Cara Membuat Masker Kopi Dengan Mudah

cara membuat masker kopi

Dalam artikel ini kami akan membahas cara membuat masker kopi dengan mudah yang bisa anda lakukan sendiri dirumah untuk merawat kulit atau untuk sekedar mengisi waktu luang agar tidak gabut. Namun sebelum itu, kami akan memaparkan sedikit informasi mengenai manfaat kopi baik untuk dikonsumsi atau pun diolah menjadi masker.

Biji kopi untuk sebagian atau bahkan untuk semua masyarakat di Indonesia biasanya diseduh di dalam cangkir tanda mati pada pagi hari atau saat waktu bersantai. Namun ternyata kopi memiliki manfaat lain selain untuk dinikmati dengan diminum, tetapi dengan dioleskan di wajah, ya.. masker wajah.

Kopi ternyata memiliki banyak manfaat jika digunakan sebagai masker wajah karena kopi merupakan obat alternatif untuk kulit ini karena kopi mengandung antioksidan yang baik untuk kulit. Antioksidan merupakan sebuah zat yang mengandung fenol yang dapat membantu melawan radikal bebas yang yang menyebabkan kulit menjadi rusak. Jadi jika Anda minum kopi itu berarti anda memberikan antioksidan secara internal bagi tubuh dan jika kita menggunakan kopi sebagai masker kita memberikan antioksidan secara eksternal. Lalu apa saja manfaat kopi bagi kulit jika kita gunakan untuk sebagai masker ?

Berikut manfaat masker kopi bagi kulit yang kami rangkumkan bagi anda :

  1. Mengurangi Selulit

Serbuk kopi yang yang kita oleskan ke kulit dapat meminimalkan tampilan selulit pada kulit. Ini bisa terjadi karena kopi memiliki memiliki kandungan kafein yang dapat melebarkan pembuluh darah di bawah kulit dan meningkatkan aliran darah secara keseluruhan sehingga dapat mengurangi selulit.

  1. Efek Menenangkan

Kopi jika kita oleskan ke kulit akan memberikan efek yang menenangkan, ini terjadi karena kandungan antioksidan yang cukup tinggi di dalam kopi.

  1. Mengobati Jerawat

Kopi juga dapat mengobati infeksi kulit dan juga jerawat yang disebabkan oleh bakteri berbahaya jika dioleskan ke kulit.

  1. Lingkaran Hitam

Kopi mengandung kafein yang bisa membantu melebarkan pembuluh darah sehingga kopi juga bisa membantu mengobati lingkaran hitam yang susah bilangan di bawah mata.

Itulah beberapa manfaat masker kopi untuk kulit wajah. Kemudian selanjutnya kami akan memberikan beberapa cara untuk membuat masker kopi.

Berikut cara-caranya yang telah kami rangkumkan untuk anda:

Cara membuat masker kopi untuk jerawat

masker kopi

Jerawat merupakan benjolan kecil yang ada di area sekitar wajah. Jerawat merupakan hasil dari tersumbatnya pori-pori oleh sel kulit mati dan zat-zat lain sehingga minyak alami dari kulit tidak bisa keluar sehingga terbentuklah jerawat.

Kandungan asam klorogenat pada kopi dapat mengurangi peradangan dan melindungi kulit dari beberapa jenis bakteri. Dan kopi yang kita buat menjadi masker bisa membantu mengangkat sel kulit mati yang menyebabkan jerawat.

Berikut cara membuatnya :

  1. Pertama campurkan 2 sendok makan kopi bubuk, 3 SDM susu murni atau yogurt, dan satu sendok makan madu.
  2. Setelah itu oleskan campuran tersebut di wajah dengan merata.
  3. Kemudian tunggu hingga kering atau selama 10 menit.
  4. Setelah kering atau sudah selama 10 menit bilas atau cuci wajah anda dengan air bersih dan kemudian keringkan.

Cara membuat masker kopi dan minyak zaitun

masker kopi minyak zaitun

Fungsi dari masker kopi dan minyak zaitun adalah untuk mengangkat sel kulit mati karena bubuk kopi merupakan pengelupas yang bagus dan efektif untuk mengangkat sel kulit mati yang menyebabkan jerawat dan kusam pada kulit.

Berikut ini cara membuat masker kopi dan minyak zaitun :

  1. Pertama-tama campuran bubuk kopi hitam sebanyak 2 sendok dengan minyak zaitun dan gula secukupnya sampai menjadi pasta atau kental.
  2. Kemudian oleskan pada wajah secara merata.
  3. Setelah itu diamkan selama 15 menit
  4. Selanjutnya nya untuk mengangkat sel kulit mati di wajah pijat wajah dengan gerakan memutar.
  5. Lalu bilas dengan air bersih dan keringkan wajah anda.

Cara membuat masker kopi dan telur

masker kopi telur

Masker ini berguna bagi Anda yang memiliki kantung mata. Karena kopi memiliki kandungan yang dapat mengatasi kantung mata dan juga mengurangi mata panda dan garis-garis halus di sekitar mata.

Berikut cara membuat masker kopi dan telur :

  1. Tahapan yang pertama adalah mencampurkan satu sendok makan putih telur dan buah sendok makan kopi bubuk, kemudian aduk hingga berbusa.
  2. Jika sudah, oleskan campuran tadi ada bagian kantung mata.
  3. Kemudian tunggu hingga kering atau tunggu selama 10 menit.
  4. Setelah itu bersihkan dengan handuk basah atau tisu basah.
  5. Untuk hasil yang lebih maksimal Anda bisa menggunakan pelembab mata.

Cara membuat masker kopi dan madu

masker kopi madu

Campuran kopi dan madu ini bermanfaat untuk mencerahkan wajah. Ini bisa terjadi karena kopi mengandung senyawa antioksidan yang dapat merangsang sel-sel kulit untuk beregenerasi yang dapat mencegah terjadinya penuaan kulit sehingga kulit tetap cerah.

Sementara itu kopi yang dikombinasikan dengan madu akan menambah khasiat untuk mencerahkan wajah. Karena madu dapat mempertahankan kelembaban kulit dan kopi akan membuat wajah tetap terhidrasi.

Berikut cara membuat masker kopi dengan madu :

  1. Pertama-tama campurkan satu sendok makan madu dengan satu sendok makan kopi kemudian aduk hingga membentuk pasta.
  2. Sebelum mengoleskan masker wajah bersihkan terlebih dahulu wajah anda, kemudian setelah dioleskan tunggu selama 20 menit.
  3. Kemudian pijat area wajah secara perlahan dan lembut dengan pola gerakan melingkar selama 2 sampai 3 menit sebelum anda membelinya dengan air bersih.
  4. Jika sudah physical pasta kopi dan madu tadi menggunakan air bersih dan keringkan.

 

Demikian informasi mengenai manfaat kopi dan cara membuat masker kopi yang dapat kami sampaikan kepada anda. Semoga apa yang kami berikan bisa bermanfaat bagi kita semua dan bisa menambah wawasan dan pengetahuan kita tentang biji kopi selain untuk diseduh. Terima kasih.


Baca juga :