strategi pemasaran

13 Strategi Pemasaran yang Sangat Efektif

Anda sedang mencari informasi tentang strategi pemasaran yang sangat efektif? Tepat sekali anda berkunjung pada artikel ini di Sekilasinfo. Karena disini kami akan bahas tentang strategi pemasaran yang sangat efektif, langsung saja simak pembahasannya dibawah ini.

Strategi pemasaran adalah rangkaian perencanaan untuk mencapai target pasar dan mengubah mereka menjadi konsumen produk yang dijual oleh suatu usaha. Jadi anda tidak bisa sembarangan dalam memasarkan produk anda kepada semua orang, diperlukan strategi pemasaran yang tepat untuk membuatnya menjadi konsumen perusahaan. Strategi pemasaran memudahkan anda untuk berkoordinasi dengan tim tentang apa yang akan dilakukan untuk menjangkau konsumen tersebut.

Tujuan Strategi Pemasaran

Jika anda belum yakin tentang pentingnya strategi pemasaran, maka anda harus mengerti tentang tujuan strategi pemasaran. Hal tersebut bertujuan untuk membawa perusahaan ke arah yang dituju dengan cara yang paling tepat. Berikut ini beberapa tujuan strategi pemasaran:

  • Membangun reputasi.
  • Membangun brand awareness.
  • Mempercepat pertumbuhan perusahaan.
  • Mencapai pangsa pasar yang tepat.
  • Memaksimalkan sumber daya perusahaan.

13 Strategi Pemasaran yang Sangat Efektif

1. Tetapkan Tujuan dan Anggaran

13 Strategi Pemasaran yang Sangat Efektif 1

Hal pertama yang perlu anda lakukan dalam menentukan strategi pemasaran adalah menetapkan tujuan dan anggaran pemasaran. Tujuan bisa berbeda-beda tergantung dengan kondisi perusahaan masing-masing, penetapan anggaran juga penting karena dalam kegiatan pemasaran juga membutuhkan dana. Anda bisa memanfaatkan Ads pada sosial media, feed sosial media, hingga iklan online tergantung anggaran yang anda miliki.

2. Tentukan Sosial Media Utama

Saat ini banyak pilihan sosial media yang dapat digunakan untuk melakukan kegiatan pemasaran, ada Facebook, Instagram, Line, Twitter, hingga Youtube. Suatu usaha tidak harus aktif diseluruh sosial media tersebut, cukup tentukan 1-2 sosial media utama yang digunakan sehingga memaksimalkan tujuan pemasaran. Anda perlu melakukan riset sebelum menentukan sosial media apa yang akan digunakan, karena ini akan menentuakan sosial media mana yang paling cocok dengan bisnis anda.

3. Manfaatkan Social Media Ads

13 Strategi Pemasaran yang Sangat Efektif 2

Jangkauan sosial media tidak hanya didapatkan melalui jangkauan feednya, anda bisa mulai memanfaatkan layanan ads masing-masing platform sosial media untuk menjangkau orang yang lebih banyak. Saat ini beranda Facebook dan Instagram merupakan sistem acak, bukan lagi berdasarkan waktu posting. Hal ini pastinya membuat konten sosial media yang kamu bagikan terlewat, namun hal ini bisa diatasi dengan menggunakan ads pada sosial media tersebut.

4. Email Marketing

Strategi pemasaran selanjutnya adalah melalui email marketing, karena penggunaan email marketing semakin meningkat tiap tahunnya. Email marketing dikatakan lebih efektif memperoleh konsumen dibandingkan dengan Facebook dan Twitter, hal tersebut terjadi mungkin karena perusahaan dapat menjangkau area personal konsumen. Email marketing akan mendorong konsumen untuk berbelanja via online atau bahkan langsung ke toko.

5. Manfaatkan Google Bisnisku

13 Strategi Pemasaran yang Sangat Efektif 3

Strategi pemasaran selanjutnya adalah dengan memanfaatkan penggunaan fitur Google Bisnisku, dengan penggunaan fitur tersebut konsumen akan lebih mudah untuk mengetahui informasi lengkap tentang bisnis anda. Anda bisa mendaftarkan bisnis anda di Google Bisnisku, sehingga kantor, restoran, atau perusahaan anda akan otomatis muncul di Google Maps. Hal tersebut pastinya memudahkan para pelanggan anda untuk datang langsung ke kantor anda, dan menjangkau pelanggan lain yang lebih luas.

6. Content Marketing

Teknik marketing melibatkan pembuatan dan distribusi konten yang relevan, konsisten, dan penting untuk menarik minat masyarakat sehingga menjadikannya konsumen perusahaan. Blog bisa menjadi salah satu cara untuk menjalankan konten marketing, blog bisa mendapatkan traffic yang tinggi melalui pencarian di Google. Blog perusahaan haruslah menjadi sebuah tempat yang menunjukkan kepada calong pelanggan bahwa anda memang ahli dalam bidang usaha yang ada geluti.

7. Buat Konten yang Relevan Konsisten dan Penting

13 Strategi Pemasaran yang Sangat Efektif 4

Sama halnya dengan yang disebutkan sebelumnya, konten yang diproduksi haruslah relevan, konsisten, dan penting. Pastikan konten anda relevan dengan bisnis yang anda lakukan, jika sudah relevan maka tariklah perhatian masyarakat dengan membuat konten tersebut secara konsisten. Hal terakhir, konten tersebut haruslah penting untuk diketahui oleh masyarakat.

8. Riset Kata Kunci

Riset kata kunci berfungsi untuk menentukan kata kunci apa yang paling relevan untuk website atau blog perusahaan anda. Kata kunci akan sangat berpengaruh pada performa website atau blog anda di hasil pencarian. Anda harus mengetahui apa yang sering dicari oleh orang sehingga konten yang anda buat selanjutnya relevan dan pastinya bermanfaat bagi para surfer.

9. Optimasi SEO

13 Strategi Pemasaran yang Sangat Efektif 5

Agar mudah ditemukan oleh para calon pelanggan di Google, website perusahaan anda harus berada setidaknya di halaman pertama di hasil pencarian. Anda harus bersaing dengan ribuan bahkan puluhan ribu website lain untuk mendapatkan peringkat pertama di Google. Optimasi SEO menjadi salah satu cara agar website atau blog anda menjadi peringkat pertama.

Banyak langkah yang perlu dilakukan dalam optimasi SEO. SEO terbagi menjadi dua, yaitu SEO on page dan SEO off page. SEO on page berarrti optimasi diterapkan pada konten yang diterbitkan. Sedangkan SEO off page berarti optimasi yang diterapkan di balik layar seperti backlink.

10. Manfaatkan Paid Search

Sejak ditemukan mesin pencari online, siapa saja bisa menemukan apa yang mereka cara di dunia maya. Untuk meningkatkan traffic pada pencarian, anda bisa memanfaatkan Google AdWords. Dengan Google AdWords, anda bisa mengatur jangkauan dan spesifikasi audiens yang anda targetkan.

11. Manfaatkan Situs Kupon

13 Strategi Pemasaran yang Sangat Efektif 6

Saat ini di Indonesia banyak tersedia situs kupon terpecaya, seperti iPrice dan Picodi. Situs kupon ini berfungsi baik untuk konsumen maupun bagi para pengusaha untuk mempromosikan bisnisnya. Tujuan utama menempatkan kupon tersebut adalah peningkatan brand awareness. Dengan demikian makin banyak orang yang akan mencoba produk anda, jika produk telah berhasil menjangkau konsumen anda tidak perlu mengeluarkan kupon lagi.

12. Ciptakan Relasi

Selain membangun strategi pemasaran, anda juga perlu menciptakan dan membangun relasi dengan orang-orang yang bergerak sama dengan usaha anda. Anda bisa bergabung dengan grup bisnis terkait, sehingga anda akan mendapatkan informasi yang penting mengenai perkembangan industri yang ada geluti.

13. Maksimalkan Alat Promosi Cetak

13 Strategi Pemasaran yang Sangat Efektif 7

Meskipun saat ini hampir semua bisa dilakukan dengan cara online, namun promosi juga masih memerlukan banyak promosi offline. Anda bisa memaksimalkan alat promosi cetak seperti brosur, kartu nama, atau flyer. Alat promosi tersebut membantu kamu untuk meningkatkan brand awareness dan meningkatkan reputasi perusahaan anda. Hal ini berguna untuk menjangkau bagi para calon pelanggan yang tidak bisa mengakses internet atau jarang mengakses internet.

Sekian informasi yang dapat saya sampaikan terkait strategi pemasaran yang sangat efektif, semoga informasi yang saya sampaikan bermanfaat bagi anda dalam membuat strategi pemasaran yang sangat efektif.

Have A Nice Day 😊


Baca juga :