Upaya Peningkatkan Kualitas Usaha dan Ide Jasa Kreatif

Usaha jasa bisa menjadi pilihan bagi Anda jika ingin bekerja sendiri, namun tidak memiliki modal yang cukup untuk menciptakan barang dagangan.

Usaha jasa bisa berdasar atau hobi atau keterampilan yang Anda miliki, sehingga bisa bermanfaat bagi orang lain.

Apalagi saat maraknya system kerja Work From Home¸ maka bisnis jasa tentu tidak begitu sulit untuk dilakukan.

Anda bisa memasarkan jasa Anda memalui Media Sosial, lalu memasarkan jasa Anda secara online. Tentu saja setiap usaha perlu perencanaan yang matang, maka dari itu jasa harus Anda persiapkan.

Berikut ini rekomendasi jasa yang bisa menjadi pilihan Anda, jika Anda ingin mulai membuka jasa sendiri.

Penjelasan Usaha Jasa

Bisa dibilang jasa merupakan pekerjaan yang tidak perlu adanya proses penciptaan produk barang untuk dijual.

Artinya, untuk membuka jasa, Anda membutuhkan keterampilan khusus untuk kemudian menyalurkan ilmu Anda mengenai keterampilan tersebut pada orang lain.

Usaha jasa dapat dibangun sendirian atau secara berkelompok, bersama-sama memberikan pelayanan untuk pelanggan.

Karena produk yang ditawarkan tidak memilki bentuk fisik, maka penjual hanya menawarkan keahliannya, dan harus memuaskan pelanggan agar suka dengan jasa yang dijual.

Tidak ada keterlibatan barang, jadi sebagai pebisnis jasa, Anda tidak memerlukan stock¸ inventori, atau tempat penyimpanan dimana Anda menjual barang-barang Anda.

Nilai yang ditawarkan bisnis jasa tidak dapat dilihat dan diraba, namun untuk menilainya, seseorang perlu merasakannya.

Upaya Meningkatkan Kualitas Servis Bisnis Jasa

Upaya yang perlu Anda perhatikan saat membangun bisnis jasa adalah service quality. Berikut ini 5 elemen untuk meraih customer satisfaction.

1. Reliability

Reliability dinila dari bagaimana sebuah perusahaan mampu memberikan pelayanan yang tepat kepada pelanggannya.

Saat pelanggan datang untuk membeli jasa kita, tentu keluhan yang mereka bawa berbeda-beda, maka penanganannya pun berbeda.

Misalnya saja, Anda membuat jasa salon, seorang pelanggan meminta agar rambutnya untuk dipotong, karena ia kesulitan merawat rambut panjang.

Pelanggan yang lain pasti berbeda keluhannya, mungkin ia lebih memilih jasa untuk creambath karena ia merasa sedang stress akhir-akhir ini.

Atas dua keluhan berbeda, maka sebagai pelayan jasa, Anda harus memahami keinginan pelanggan serta pelayanan apa yang mereka butuhkan.

2. Assurance

Assurance artinya berusaha sebaik mungkin, memberikan pelayanan terbaik agar pelanggan percaya dengan jasa yang diberikan perusahaan milik kita.

SEperti pelayanan yang ramah dan sigap, sehingga mewujudkan keinginan yang dibawa pelanggan. Untuk merealisasikan elemen ini, maka setiap karyawan harus diberikan pelatihan.

Pelatihan tersebut berisi modul pembelajaan bagaimana melayani konsumen dengan baik. Berikan karyawan semua informasi terkait produk dan company profile.

Jika karyawan sudah diberi pelatihan, maka pastikan saat bekerja karyawan mampu menjawab semua pertanyaan dari konsumen,

3. Tangible

Tangible artinya adalah nyata pelayanan yang diberikan kepada pelanggan harus bersifat nyata karena jasa artinya memberikan kualitas pelayanan terbaik sebagai salah satu produk kita.

Selain pelayanan kondisi tempat kita berjualan juga meyakinkan, misalnya saja kondisi toko yang bersih, rapi, dan wangi, ditambah pegawainya yang ramah tentu akan disukai oleh pelanggan.

Belum lagi wajah kita di Social Media, seperti apa desain visual di akun bisnis kita nantinya, atau cerita apa yang kita bawakan pada akun bisnis tersebut.

4. Empathy

Mampu untuk berempati kepada pelanggan, artinya kemampuanan jasa kita untuk selalu memperhatikan pelanggan.

Dengan memperhatikan pelanggan, maka kita paham apa yang mereka cari, lalu memberikan solusi kepada mereka.

Misalnya saja awak kabin pesawat, mereka harus memahami para penumpag. Bukan untuk menunggu sampai penumpang meminta pertolongan, tetapi kita sendiri yang harus mulai menghampiri penumpang tersebut untuk mendengar keluh kesahnya.

5. Responsiveness (Daya Tanggap)

Daya tanggap maksudnya adalah bagiamana perusahan memberikan respon tepat waktu kepada pelanggan.

Tingkat daya tanggap ini bisa dilihat dari seberapa besar keingintahuan Anda terhadap tingkat kesulitan pelanggan.

Ide Usaha Jasa

Setelah Anda memahami apa itu usaha jasa, serta elemen-elemen apa saja saat ingin membantun jasa, maka sekarang saatnya Anda menentukan ide jasa apa yang ingin Anda bangun.

1. Jasa Penerjemah

Kemampuan untuk multi-bahasa merupakan keunggulan bagi diri Anda, karena Bahasa adalah alat komunikasi manusia.

Misalnya yang paling banyak dibutuhkan adalah Bahasa Inggris. Di era modern ini, seiring bertambah canggihnya teknologi, syarat keterimanya kita sebagai pegawai adalah kemampuan berbahasa Inggris.

Tidak jarang juga perusahaan membutuhkan jasa penerjemah untuk menerjemahkan suatu dokumen atau proyek tertentu.

Seorang penerjemah bukan hanya menerjemahkan satu Bahasa ke Bahasa lainnya, melainkan juga memastikan tata Bahasa yang digunakan juga benar dan rapi.

blogging personal
Photo by Mel Poole on Unsplash

2. Jasa Penulisan Artikel

Jika Anda memiliki hobi menulis blog, maka usaha ini bisa Anda buka, Anda bisa bekerja sebagai freelance Content Writer.

Menjadi penulis artikel membutuhkan kesenangan untuk membaca segala informasi, kemudian menuliskannya kembali menjadi artikel informasi tersebut dalam bentuk rangkuman.

Menulis artikel biasanya menulis 500 – 2000 kata dalam satu artikel. Tentunya semakin banyak kata yang kita tulis, bayaranya juga semakin tinggi.

Percayalah, tidak semua orang bisa menulis. Bahkan beberapa orang untuk mengisi suatu kertas blank putih pada Microsoft Word saja bingung.

Jika Anda memilki bakat menulis ini, maka jangan sia-siakan.

jasa potong rambut usaha jasa
Photo by Engin Akyurt on Pexel

3. Jasa Potong Rambut

Untuk membuka jasa potong rambut sebenarnya Anda membutuhkan modal yang besar, tetapi tidak masalah juga jika Anda ingin membuka gerai potong rambut kecil terlebih dahulu.

Anda bisa mulai membeli peralatan serta produk salon, seperti shampoo, creambath, vitamin rambut yang semuanya dibungkus dalam bentuk eceran.

Untuk membuka jasa ini, Anda perlu kursus, pelatihan, atau mempraktekkan kemampuan Anda terlebih dahulu.

Karena untuk latihan keterampilan memotong rambut Anda, Anda memerlukan subjek, yang artinya melibatkan orang lain.

Kita tidak pernah tahu jika potongan rambut kita sudah bagus atau belum, atau apakah pelayanan kita sudah bagus atau belum, jika kita belum mempraktekkannya kepada orang lain secara langsung.

opsi pekerjaan freelance

4. Jasa Pembuatan Website

Kini adalah masa peralihan dari bisnis tradisional, menjadi bisnis digital. Jika perusahaan Anda belum memilki akun Social Media¸maka akan berkurang kredibilitasnya.

Website merupakan salah satu platform yang banyak dibutuhkan bisnis jaman sekarang. Mereka butuh para programmer andal.

Jika Anda memilki latar belakang IT, maka Anda bisa terus mengasah keterampilan Anda dalam programming, lalu membuka jasa pembuatan website. Pendapatan dari jasa web developer juga termasuk tinggi.

Kesimpulan

Usaha jasa merupakan usaha yang tidak membutuhkan produk berupa benda untuk dijual, melainkan Anda dapat mengandalkan keterampilan Anda sendiri untuk dijual.

Tidak perlu adanya proses penciptaan produk, maka untuk membuka jasa tidak dibutuhkan modal yang besar, tetapi Anda perlu memasarkan diri Anda dengan gencar.

Beberapa jenis jasa yang sedang popular biasanya berhubungan dengan industry digital¸ seperti web developer, freelance content writer¸ social media manager, dan sebagainya.

Kunci penting dalam membangun jasa adalah keterampilan pelayanan yang Anda miliki. Terus tingkat excellent service Anda kepada pelanggan, maka usaha Anda dapat bertahan.

Demikian artikel ini kami bagikan dari Sekilas Info, semoga dapat bermanfaat!


Baca juga: