 1936. Sebelum menjadi orang yang berpengaruh bagi bangsa Indonesia, BJ Habibie pernah mengenyam pendidikan di SMAK Dago, Bandung, tahun 1954 dan melanjutkan ke perguruan tinggi di Institut Teknologi Bandung (ITB).

Ciri autobiografi

  • Berisikan riwayat hidup

Teks autobiografi berisikan riwayat hidup seseorang yang dikemas menjadi sebuah teks utuh dengan 

  • Sudut pandang orang pertama

Teks autobiografi merupakan teks yang menceritakan tentang peristiwa yang terjadi kepada “kita” ( sebagai pelaku utama). Dengan berlatar bersudut pandang orang pertama sebagai pelaku utama, dalam teks auto biografi.

  • Berisikan tentang pengalaman, peristiwa,dan riwayat tokoh utama

Teks autobiografi menceritakan kehidupan semasa kecil hingga kondisi saat ini. Autobiografi memberi gambaran perjalanan hidup seseorang dimasa sulit hingga mencapai kesuksesan/pencapaiannya.

Berikut adalah contoh teks autobiografi selanjutnya.

autobiografi

Contoh autobiografi 2

Namaku Aryani, lahir di Jayakarta, 10 Januari 1995. Aku adalah anak kedua dari tiga bersaudara. Ani adalah panggilan akrabku, Aku terlahir dari keluarga yang sederhana. Ayahku seorang pegawai negeri sipil di lingkungan Pemda. Sedangkan Ibuku adalah seorang guru di sebuah madrasah tsanawiyah tak jauh dari rumah. Sejak kecil Ayah selalu menasehatiku agar rajin beribadah, bersikap jujur dan baik terhadap sesama.

Ketika berumur 6 tahun, aku mulai bersekolah di SD Indonesia Maju Jayakarta kemudian setelah lulus melanjutkan pedidikan di SMPN 4 Jayakarta di tahun 2009. Selepas lulus SMP di tahun 2012. Aku pindah ke kota Bandung dan tinggal bersama Tanteku di sekitaran daerah Buah Batu dan melanjutkan pendidikan di salah satu SMA yang tak jauh dari sana.

Ketika menginjak tahun kedua di SMA, aku mengikuti perlombaan menulis cerpen antar SMA se-kota Bandung, dan ketika itu puisiku yang berjudul “Ruh yang Ingin Kembali” menjadi juara 2 dalam perlombaan tersebut. Aku sangat gembira, hari itu menjadi hari yang tak akan pernah kulupakan dalam hidupku.

Momen pada saat namaku disebut oleh juri diatas panggung adalah momen yang tak terlupakan, apalagi ketika aku berjejer diatas panggung, disalami, diberi sebuah piagam penghargaan dan piala oleh pak Walikota.

Setelah peristiwa itu, semangatku dalam menulis semakin menggebu-gebu, aku berharap suatu hari nanti aku dapat menjadi penulis yang terkenal yang karya-karyanya selalu ditunggu-tunggu dan dapat menginspirasi orang lain.

Baca juga: Alat kesehatan yang ditawarkan oleh AGM Medica

Contoh autobiografi 3

Hasan Pratama, begitu nama yang diberikan keluarga terhadapku. Hasan adalah panggilan akrab yang kerap dilontarkan oleh rekan & keluarga. Menjadi anak terakhir dari 5 bersaudara. Terlahir menjadi anak bungsu sangatlah tidak mudah bagiku. Banyak cita – cita orang tua yang terlewat. Dituntut untuk mengerti segala yang terjadi dalam keluarga menggiring ku untuk selalu berfikir bagaimana kedepannya.  Masalah yang silih berganti lah yang menggiringku untuk sampai ke titik ini. contoh 4

Namaku Safana Aurela, lahir pada 30 Agustus 2004 di Jakarta, aku adalah siswa kelas 12 SMA 31 Jakarta. Aku merupakan anak tunggal, orang tuaku bekerja sebagai pegawai negeri setempat. Saat ini aku sedang disibukan dengan persiapan UN dan Seleksi Masuk Perguruan Tinggi, aku yang mencintai alam dan selalu penasaran dengan bagaimana organisme hidup bisa memiliki mekanisme hidup sedemikian rupa, berencana untuk melanjutkan studi di jurusan Biologi.

 Saat duduk di bangku kelas X SMA, aku pernah mengikuti lomba menulis puisi tingkat kota, dan puisinya yang berjudul “Canggih Berkata-Kata” berhasil meraih juara 2 dalam lomba tersebut.  Tentu hal tersebut membuatku senang dan meningkatkan kepercayaan diriku, selain itu aku makin bersemangat dalam menulis, khususnya puisi bertema pendidikan.  

Bagiku, pendidikan merupakan entitas penting bagi individu. Dengan pendidikan yang benar, individu akan memberikan kontribusi optimalnya dalam berpartisipasi dalam ruang publik, sehingga keputusan yang akan diambilnya tidak merugikan  orang lain, terutama saat kita hidup di negara dengan sistem demokrasi yang idealnya setiap manusia dapat memberikan pendapat dan kontribusinya.

 Contoh 4 autobiografi

Risqi Azurea atau dikenal sebagai Kiki, anak ke-3 dari pasangan Muhammad Roni dan Maria, memiliki dua orang saudara laki-laki dan prempuan. Kiki yang lahir pada Kamis, 26 Juli 2001 di Palembang, sekarang sedang menempung pendidikan strata satu di Universitas Gadjah Mada program studi Filsafat. Kiki dikenal sebagai sosok yang ambisius dan selalu ingin belajar. Membaca merupakan hobinya, terutama buku-buku nonfiksi, seperti Sains Populer atau Sejarah.

Pada umur 3 tahun, orang tuanya berpisah dan Kiki tinggal dengan Ibu dan keluarganya di Palembang. Kiki mulai bersekolah pada umur 5 tahun di TK Elektrina. Kemudian, ia melanjutkan SD di SD Negeri 92 Palembang dan lulus pada tahun 2013. Selesai menempuh SD, Kiki melanjutkan pendidikan formalnya di SMP 31 Palembang. Selesai dari sana, ia melanjutkan pendidikannya di SMA Negeri 19 Palembang dan saat ini lah dia mulai membaca dan menyukai Filsafat yang sekarang menjadi program studi yang ia pilih.

Awal mulai ia mengenal Filsafat dari salah satu platform belajar online, isinya tidak hanya pelajaran materi pelajaran sekolah dalam bentuk video, tapi juga blog memuat artikel tentang filsafat, sains, dan sejarah. Awalnya Kiki tidak tahu bahwa yang dibacanya merupakan artikel yang membahas persoalan filsafat, namun seiring berjalanya waktu ia menyadarinya. Dari sana ia tertarik untuk mendalami filsafat dan akhirnya memutuskan untuk memilih filsafat sebagai program studi, ia pun berjuang untuk masuk PTN yang terdapat jurusan filsafat, dan kebetulan hanya ada dua Universitas, yaitu UI dan UGM.

Namun, ia harus menerima kegagalan diterima PTN jurusan filsafat lewat jalur SNMPTN maupun SBMPTN. Hal tersebut tidak menggoyahkan tekadnya, tahun berikutnya menyusun rencana dan belajar lebih giat dan efektif untuk  mengikuti tes UTBK 2020 dan akhirnya ia diterima.

autobiografi

Contoh 5 autobiografi

Namaku Patricia Otisiana, lahir pada 17 Juli 2003 di Palembang. Sekarang, aku sedang bersekolah di SMA Negeri 25 Palembang. Aku dibesarkan di keluarga dengan kebudayaan yang berbeda, ibuku seorang muslim yang bekerja sebagai dosen di salah satu kampus negeri palembang dan ayah seorang katolik yang bekerja sebagai researcher. Sejak kecil aku diajarkan untuk bertoleransi dan menghargai perbedaan.

Selain bertoleransi, orang tuaku telah mengenakan sastra sejak kecil, terutama puisi. Berbagai kompetisi puisi telah aku ikuti dan beberapa di antaranya kumenangkan. Saat ini aku sedang fokus belajar agar dapat melanjutkan studi di kampus impianku. Aku yang bercita-cita sebagai dokter harus belajar lebih giat dan konsisten, mengingat jurusan Kedokteran menjadi salah satu jurusan ketat dengan persaingan tinggi.

Contoh 6 autobiografi

Nama saya Sinta Rika.  Saya lahir pada 2 Mei 2002 di Medan, Indonesia. Saya merupakan anak tunggal yang sekarang sedang bersekolah di SMA 1 Medan. Ayahku adalah seorang penerjemah dan ibuku adalah seorang konsultan seni hal tersebut membuat suasana rumah kami menjadi kreatif dan artistik.

Sejak kecil saya adalah orang yang haus akan pengetahuan, kebanyakan waktu saya dihabiskan membaca buku berbagai genre, terutama nonfiksi selain itu saya juga menulis blog pribadi saya. Karena kebanyakan waktu saya habiskan untuk membaca, interaksi saya dengan manusia lain berkurang dan dapat dikatakan bahwa teman saya tidak begitu banyak. Saya juga banyak berinteraksi dengan teman-teman yang lebih tua, mereka dengan senang hati berbagi kenangan dan pengalaman hidup mereka dengan seorang gadis kecil yang penuh rasa ingin tahu.

Bakat yang saya miliki adalah melukis.

Belakangan, saya mengerti bahwa saya memiliki passion di seni, terutama seni rupa. Oleh karena itu, saya sudah memutuskan untuk memperdalam pengetahuan saya di bidang seni dengan berkuliah di jurusan seni rupa. Saya ingin mengikuti karir ibu saya sebagai konsultan seni. Jika karir saya sebagai konsultan seni tidak berhasil, saya akan mendedikasikan hidup saya untuk mengajar siswa generasi masa depan dan menumbuhkan kecintaan mereka pada seni rupa.

Baca juga: Pengertian Logistik, Tujuan, Manfaat, dan Aktivitas Logistik

Contoh 7 autobiografi

Siti Ayura atau teman-temanku biasa memanggilku Siti, lahir di Palembang pada 25 Januari 2004 anak ke tiga dari 3 bersaudara sekarang sedang menempuh pendidikan di SMA Negeri 21 Jakarta. Aku pindah ke Jakarta sejak umur tiga tahun karena orang tua yang harus pindah karena urusan pekerjaan.

Bernyanyi dan bermain musik sudah menjadi kegiatan favorit yang kulakukan di kehidupan sehari-hari. Aku sudah mengikuti kompetisi bernyanyi sejak umur 3 tahun, kemudian kemampuanku diasah dengan mengikuti les bernyanyi di daerahku. Memasuki umur 6 intensitas aku mengikuti semakin tinggil, berbagai prestasi aku cetak hingga aku mulai SMP. Karena SMP dan harus fokus mengikuti pelajaran, maka aku tidak lagi melakukan rutinitas bernyanyi dan berkompetisi, hingga sekarang aku hampir lulus. 

Aku berencana untuk memilih jurusan Kedokteran di salah satu kampus ternama di Indonesia dan saat ini fokusku adalah belajar dengan efektif agar nanti aku lulus dan dapat mendapat jurusan impianku. Mengapa aku ingin memilih dokter? Karena profesi sebagai seorang dokter selalu berinteraksi baik dengan pasien dan senantiasa memberi semangat kepada pasiennya. Dengan seperti itu pasien dapat termotivasi untuk meningkatkan kepercayaan dirinya.

Informasi diatas merupakan beberapa contoh autobiografi. Semoga informasi yang telah disediakan oleh sekilasinfo di atas dapat membantu anda!


Baca juga: