Cara menjumlahkan angka di Microsoft Excel versi desktop

Cara menghitung jumlah otomatis di Microsoft Excel

Halo sobat sekilasinfo, kali ini kita kerjasama dengan MrHarga untuk berbagi sebuah tutorial cara menjumlahkan angka secara otomatis di Microsoft Excel aplikasi pengolah data terpopuler dari microsoft.

Buat kamu yang penasaran simak terus ya..

Cara menjumlahkan angka di Microsoft Excel versi desktop

Jika Anda perlu menjumlahkan kolom atau baris angka, biarkan Excel yang menghitungnya untuk Anda. Pilih sel di sebelah angka yang ingin Anda jumlahkan, klik autosum pada tab home, tekan Enter , dan selesai.

Cara menghitung jumlah otomatis di Microsoft Excel 1

Saat Anda mengklik AutoSum, Excel secara otomatis memasukkan rumus (yang menggunakan fungsi SUM ) untuk menjumlahkan angka.

Berikut adalah contoh. Untuk menambahkan angka Januari dalam anggaran Hiburan ini, pilih sel B7, sel tepat di bawah kolom angka. Kemudian klik AutoSum. Rumus muncul di sel B7, dan Excel menyoroti sel yang Anda jumlahkan.

Cara menjumlahkan angka di Microsoft Excel versi desktop

Tekan Enter untuk menampilkan hasilnya (95,94) di sel B7. Anda juga dapat melihat rumus di bilah rumus di bagian atas jendela Excel.

Cara menghitung jumlah otomatis di Microsoft Excel 2

Catatan: 

  • Untuk menjumlahkan kolom angka, pilih sel tepat di bawah angka terakhir di kolom. Untuk menjumlahkan deretan angka, pilih sel tepat di sebelah kanan.
  • AutoSum ada di dua lokasi: Home> AutoSum, dan Formula> AutoSum .
  • Setelah Anda membuat rumus, Anda dapat menyalinnya ke sel lain alih-alih mengetiknya berulang-ulang. Misalnya, jika Anda menyalin rumus di sel B7 ke sel C7, rumus di C7 secara otomatis menyesuaikan ke lokasi baru, dan menghitung angka di C3:C6.
  • Anda juga dapat menggunakan JumlahOtomatis di lebih dari satu sel sekaligus. Misalnya, Anda dapat menyorot sel B7 dan C7, klik AutoSum, dan jumlahkan kedua kolom secara bersamaan.
  • Anda juga dapat menjumlahkan angka dengan membuat rumus sederhana .

Cara menjumlahkan angka di Microsoft Excel versi Android

1. Di lembar kerja, ketuk sel kosong pertama setelah rentang sel yang memiliki angka, atau ketuk dan seret untuk memilih rentang sel yang ingin Anda hitung.

Cara menghitung jumlah otomatis di Microsoft Excel 3

2. Ketuk AutoSum.

Cara menghitung jumlah otomatis di Microsoft Excel 4

3. Ketuk Sum.

Cara menghitung jumlah otomatis di Microsoft Excel 5

4. Ketuk tanda centang.

Cara menghitung jumlah otomatis di Microsoft Excel 6

5. Kamu sudah selesai!

Cara menghitung jumlah otomatis di Microsoft Excel 7


Demikian tutorial dan Cara menghitung jumlah otomatis di Microsoft Excel. Jika dirasa bermanfaat jangan ragu-ragu untuk menekan tombol share dibawah, barangkali salah satu kawan anda membutuhkan tutorial ini.


Baca juga: