Hal yang Harus Diperhatikan Arsitek Terbaik Saat Membuat CV

6 Hal yang Harus Diperhatikan Arsitek Terbaik Saat Membuat CV

CV arsitektur atau dikenal dengan Curriculum Vitae merupakan salah satu hal yang dibutuhkan pada saat melamar pekerjaan. CV arsitek terbaik sangat berguna sebagai personal branding yang dibuat untuk perusahaan rekrutmen.

CV ini memang diperlukan oleh seorang arsitek agar dapat menawarkan jasa desain arsitektur kepada para kliennya. Oleh karena itu, seorang arsitek yang terbaik tentunya memerlukan personal branding yang bisa dilihat melalui CV.

Hal Penting untuk Membuat CV Arsitek Terbaik

Selain syarat umum, ada beberapa poin penting untuk membuat CV bagi para arsitek yang harus diperhatikan dengan baik, yakni:

1. Portofolio Desain Arsitektur

Tak semua calon arsitek mempunyai pengalaman arsitektur, khususnya bagi lulusan baru dari universitas. Namun, Anda tak perlu minder jika pengalaman tersebut belum dimiliki.

Solusinya adalah para fresh graduate arsitektur harus melengkapi resume arsitek dengan portofolio desain. Portofolio inilah yang dapat membantu para calon arsitek ketika ingin bergabung dengan perusahaan jasa konstruksi.

2. Professional Qualifications

Dalam membuat CV khusus arsitek terbaik, ada beberapa poin yang harus diletakkan di dalamnya yakni gelar akademik, sertifikasi, dan bukti kualifikasi profesional.

Hal ini juga yang menjadi indikator para pelamar, untuk memenuhi syarat dan kualifikasi perusahaan.

Bahkan ada perusahaan yang tak membutuhkan pencapaian nilai, kecuali nilai tersebut diperlukan untuk menggambarkan kemampuan kinerja arsitekturnya.

Selain itu, keahlian dalam berbahasa asing juga menjadi satu hal yang perlu dicantumkan seorang arsitek.

3. Achievements

Pencapaian bisa berupa penghargaan atau mendapatkan juara pada suatu kompetisi yang diletakkan dalam pembuatan CV arsitektur.

Apabila Anda belum pernah memenangkan penghargaan sebagai seorang arsitek, maka bisa mencantumkan kinerja yang dimiliki pada saat bekerjasama dalam tim.

Tulisan yang harus dicantumkan, alangkah lebih baiknya diisi secara efisien. Hal ini dilakukan agar tetap memberikan informasi dan keterangan yang jelas dan tepat.

4. Motivation and Reasoning

Motivasi Anda dalam melamar pekerjaan arsitek juga perlu dicantumkan dalam sebuah CV.

Hal ini dilakukan agar menunjukkan kesungguhan Anda ketika bergabung dengan perusahan yang ingin dimasukkan melalui tulisan singkat dan jelas.

Selain itu, penulisan ini berguna untuk pemilik perusahaan, agar bisa mengenali ketertarikan yang ditulis oleh arsitek tersebut.

Mengenai pemindahan tempat kerja sebelumnya, hal ini tidak perlu diletakkan dalam CV.

Sebab, hal tersebut bisa dijelaskan pada saat ditanya sesi wawancara yang berguna agar menjaga integritas dan profesionalitas dalam bekerja.

5. Additional Information

Informasi mengenai keahlian dan ketertarikan khusus harus disesuaikan dengan bidang pekerjaan yang ingin dilamar, termasuk arsitektur.

Dari seluruh informasi yang ada, Anda dapat mencantumkan informasi relevan dan sama seperti dengan bidang pekerjaan arsitektur.

Salah satunya terkait ketertarikan dalam berorganisasi yang menunjukkan bahwa orang tersebut mempunyai jiwa dan semangat sosialisasi dalam tim.

6. Content Update and Customization

Relevansi data yang diperlukan oleh perusahan sangat penting untuk dicantumkan dalam CV arsitek terbaik.

Oleh karena itu, perbaharuilah CV dalam jangka waktu tertentu sesuai dengan keperluan.

Pembaharuan CV arsitek ini memang sangat berguna untuk menunjukkan kemampuan profesional yang tepat dan sesuai.

Beberapa contohnya, dengan menambah keahlian baru dan menghapus berbagai proyek yang mempunyai rentang waktu lama.

Selain itu, diperlukan pula penyesuaian dalam menyusun sebuah CV, arsitektur.

Pastikanlah Anda juga mencantumkan hal-hal spesifik dan relevan dengan bidang yang diperlukan oleh perusahaan.

Sehingga, CV akan terlihat berkesan dan profesional untuk direkomendasikan dalam rekrutmen pekerjaan tahap selanjutnya.

Namun, hal yang perlu Anda perhatikan ketika datang interview ke perusahaan, pastikan sudah mempersiapkan beberapa hal penting. Salah satunya penampilan, ketika Anda ingin interview sebaiknya berpakaianlah yang rapi.

Selain itu, jawablah seluruh pertanyaan HRD dengan jujur sesuai pengalaman dan keahlian Anda.

Keuntungan Mempunyai Profil Arsitek Terbaik

Jika dilihat dari karir arsitektur, profil seorang arsitek profesional akan mempunyai peran besar untuk memperoleh peluang di perusahaan.

Ada berbagai keuntungan yang bisa diperoleh untuk menyusun halaman profil seorang arsitek yakni:

  • Untuk meningkatkan personal branding arsitek dan memperoleh artikel khusus yang di dalamnya ada profil CV.
  • Agar memperoleh CV yang menarik untuk dilihat HRD.

Itu saja informasi yang dapat disampaikan terkait 6 hal yang harus diperhatikan arsitek terbaik saat membuat CV.

Poin-poin ini bisa menjadi panduan umum yang harus diperhatikan secara baik.

Apalagi jika dilihat dari kelengkapannya yang disesuaikan oleh pribadi masing-masing dan dilihat dari perusahaan yang melakukan rekrutmen.

Dengan begini, bisa disimpulkan bahwa CV arsitek terbaik mengenai informasi yang relevan, singkat, informatif, dan jelas, serta sesuai dengan keperluan perusahaan rekrutmen.

Semoga informasi ini bisa menambah wawasan yang lebih untuk semua teman-teman sekalian. Untuk Anda yang ingin sekali membuat CV menarik bisa langsung kunjungi websitenya langsung.


Baca juga: