Apa Saja yang Membuat Kita Insecure dan 5 Cara Menanganinya?

Insecure adalah perasaan tidak aman yang dialami seseorang akibat faktor lingkungan atau ketidakmampuan individu itu sendiri. artikel ini ditulis oleh luhur pambudi

Tidak semua orang bisa memiliki rasa percaya diri yang tinggi dan berani tampil di depan banyak orang. Perasaan minder sering menghantui orang dengan rasa percaya diri rendah dan menganggap dirinya bisa menjadi bahan tertawaan orang lain. Lalu, apakah Anda sedang atau sering mengalami hal tersebut?

Jika Anda sedang atau bahkan sering mengalami perasaan tidak percaya diri, Anda bisa dikatakan sedang insecure.

Apa itu Insecure?

Apa Saja yang Membuat Kita Insecure dan Cara Menanganinya?

Insecure dalam bahasa Inggris berarti ‘tidak aman’. Insecure adalah sebuah kondisi cemas, merasa tidak mampu, dan tidak merasa percaya diri yang dialami seseorang terhadap suatu hal. Insecure ini dapat membuat seseorang merasa tidak aman berada di lingkungan sekitarnya.

Menurut Cambridge Dictionary, Insecure people have little confidence and are uncertain about their own abilities or if other people really like them (Orang yang tidak percaya diri memiliki sedikit kepercayaan diri dan tidak yakin dengan kemampuan mereka sendiri atau jika orang lain sangat menyukainya).

Penyebab Insecure

Beberapa faktor dapat menjadi penyebab insecure yang dialami seseorang.

Tidak percaya pada diri sendiri

rasa tidak percaya diri ini dapat membuat seseorang sulit menunjukkan kemampuan terbaiknya. rasa percaya diri ini juga akan membuat kita fokus pada kekurangan-kekurangan yang dimiliki sehingga skill dan bakat yang terpendam tidak dapat dikembangkan.

Overthinking

Overthinking adalah terus menerus berpikir mengenai hal yang negatif. Overthinking dapat membuat seseorang menghabiskan tenaga dan waktunya pada hal yang tidak bermanfaat baginya sehingga menghambat langkahnya untuk maju.

Trauma masa lalu.

Trauma terhadap suatu kejadian pada masa lalu menjadi salah satu faktor terbesar yang membuat seseorang merasa insecure. Kejadian buruk pada masa lalu dapat memicu ingatan atau kenangan buruk bagi seseorang pada masa kini sehingga mempengaruhi pengambilan keputusan atau melakukan sebuah tindakan.

Penolakan dari orang lain

Penolakan dari orang lain ini bisa terjadi dalam banyak hal. Seringnya, penolakan yang terjadi adalah penolakan cinta dari orang lain. Penolakan dari orang lain ini dapat membuat seseorang bertanya-tanya di mana salah dan kurangnya yang kemudian dapat menjadikan dirinya merasa tidak pantas dan rendah diri. Perasaan ini dapat membuat seseorang takut untuk mencoba hal yang serupa, takut melangkah kembali, dan takut memulai hal yang baru.

Cara menangani rasa Insecure

cara menangani insecure

Lalu, bagaimana cara agar kita dapat mengelola dan bahkan menangani perasaan insecure ini?

Positive Thinking

Berpikir positif adalah salah satu cara paling ampuh melawan rasa insecure. Dengan berpikir positif, kita akan mendapat rasa tenang dan melihat masalah dari sudut pandang yang berbeda. Tak hanya itu, berpikir positif juga dapat mengurangi stres dan membantu kita mengoptimalkan potensi dalam diri kita. Coba deh baca kutipan Motivasi dari tokoh-tokoh dunia disini.

Menghargai diri sendiri

Dirimu berhak bahagia dan dihargai. Seringkali kita dituntut untuk menghargai orang lain, tetapi sebenarnya yang paling berhak dihargai paling awal adalah dirimu sendiri. Menghargai setiap langkah yang sudah dilalui dan semua pencapaianmu akan membuat rasa percaya diri tumbuh dan mengurangi rasa insecure.

Me Time

Ternyata, Me Time atau waktu sendiri itu bermanfaat untuk menjaga kesehatan mental. Me time dapat diisi dengan kegiatan yang kamu sukai, mengembangkan diri, dan apapun yang bisa membuat kamu senang.

Jangan membandingkan dirimu dengan orang lain

Membandingkan dirimu dengan orang lain akan membuatmu tidak bersyukur dengan hal yang telah ada pada dirimu. Membandingkan dirimu dengan orang lain tidak akan mengubah apapun dan tidak memperbaiki kesalahan yang ada. Bangunlan motivasi perasaan bersyukur dan yakini setiap orang punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Jauhi orang-orang yang membuatmu insecure.

Hal yang paling utama adalah menjauhi orang-orang yang membuatmu insecure. Jika temanmu sering melontarkan kata-kata negatif dan menjatuhkan, lebih baik kamu mencari lingkungan dan teman baru agar mentalmu terjaga. Temukan support system atau circle pertemanan yang positif untuk membantu dirimu.

kamu juga bisa nonton video dari satu persen indonesia ini.

 


Baca juga: