5 Rekomendasi Buku Motivasi yang Wajib Kamu Baca

Buku jendela dunia! Ungkapan populer yang sering kita dengar sejak kecil. Buku motivasi menjadi salah satu jenis buku yang paling diminati sekarang ini. Isi dari buku motivasi dapat dijadikan pegangan untuk mengambil berbagai keputusan. Selain itu, pesan yang disampaikan sangat ‘relate’ dengan kondisi saat ini yang sangat kompleks.  Buku motivasi dapat membantu diri kita untuk mengenal dan menghargai diri sendiri, seperti mengendalikan emosi dan mengatur cara berpikir. Selain itu, manfaat lainnya adalah membantu berpikir lebih kritis, mengevaluasi diri, dan meningkatkan kecerdasan emosional.

***

Kegiatan membaca buku merupakan salah satu kegiatan yang sangat bermanfaat untuk menambah wawasan. Tidak sedikit orang yang menjadi membaca buku sebagai hobi bahkan kegiatan wajib sehari-hari. Jika kamu suka membaca buku, salah satu jenis buku yang bisa kamu baca adalah buku self improvement atau buku motivasi. Membaca buku, khususnya jenis buku motivasi dapat meningkatkan kesehatan, kemampuan otak, juga membantu kamu dalam berbagai aspek kehidupan.  

Berikut beberapa rekomendasi buku motivasi atau buku terkait self improvement yang bisa kamu baca! Ada juga buku motivasi yang sudah best seller  lho!

1. Filosofi Teras

Buku motivasi karya seorang penulis terkenal, Henry Manampiring, telah menjadi mega best seller dan meraih banyak penghargaan, salah satunya penghargaan Book of The Year di Indonesia International Book Fair 2019. Filosofi Teras secara umum mengajarkan tentang stoikisme (baca di sini). 

Sang penulis menyampaikan bahwa Filosofi Teras relevan sejauh ruang dan sepanjang waktu karena apa yang dibahas dalam buku ini sudah dipraktekkan oleh para filsuf Yunani dari 3000 – 2000 SM.

Filosofi Teras mengajak kita untuk mengenail hal-hal yang bisa dan tidak bisa kita kendalikan (dikotomi kendali). Sang penulis juga mengajak kita untuk fokus terhadap hal-hal yang bisa kita kendalikan. Dengan itu, kita tidak akan mudah terganggu dengan hal-hal yang bukan dalam kendali kita, seperti pendapat dan penilaian orang lain.

Filosofi Teras membantu para pembacanya untuk menerapkan hidup yang penuh naik dan turun. Selain itu, buku ini menjelaskan cara-cara untuk mengatasi emosi negatif dan membentuk mental yang tangguh. Penulisan bahasa yang sederhana membuat buku ini praktis dan relevan dengan kehidupan masa kini walaupun topik yang dibahas cukup berat.

2. Berani Tidak Disukai

Buku motivasi karya Ichiro Kishimo dan Fumitake Koga yang telah terjual lebih dari 3,5 juta eksemplar menyajikan bahasan menarik tentang teori psikologi Adler yang fenomenal dan terkenal pada abad ke-19. Buku ‘Berani Tidak Disukai’ akan membantu Anda menemukan kebahagiaan dengan cara-cara sederhana. Anda juga akan diajak untuk fokus ke diri sendiri.

Buku ‘Berani Tidak Disukai’ menjelaskan bahwa manusia tidak dikendalikan oleh masa lalu dan kebahagiaan dimulai dari sendiri. Kebahagiaan tidak datang jika kita selalu ingin menjadi seperti orang lain. Selain itu, segala jenis hubungan antar sesama manusia berasal dari diri sendiri. Buku ini juga mengingatkan kita bahwa hidup yang kita jalani harus dipenuhi penerimaan diri dan keberanian, serta bukan untuk mendapatkan pengakuan dari orang lain. Dengan ini, Anda dapat menghindari insecure pada diri Anda. (baca juga penyebab insecure dan cara menanganinya di sini)

Buku ini cocok dibaca bagi Anda yang mau memulai untuk membangun kebahagiaan Anda sendiri tanpa bergantung pada orang lain.

3. Atomic Habits

Buku motivasi berjudul Atomic Habits merupakan salah satu buku best seller internasional yang pernah ada. Sang Penulis, James Clear, adalah seorang penulis dan pembicara yang fokus pada bidang decision making, habits, dan pengembangan diri. Buku karyanya telah terjual lebih dari 5 juta eksemplar dan telah diterjemahkan ke lebih dari 50 bahasa. 

Atomic Habits merupakan jenis buku yang detail serta memiliki pemaparan yang mudah untuk dimengerti seperti setiap strategi yang diberikan memiliki contoh dan ada hasil riset, latar cerita, teori tokoh, fakta ilmiah, juga ide-ide dari James Clear itu sendiri. Pembaca juga akan dimanjakan dengan grafik, tabel, diagram, dan kurva.

Dalam karyanya, James Clear menjelaskan bahwa hidup terbentuk dari akumulasi kebiasaan yang telah dilakukan dari masa lalu. Masa sekarang merupakan hasil dari setiap kebiasaan yang telah dilakukan secara berulang-ulang. James Clear juga menjelaskan bahwa perubahan sekecil apapun bisa memberikan pengaruh yang besar bagi kehidupan seseorang.

  1. Dalam buku Atomic Habits, tips-tips dan proses menjadi lebih baik dijelaskan dengan menarik sebagai berikut.
  2. Menjadikan kebiasaan baik lebih jelas dan realistis
  3. Menjadikan kebiasaan baik lebih mudah dan menarik
  4. Menjadikan kebiasaan baik memuaskan

4. Bicara Itu Ada Seninya

Jika Anda berkecimpung di dunia komunikasi, penyiaran, atau yang mengharuskan Anda untuk berbicara dengan banyak orang, Buku motivasi yang berjudul ‘Bicara Itu Ada Seninya’ cocok untuk Anda baca. Buku karya Oh Su Hyang telah menjadi mega best seller dan mendapat banyak komentar positif, salah satunya dari Hwang Je Yeon, mantan anggota Komite Siaran Pengawas KBS dan Program Director  VJ Special Fores. 

Buku ini terdiri dari 5 bab, yaitu:

  1. Perbedaan juara 1 dan juara 2 terletak pada ucapannya.
  2. Pintar mendengar, pandai berbicara.
  3. Ucapan yang membuat lawan bicara memihak kita.
  4. Beratnya ucapan ditentukan oleh dalamnya isi.
  5. Suara bagus bukan bawaan dari lahir.

Selain itu, Oh Su Hyang juga menyajikan rumus terkenal tentang komunikasi di mana sebuah komunikasi yang baik terjadi karena adanya pertanyaan, pujian, dan reaksi. Pengaruh komunikasi yang paling besar bukan tentang isi pesan ataupun suara, melainkan gerak tubuh atau gesture. Salah satu yang membuat kita menjadi sukses dalam berbicara atau bidang komunikasi adalah “berbicara seakan sudah terwujud”.

5. The Psychology of Money

Kalau bicara soal uang, pasti tidak ada habisnya dan selalu menarik. Sudah banyak orang yang membahasnya entah itu dalam bentuk podcast, narasi, monolog, hingga sebuah karya buku tentang bagaimana cara menghasilkan banyak uang dan cara-cara mengelolanya.

Ternyata, uang bukan hanya dijadikan alat transaksi, melainkan alat pengontrol emosi. Buku ‘The Psychology of Money’ mengajarkan kita bagaimana mengelola uang yang dimiliki dengan baik. Dari judulnya, kita sudah bisa mendapat gambaran kalau perilaku dan emosi seseorang sangat mempengaruhi dia dalam mengelola uang. Buku ini telah menjadi best seller internasional dan diterjemahkan di lebih dari 26 bahasa.

Buku ini disajikan dalam bentuk 19 cerita pendek berbasis kisah nyata tentang 2 orang yang bernama Ronald James Read dan Richard Fuscone. Ronald James Read merupakan seseorang yang berprofesi sebagai petugas kebersihan pom bensin Amerika Serikat. Sementara itu, Richard Fuscone adalah seseorang yang memiliki latar belakang pendidikan ekonomi, ia merupakan lulusan Universitas Harvard dan berprofesi sebagai eksekutif di perusahaan manajemen investasi Merril Lynch.

Buku ini sangat cocok untuk semua usia dan pesan-pesannya mudah dipahami. Kita bisa mengetahui cara-cara mengelola uang dari 2 cerita berbeda dari 2 orang.

****

Berikut video tentang rekomendasi buku-buku yang bisa Anda baca!