Pengertian Logistik, Tujuan, Manfaat, dan Aktivitas Logistik

apa itu Pengertian Logistik

Kali ini SekilasInfo.net akan membahas apa itu yang dimaksud logistik? Pengertian Logistik secara umum, logistik merupakan suatu pengetahuan atau seni dalam mengerjakan proses penyimpanan, penyaluran & pemeliharaan, serta penghapusan terhadap berbagai barang atau alat tertentu.

Ada juga yang mengatakan bahwa logistik adalah serangkaian proses yang didalamnya meliputi segala kegiatan perencanaan, implementasi, sampai pengawasan terhadap suatu proses perpindahan, baik barang/ jasa, energi, atau sumber daya lainnya, dari titik awal menuju titik penggunaan.

Berdasarkan pengertian di atas, maka misi logistik adalah “mendapatkan barang yang tepat, pada waktu yang tepat, dengan jumlah yang tepat, kondisi yang tepat, dengan biaya yang terjangkau, dengan tetap memberikan kontribusi profit bagi penyedia jasa logistik”

Karenanya, logistik selalu berkutat dalam menemukan keseimbangan untuk 2 hal yang amatlah sulit untuk disinergikan, yaitu menekan biaya serendah-rendahnya tetapi tetap menjaga tingkat kualitas jasa dan kepuasan konsumen. Dalam dunia bisnis yang selalu berubah, manajemen logistik yang baik merupakan sebuah keharusan.

Pengertian Logistik Menurut Para Pakar

Supaya bisa lebih paham apa arti logistik, maka kita merujuk pendapat para pakar berikut ini:

1. Christopher; 2005

Menurut Christopher, pengertian logistik adalah proses yang secara strategis mengelola pengadaan, pergerakan, dan penyimpanan material, suku cadang dan barang jadi beserta aliran informasi terkait melalui organisasi dan kanal-kanal pemasarannya, dalam cara dimana keuntungan perusahaan, baik untuk saat ini maupun diwaktu yang akan datang, dapat dimaksimalkan dengan cara pemenuhan pesanan yang berbiaya efektif.

2. Burg dalam Lysons; 2000

Menurut Burg, pengertian logistik adalah integrasi dari pengadaan, transportasi, manajemen persediaan, dan aktifitas pergudangan dalam menyediakan alat/cara yang berbiaya efektif, untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, baik internal maupun eksternal.

3. Donald Walters (2003:3-4)

Menurut Donald Walters, pengertian logistik adalah fungsi yang melibatkan perpindahan, mengatur perpindahan barang, dan penyimpanan material dalam perjalanannya dari pengirim awal, melalui rantai pasok dan sampai ke pelanggan akhir.

Manfaat & Tujuan Logistik

Semua kegiatan logistik adalah untuk mencapai suatu tujuan, yakni tersedianya suatu barang tepat pada waktu dan tempat yang ditentukan . Dengan begitu, pelaku logistik harus melaksanakan serangkaian kegiatan logistik, yaitu:

  • Procurement / Proses pengadaan barang
  • Manufacturing support / Kegiatan produksi
  • Physical distribution / Distribusi

Dalam pelaksanaannya, kegiatan logistik memiliki standar performa yang harus dicapai. Adapun tingkat performa yang ingin dicapai dalam kegiatan logistik adalah terjadinya keseimbangan antara kualitas pelayanan yang diharapkan pelanggan dengan semua biaya yang dikeluarkan untuk mencapai tujuan perusahaan.

Menurut Bowersox, ada dua faktor utama yang menentukan tingkat performa logistik, yaitu

  • Faktor pelayanan (service), yaitu tingkat pelayanan perusahaan kepada konsumen.
  • Faktor biaya (cost), yaitu biaya yang dihabiskan perusaaan untuk menangani pelayanan kepada konsumen.

Aktivitas Logistik

Menurut Gunawan, ada beberapa aktivitas logistik yang saling berkaitan satu dengan lainnya. Adapun aktivitas-aktivitas logistik tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Pelayanan Pelanggan (Customer Service)
  2. Prediksi Permintaan (Demand Forecasting)
  3. Manajemen Persediaan (Inventory Management)
  4. Komunikasi Logistik (Logistic Communication)
  5. Penanganan Material (Material Handling)
  6. Proses Pemesanan (Order Precessing)
  7. Pengemasan (Packaging)
  8. Komponen-komponen dan Pelayanan Pendukung (Parts and Service Support)
  9. Seleksi Lokasi Pabrik dan Tempat penyimpanan/ Gudang (Plant and Warehouse Site Selection)
  10. Procurement/ Purchasing
  11. Reverse Logistics
  12. Transportasi (Transportation)
  13. Pergudangan dan penyimpanan (Warehousing & Storage)

Manajemen logistik

Manajemen logistik merupakan bagian dari proses supply chain yang berfungsi untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengendalikan keefisienan dan keefektifan penyimpanan dan aliran barang, pelayanan dan informasi terkait dari titik permulaan (point of origin) hingga titik konsumsi (point of consumption) dalam tujuannya untuk memenuhi kebutuhan para pelanggan.

Contoh Perusahaan Logistik

Pengertian Logistik Jasa Ekspedisi Pengiriman Barang

CV Anugrah Lintas Khatulistiwa atau ALK Logistik adalah perusahaan jasa ekspedisi pengiriman dan kargo yang berpusat di Surabaya.  ALK Logistik siap menyediakan berbagai macam armada sesuai kebutuhan anda. Kami memiliki driver yang berpengalaman serta memiliki standar mengemudi dari Kepolisian Republik Indonesia.  Untuk memberikan pelayanan terbaik, ALK Logistk memiliki sumber daya manusia yang terlatih dan profesional.  Dengan konsep Sistem Logistik terintegrasi, ALK Logistik memberikan pelayanan kepada Anda secara tuntas dan profesional.

Demikianlah penjelasan ringkas mengenai pengertian logistik, tujuan dan manfaat logistik, serta beberapa aktivitas logistik pada umumnya. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu.

Posts created 2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas