Pengertian Hari Akhir Menurut Islam

pengertian hari akhir

Kamu sedang mencari informasi tentang pengertian hari akhir? Tepat sekali kamu berkunjung pada artikel ini di Sekilasinfo. Seorang muslim sudah sewajibnya untuk mengimani rukun iman ke-5, yaitu iman kepada hari akhir.

Pengertian hari akhir adalah hari kehancuran dan kematian bagi seluruh makhluk serta alam dunia dan seisinya. Pada ajaran islam, hari akhir sering disebutkan berulang kali dalam Al Qur’an. Tentu saja hal ini merupakan pengingat bagi manusia tentang adanya hari akhir, apa yang dilakukan dan apa yang mereka peroleh di bumi juga akan mendapatkan peradilan kelak di hari kemudian. Hasil peradilan tersebut akan menjadi penentu mereka akan mendaptkan kenikmatan surga atau siksa api neraka. Pada pengertian hari akhir atau biasa disebut kiamat sendiri dibagi menjadi dua jenis yaitu kiamat sugra (kiamat kecil) dan kiamat kubra (kiamat besar).

Terdapat pepatah yang menyebutkan bahwa kehidupan dunia adalah kehidupan yang sementara, manusia di dunia hanya seperti orang yang sedang melakukan perjalanan yang mampir minum. Manusia dan makhluk hidup di dunia sangatlah terbatas oleh ajal yang bisa kapanpun dan dimanapun mencabut nyawa, dan juga alam semesta itu sendiri. Pada agama Islam, gambaran dan pengertian hari akhir menurut Al-Qur’an dijelaskan sebagai hari di mana para manusia bertebaran seperti anai-anai dan gunung seperti suatu bulu yang dihambur-hamburkan.

Berikut pengertian hari akhir dan dalil-dalil yang tercantum pada kitab suci Al-Qur’an tentang pengertian hari akhir, yaitu sebagai berikut.

Pengertian Hari Akhir Menurut Islam

pengertian hari akhir

Pengertian hari akhir atau kiamat menurut Al Qur’an merupakan suatu hari kehancuran alam semesta beserta segala kehidupan yang terdapat pada alam semesta dan hari dibangkitkannya orang-orang yang sudah meninggal untuk dihisab amal dan mendapatkan peradilan atas apa yang mereka lakukan dan apa yang mereka peroleh selama hidup mereka.

Makhluk yang hidup selama ini hidup tidak ada satupun yang tahu kapan terjadinya hari kiamat, karena hal tersebut hanya diketahui oleh Allah SWT. Hal tersebut sesuai dengan surah Al-Ar’af ayat 187:

يَسْأَلُونَكَ عَنِ السَّاعَةِ أَيَّانَ مُرْسَاهَا ۖ قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ رَبِّي ۖ لَا يُجَلِّيهَا لِوَقْتِهَا إِلَّا هُوَ ۚ ثَقُلَتْ فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ ۚ لَا تَأْتِيكُمْ إِلَّا بَغْتَةً ۗ يَسْأَلُونَكَ كَأَنَّكَ حَفِيٌّ عَنْهَا ۖ قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ اللَّهِ وَلَٰكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ

Artinya:

“Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: ‘Bilakah terjadinya?’ Katakanlah: ‘Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba’. Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah: ‘Sesungguhnya pengetahuan tentang hari kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui’.

Jenis-Jenis Hari Kiamat

  1. Kiamat Sugra

Pengertian Hari Akhir Menurut Islam 1

Pengertian hari akhir pertama adalah Kiamat sugra yaitu kiamat yang dikategorikan sebagi kiamat kecil, karena kiamat tersebut menghancurkan sebagian alam tidak seluruh alam. Pengaruh kiamat ini sangat kecil dan kejadiannya sering diabaikan oleh manusia. Contoh kiamat sugra adalah kematian dari manusia dan bencana alam. Sejatinya, kiamat ini merupakan suatu bentuk peringatan Allah SWT, kepada manusia untuk bertaubat dan senantiasa mendekatkan diri kepada Allah SWT.

  1. Kiamat Kubra

Pengertian Hari Akhir Menurut Islam 2

Pengertian hari akhir selanjutnya adalaah kiamat kubra yaitu kiamat besar yang berporses kehancuran alam semesta yang ditandakan oleh berbagai tanda-tanda kiamat, hingga ketika ditiupnya sangkakala oleh Malaikat Israfil. Hari kiamat adalah hari akhir alam semesta ketika Allah SWT, melenyapkan segala kehidupan yang ada pada alam semesta.

Tidak ada satupun yang tahu kapan terjadinya kiamat kubra. Namun menurut hadis, Allah SWT memberi tahu bahwa kiamat kubra terjadi pada hari Jum’at:

“Sebaik-baik matahari terbit adalah hari jum’at. Pada hari Jum’at Adam diciptakan, pada hari itu dia dimasukan ke dalam surga dan pada hari Jum’at itu juga dia dikeluarkan dari Surga. Hari Kiamat tidaklah terjadi kecuali pada hari Jum’at.” (HR. Muslim No. 854).

Tanda-Tanda Hari Kiamat

Pengertian Hari Akhir Menurut Islam 3

Informasi yang sangat penting anda ketahui tentang pengertian hari akhir adalah tanda-tanda hari akhir atau kiamat. Menurut Mahmud Rajab Hamady pada bukunya yang berjudul Tanda-Tanda Kiamat, tanda akhir zaman menurut Islam yaitu sebagai berikut:

  1. Kemunculan Imam Mahdi

Tanda hari akhir yang pertama menurut Islam adalah kemunculan Imam Mahdi ke dunia manusia. Tanda-tanda kiamat tersebut sesuai dengan hadis dari Riwayat Al Hakim, Rasulullah SAW bersabda:

“Imam Mahdi akan keluar di akhir umatku. Allah akan menurunkan hujan, akan menumbuhkan tanaman di muka bumi, harta akan dibagi secara merata. Binatang ternak akan semakin banyak, begitu juga umat akan bertambah besar. Imam Mahdi hidup selama 7 atau 8 tahun.”

  1. Munculnya Al-Masih ad-Dajjal

Tanda hari akhir yang kedua menurut Islam adalah kemunculan dari Dajjal yang menyebarkan fitnah di muka bumi sehingga menyesatkan manusia. Sesuai dengan hadis yang diriwayatkan oleh Muslim, Rasulullah bersabda: “Tidak ada satu pun makhluk sejak Adam diciptakan hingga terjadinya kiamat yang fitnahnya lebih besar dari dajjal”. Dari hal tersebut dapat disimpulkan bahwa fitnah dajjal sangatlah besar dan kuat, jadi alangkah baiknya kita sebagai umat muslim mendekatkan diri kepada Allah SWT agar terhindar dari fitnah Dajjal.

  1. Turunnnya Nabi Isa as ke Dunia

Pada surah An-Nisa ayat 159, Allah SWT berfirman bahwa Nabi Isa akan muncul di dunia dan turun dari langit sehingga dapat menjadi saksi atas kehidupan umat manusia.

وَاِنْ مِّنْ اَهْلِ الْكِتٰبِ اِلَّا لَيُؤْمِنَنَّ بِهٖ قَبْلَ مَوْتِهٖ ۚوَيَوْمَ الْقِيٰمَةِ يَكُوْنُ عَلَيْهِمْ شَهِيْدًاۚ

Artinya: Tidak ada seorang pun di antara Ahli Kitab yang tidak beriman kepadanya (Isa) menjelang kematiannya. Dan pada hari Kiamat dia (Isa) akan menjadi saksi mereka.

  1. Munculnya Ya’juj dan Ma’juj

Pada surah Al-Kahfi ayat 94, Allah SWT berfirman mengenai munculnya Ya’juj dan Ma’juj pada hari kiamat

قَالُوْا يٰذَا الْقَرْنَيْنِ اِنَّ يَأْجُوْجَ وَمَأْجُوْجَ مُفْسِدُوْنَ فِى الْاَرْضِ فَهَلْ نَجْعَلُ لَكَ خَرْجًا عَلٰٓى اَنْ تَجْعَلَ بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمْ سَدًّا

Artinya: Mereka berkata, “Wahai Zulkarnain! Sungguh, Ya’juj dan Ma’juj itu (makhluk yang) berbuat kerusakan di bumi, maka bolehkah kami membayarmu imbalan agar engkau membuatkan dinding penghalang antara kami dan mereka?”

  1. Terbitnya Matahari dari Barat

Selanjutnya tentang pengertian hari akhir dalam tanda kiamat yang akan berlangsung adalah terbitnya matahari dari barat. Fenomena ini menjadi ditutupnya pintu taubat bagi manusia, Rasulullah bersabda, “Barang siapa bertobat sebelum matahari terbit dari barat, niscaya Allah menerima tobatnya”. Fenomena terbitnya matahari dari barat disebutkan dalam hadis Abu Dawud serta Ibnu Majah, dari Abdullah bin Amar, dia berkata: “Sesungguhnya pertanda yang pertama-tama muncul (menjelang kiamat) ialah terbitnya matahari dari Barat dan munculnya binatang melata menemui manusia pada waktu Dhuha. Mana saja dari keduanya yang lebih dulu terjadi, maka tidak lama sesudah itu yang lainnya pun segera terjadi”.

  1. Munculnya Binatang Melata

Keterangan munculnya binatang melata disebutkan dalam hadis yang sama dengan fenomena terbitnya matahari dari barat. Namun tidak diketahui pasti fenomena mana yang lebih dulu terjadi, apakah kemunculan binatang melata dulu atau terbitnya dari barat.

  1. Munculnya ad-Dukhan

Ad-Dukhan disebutkan di dalam Al Qur’an, Allah SWT bersabda mengenai kemunculan dari kabut yang akan menjadi peringatan akan datangnya hari kiamat.

فَارْتَقِبْ يَوْمَ تَأْتِى السَّمَاۤءُ بِدُخَانٍ مُّبِيْنٍ

Artinya: “Maka tunggulah pada hari ketika langit membawa kabut yang tampak jelas”.

  1. Munculnya Api

Pada Riwayat hadis muslim diriwayatkan bahwa, salah satu tanda besar dari datangnya hari kiamat adalah kemunculan sebuah api di muka bumi. Kemunculan api memanglah menjadi fenomena alam langka yang pasti terjadi sebagai tanda kiamat. Disebutkan bahwa “Dan yang terakhirnya adalah api yang keluar dari Yaman, menggiring manusia ke tempat mereka berkumpul”.

  1. Terjadinya Sebuah Gempa

Fenomena ini menjadi suatu tanda hari kiamat yang dijelaskan dalam Al Qur’an pada surah Al-Hajj ayat 1 yang berbunyi:

يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوْا رَبَّكُمْۚ اِنَّ زَلْزَلَةَ السَّاعَةِ شَيْءٌ عَظِيْم

Artinya: Wahai manusia! Bertakwalah kepada Tuhan-mu; sungguh, guncangan (hari) kiamat itu adalah suatu (kejadian) yang sangat besar.

  1. Kehancuran Ka’bah

Tanda-tanda kiamat yang terakhir terjadi adalah kehancuran dari Ka’bah. Hal ini sesuai dengan hadis Riwayat Hakim dan Abu Ya’la, oleh Abu Sa’id Al Khudri RA yang berbunyi:

“Hari kiamat tidak akan terjadi sebelum Ka’bah ini tidak lagi didatangi orang untuk menunaikan ibadah haji.”

Serta orang yang akan menghancurkan Ka’bah juga dijelaskan dalam hadits riwayat muslim dan Bukhari, dari Abu Hurairah RA, Rasulullah saw. bersabda, “Ka’bah diruntuhkan oleh Dzu Suwaiqatain dari Habasyah.”

Baca Juga: Rekomendasi Wisata Sejarah Islam

Sekian informasi dan ilmu yang dapat saya sampaikan tentang pengertian hari akhir menurut Islam, semoga hal tersebut bermanfaat bagi anda khususnya dalam menambah wawasan tentang pengertian hari akhir.

Have A Nice Day 😊

 


Baca juga :