Mengenal 8 Jenis Kopi Terbaik di Indonesia

jenis kopi di Indonesia

Tahu gak sih kalian jenis jenis kopi yang ada di Indonesia ? jika kamu sedang mencari jenis kopi maka tidak ada salahnya mencari informasinya di Sekilasinfo

Padahal, ada 25 jenis kopi yang dijual di Indonesia. Namun, hanya 4 spesies kopi yang dikenal di dunia.

Berikut ini merupakan jenis dan nama minuman kopi.  Sebagai pecinta kopi, Anda pasti tahu jenis-jenisnya dan mana yang enak. Kopi Indonesia yaitu Arabica dan Robusta. Bentuk biji kopi arabika agak memanjang, agak pipih dan kasar. Biji kopi robusta sekarang lebih bulat dan lebih kecil dari kopi arabika. Untuk informasi mengenai berbagai nama jenis kopi dan minuman kopi terbaik lainnya, silahkan simak ulasan di bawah ini. Selamat membaca dan mencari tahu.

Kopi Robusta

jenis kopi arabika

Tentunya kopi yang sering dikonsumsi oleh penduduk Indonesia adalah kopi Robusta. Pada mulanya biji kopi robusta ditemukan di Negara Kongo pada ketinggian 400 hingga 700 meter diatas permukaan laut (mdpl) dengan suhu 21-24 celcius. Jenis kopi ini lebih tahan pada serangan hama dan penyakit seperti karat daun, akan tetapi perlu 10 hingga 11 bulan dalam proses pembuahannya. Pada segi rasa, kopi robusta cenderug agak pahit dibandingkan dengan arabika.

Pastinya kopi robusta harganya lebih murah dibandingkan dengan jenis kopi yang lain. ada dua jenis varietas kopi yang populer hasil persilangan antara arabika dan robusta yaitu jenis kopi Timor dan Catimor.

Kopi Arabika

Mengenal 8 Jenis Kopi Terbaik di Indonesia

Kopi Arabika paling pertama di dunia berasal dari Etiopia, kemudian orang Arab menyebarkannya ke seluruh belahan dunia melalui jalur perdagangan. Kopi arabika adalah kopi paling populer di dunia.

Kopi arabika juga lebih mahal karena perawatan dan penanamannya tidak mudah. Terlalu pekat untuk menjadi lebih asam daripada kafein. Dibandingkan dengan jenis kopi lainnya, aroma kopi arabika lebih kuat dan kuat. Ada dua varietas Arabika yang terkenal di dunia, yaitu Tibica dan Bourbon.

Kopi Excelsa

Mengenal 8 Jenis Kopi Terbaik di Indonesia

Jenis kopi selanjutnya yaitu kopi Excelsa yang mana kopi ini berasal dari wilayah Afrika Barat tepatnya berada didekat danau Chad. Kopi Excelsa dapat dibudidayakan di dataran rendah dan basah karena jenis kopi ini tidak rentan diserang oleh penyakit.

Di negara Indonesia kopi excelsa dapat ditemui di daerah kabupaten Tanjung Jabung Barat Provinsi Jambi. harga dan kualitas Excelsa sangat tinggi dibandingkan dengan jenis kopi Arabica dan Robusta.

Kopi Liberica

Mengenal 8 Jenis Kopi Terbaik di Indonesia

Selanjutnya kita akan mengenal jenis kopi Liberica, yang mana jenis kopi ini memiliki ukuran kopi lebih besar daripada jenis kopi arabika dan robusta. akan tetapi pada saat proses pengeringan / penjemuran bobot kopi jenis liberica dapat menyusut hingga 10% dari bobot basahnya. Maka dari itu jenis Liberica kurang disukai oleh petani dikarenakan ongkosnya akan menjadi lebih mahal karena prosesnya panjang dan cukup lama. sehingga tingkat produksi dari jenis kopi liberica ini hanya 1 hingga 2 persen di Dunia.

Sudah tahu kopi liberica ini dari mana? Kopi Liberica ini berasal dari daerah Liberia, Afrika Barat yang tunbuh kurang lebih 9 meter dari tanah. Jenis kopi Liberica ini sedikit rentan pada penyakit HV Hemileia vastratix atau yang sering kita kenal dengan karat daun.

8 Jenis Kopi Favorit dan Terbaik di Indonesia

  • Kopi Kintamani

Kopi ini memiliki ukuran biji yang besar dan body yang sangat kuat. Rasanya tidak terlalu pahit. Kopi Kintamani memiliki dua nada utama, bunga dan lemon. Aroma lemon dan bunga berkontribusi pada keunikan rasa kopi ini. Biji kopi Indonesia yang ditanam di pegunungan Kintamani di Pulau Bali memiliki produksi yang sangat besar, sekitar 2000-3000 ton per tahun. Di perkebunan, biji kopi Kintamani diairi dengan teknik irigasi tradisional yang disebut Subak. Negara tujuan ekspor utama kopi ini adalah Jepang, Australia dan Arab.

  • Kopi Gayo

Kopi Gayo memiliki nama yang sama dengan daerah pegunungan dimana kopi ini pertama kali ditanam. Biji kopi Indonesia yang tumbuh di dataran tinggi wilayah Aceh Tengah ini memiliki cita rasa yang khas dan cita rasa yang enak. Tidak terlalu pahit dan tidak terlalu kuat, karena rasanya yang sempurna, kopi Gayo mendapatkan Fair Trade Certified dari International Organization of Fair Trade pada tahun 2010. Tidak hanya itu, kopi Gayo juga dinominasikan sebagai kopi terbaik di dunia di International Konferensi Ilmu Kopi. Selain itu, kopi Gayo menjadi kopi termahal di pameran kopi yang diadakan oleh Specialty Coffee Association of America. Untuk saat ini, negara AS dan Eropa menjadi tujuan utama ekspor kopi ini. Kopi gayo kebanyakan rasanya seperti coklat dan bersahaja tergantung bagaimana biji kopi disangrai,

  • Kopi Jawa

Varietas utama kopi Jawa pada awalnya adalah Arabica dan Robusta. Di Jawa Tengah, biji kopi didominasi oleh Arabika sedangkan di Jawa Timur sebagian besar biji kopi adalah Robusta. Ada berbagai perkebunan kopi di Pulau Jawa yang menghasilkan biji kopi Indonesia berkualitas tinggi, seperti Jampit, Belawan dan Kayu Mas. Ciri-ciri kopi ini adalah asam sedang, cukup kental, dan aromatik seperti teh dan bersahaja.

  • Kopi Flores Bajawa

Pulau Flores juga menghasilkan biji kopi Indonesia yang berkualitas baik. Biji kopi dari pulaunya disebut kopi Bajawa. Kopi Bajawa memiliki tingkat keasaman yang rendah dan body yang cukup kuat. Rasa utama dari kopi ini adalah coklat, vanilla dan karamel. Biji kopi Indonesia ini ditanam di dataran tinggi Bajawa, pegunungan di Flores. Produk kopi Bajawa diekspor ke Amerika Serikat.

  • Kopi Toraja

Perbedaan utama antara kopi Toraja dan biji kopi Indonesia lainnya adalah kopi ini tidak meninggalkan rasa asam di mulut dan rasa asamnya tidak meninggalkan rasa asam di lidah sejak tegukan pertama. Rasa kopi Toraja pada dasarnya sama dengan kopi Sulawesi lainnya seperti Kalosi, seperti keasaman rendah dengan aroma kayu dan sedikit bersahaja. Rasa khas ini disebabkan oleh teknik tradisional yang digunakan oleh petani untuk mengambil biji. Sekali seumur hidup, Anda perlu mencoba semua rasa biji kopi Indonesia. Ini akan memberi Anda pengalaman minum kopi yang benar-benar baru dan luar biasa.

  • Kopi Ijen

Kopi ijen jawa memiliki ciri khas yang sangat unik dan tentunya berbeda dengan kopi lainnya Jika dibandingkan dengan kopi arabika lainnya, kopi spesialti jawa ini merupakan kopi arabika yang agak lebih ringan dengan tingkat keasaman yang rendah. Sehingga rasa asam yang disuguhkan sangat eksotis. Rasanya juga sangat unik, yaitu memiliki rasa nutty, chocolate, dan spice dengan tingkat keasaman yang rendah, dan sedikit rasa manis. Aroma khas akan terasa saat diseduh untuk pertama kali. Kopi Jawa Ijen Raung memiliki tekstur yang lembut sehingga terkesan manis dalam penyajiannya.

  • Kopi Wamena

Yang berikutnya adalah Kopi Wamena, espresso umum terbaik di Indonesia. Yang satu ini berguna untuk masyarakat umum yang baru di dunia espresso karena memiliki rasa yang tidak keras dan sangat ringan. Ini juga yang solid karena disampaikan dengan cara yang unik untuk para peternak.

Begitu juga dengan keadaan tempat yang hijau dan subur dimana ada Papua membuat espresso ini begitu nikmat untuk dicicipi. Memang, bahkan beberapa orang memberikan ulasan yang bagus tentang espresso ini. Mereka bahkan mengatakan bahwa yang satu ini adalah espresso kelas atas di Indonesia.

  • Kopi Luwak

Kopi Luwak. Kopi Luwak pertama benar-benar merupakan espresso paling mahal dari semuanya. Anda dapat menemukannya hanya di negara Indonesia. Kopi dibuat sedemikian rupa menggunakan proses pematangan di dalam tubuh luwak. Karena cara pembuatannya, esensinya pun tidak sama dengan espresso lain di luar sana.

Bagi pecinta kopi, yang satu ini wajib dicoba. Beberapa wisatawan bahkan mulai datang ke Indonesia hanya untuk mencoba dan membeli sendiri. Banyak orang memujanya. Sebagai pilihan, Anda bisa melahap bingkai sachet yang dijual di beberapa etalase skala kecil di Indonesia. Bagaimanapun, rasanya kurang enak dari yang pertama.

Nah itulah Informasi 8 jenis kopi terbaik di Indonesia yang Sekilasinfo sampaikan kepada pemirsa sekilasinfo, semoga informasi ini dapat menambah wawasan pemirsa dan bermanfaat dengan baik.

 


Baca juga :