Pengertian Bachelor Degree, Undergraduate, Graduate dan Postgraduate

Kata – kata seperti Bachelor Degree, Undergraduate, Graduate, dan Postgraduate sudah sering terdengar saat ini. Namun, masih banyak orang awam yang belum mengetahui makna dari kata tersebut. Untuk anda yang ingin mengetahui makna dari kata kata diatas, simak ulasan yang telah disediakan sekilasinfo di bawah ini!

Table of Contents

1. Bachelor Degree

bachelor degree

Bachelor Degree artinya adalah gelar universitas di mana siswa mempelajari mata pelajaran pilihan mereka di lembaga akademis dan umumnya dikenal sebagai gelar sarjana atau gelar s1 dalam Bahasa Inggris. Bachelor dgree atau gelar sarjana adalah jalur akademik populer yang dirancang bagi mereka yang ingin membuka pintu peluang profesional. Memperoleh bachelor degree atau gelar sarjana dapat membuka akses ke peluang kerja, memaparkan pelajar pada ide-ide baru, dan meningkatkan potensi penghasilan anda.

Ada beberapa manfaat yang didapat jika memperoleh bachelor degree atau gelar sarjana. Hal ini termasuk peningkatan potensi penghasilan, prospek pekerjaan yang lebih baik, dan pengalaman hidup yang baru serta memperkaya. Jika anda telah bekerja untuk sementara waktu, bachelor degree atau gelar sarjana juga dapat membantu anda memulai karir baru atau mengupgrade karir anda saat ini.

Meraih bachelor degree atau gelar sarjana bisa menjadi langkah awal menuju gelar akademik yang lebih tinggi, seperti gelar magister atau doktoral. Semua jenis bachelor degree atau gelar sarjana membutuhkan seni liberal dan kelas pendidikan umum. Banyak siswa akan mengambil beban kursus yang mencakup bahasa Inggris, berpikir kritis, psikologi, sejarah, matematika, dan lain-lain. Biasanya hanya 30 hingga 36 sks — 10 hingga 12 mata kuliah yang akan menjadi bidang studi utama siswa. Sistem ini membuka jalan bagi karir tingkat pemula dan pendidikan pascasarjana.

Baca juga: 10 Rekomendasi Sewa Motor Bogor Terbaik

2. Undergraduate

bachelor degree

Undergraduate adalah seorang mahasiswa di universitas atau perguruan tinggi yang belum menerima gelar pertama, terutama gelar sarjana. Undergraduate akan mempelajari berbagai macam mata pelajaran, pada dasarnya memulai studi tingkat pertama di universitas ke mata pelajaran apa pun yang dipelajari atau diajarkan di universitas yang hampir semuanya dan apa saja. Pada program undergraduate, mahasiswa akan memiliki elemen besar modul atau kursus yang diajarkan dan lebih sedikit penelitian individual.

Mahasiswa yang mengambil program undergraduate dapat berusia hampir berapa pun, tetapi mayoritas mahasiswa undergraduate berusia akhir belasan tahun dan awal dua puluhan dan biasanya datang langsung dari sekolah atau setelah mengambil satu atau dua tahun dari studi mereka untuk bepergian atau bekerja. Namun, banyak siswa yang mengambil gelar undergraduate mereka untuk menjadi siswa dewasa atau mengubah arah karir dengan undergraduate. Hal ini berarti tidak ada batasan atas usia seorang untuk menjadi  mahasiswa undergraduate.

Lama studi untuk program undergraduate semua tergantung pada program studi. Pada setiap negara, program undergraduate memiliki waktu durasi kuliah yang berbeda-beda sesuai kebijakan yang diberikan oleh negara atau kampus tersebut. Beberapa mahasiswa sarjana belajar paruh waktu dan dalam hal ini mereka akan membutuhkan waktu antara empat dan delapan tahun untuk menyelesaikan kursus mereka. Undergraduate merupakan program studi akademik yang mengarah ke kualifikasi, seperti gelar associate, diploma, atau gelar sarjana. 

Baca juga: 10 Rekomendasi Sewa Mobil Lampung Terbaik

3. Graduate

bachelor degree

Graduate biasanya mengacu pada gelar di luar sarjana, paling sering gelar master. Mahasiswa graduate merupakan mahasiswa yang mengejar gelar lanjutan setelah memperoleh gelar undergraduate dengan lulus dari program undergraduate. Menyebut seseorang sebagai mahasiswa undergraduate berarti mereka mengejar gelar master mereka, tetapi itu mungkin gelar lanjutan lainnya, seperti PhD. Pada umumnya orang-orang paling sering menyebut siswa tersebut sebagai mahasiswa PhD.

Untuk mendapatkan gelar graduate, mahasiswa pascasarjana pergi ke divisi universitas yang dikenal sebagai sekolah pascasarjana, dan program semacam itu sering disebut program pascasarjana/graduate. Beberapa studi pascasarjana dirujuk dengan cara yang lebih spesifik. Graduate berasal dari bahasa Latin abad pertengahan graduārī, yang berarti “mengambil gelar.” Ini pada akhirnya berasal dari bahasa Latin gradus, yang berarti “langkah”. Setiap kali seseorang lulus, berarti dia mengambil langkah ke tingkat pendidikan berikutnya.

4. Postgraduate

bachelor degree

Post graduate adalah mahasiswa yang telah berhasil menyelesaikan kursus tingkat sarjana di perguruan tinggi atau universitas dan sedang melakukan studi lebih lanjut di tingkat yang lebih tinggi. Postgraduate digunakan untuk menggambarkan mahasiswa pascasarjana yang belajar untuk kualifikasi kedua, biasanya gelar master, sertifikat pascasarjana (PGCert) atau diploma pascasarjana (PGDip). Pendidikan postgraduate mencakup banyak aspek pendidikan yang berbeda dan telah diketahui berlangsung sejak lama.

Gelar postgraduate merupakan gelar yang diselesaikan setelah menyelesaikan gelar bachelor, gelar ini bisa apa saja mulai dari gelar MRes hingga gelar master. Sertifikat postgraduate adalah kualifikasi postgraduate, setingkat dengan gelar master, tetapi tidak setara. Gelar postgraduate atau postgraduate diploma diajarkan setelah gelar undergraduate. Gelar ini memiliki fokus yang lebih mendalam daripada gelar undergraduate dan lebih fokus pada disertasi dan penelitian. Sertifikat postgraduate lebih pendek daripada kebanyakan kualifikasi postgraduate dan memiliki sekitar 225 “jam kontak” bagi siswa untuk belajar, yaitu sekitar sepertiga dari tahun akademik penuh.

Nah, informasi di atas merupakan pengertian dari kata Bachelor Degree, Undergraduate, Graduate, dan Postgraduate. Semoga, informasi yang telah disediakan sekilasinfo diatas dapat mengurangi rasa penasaran anda.


Baca juga: