17 Cara Membasmi Rayap Dengan Mudah

17 cara membasmi rayap

Apakah rumah anda banyak rayap? Tepat sekali bila anda berkunjung di artikel ini karena kami akan membahas mengenai 17 cara membasmi rayap dengan mudah. Mari kita simak pembahasannya.

Berikut ini adalah 17 cara membasmi rayap yang dapat anda lakukan dengan mudah :

Tambah Ventilasi Di Rumah

Tempat yang lembab dan jarang ada sinar matahari yang masuk adalah tempat yang disukai oleh rayap. Oleh karena itu, bagi anda yang mempunyai rumah dan terdapat furniture yang berbahan kayu maka untuk mengurangi resiko dimakan rayap anda dapat menambah saluran ventilasi atau jendela di dalam ruangan rumah. Sehingga sinar matahari dapat masuk ke dalam ruangan rumah dan udara bisa mengalir dengan lancar serta tidak lembab. Bila furniture anda sudah di makan rayap maka anda dapat menjemur furniture tersebut dibawah sinar matahari langsung.

Pastikan Tidak Ada Genangan Air Di Halaman Rumah

Bila di sekitaran rumah anda terdapat genangan air maka dipastikan hal itu akan mengundang rayap untuk datang dan akhirnya berkembang biak di sekitar situ. Oleh karena itu, anda harus memastikan bahwa tidak ada genangan air di halaman rumah atau selokan. Hal itu tidak hanya mencegah rayap datang ke rumah tetapi juga dapat menghindari dari nyamuk yang biasanya berkembang biak di genangan air.

Memperbaiki Lantai Atau Keramik Yang Rusak

Bila di rumah anda terdapat lantai atau keramik yang rusak atau terdapat rongga maka anda harus segera memperbaikinya karena hal itu dapat menjadi jalan untuk rayap memasuki rumah anda. Dan bila terdapat air yang masuk ke rongga itu maka akan semakin mengundang rayap untuk tinggal dan berkembang biak. Karena rayap suka tempat yang lembab dan ada air.

Memperbaiki Dinding Yang Retak

cara membasmi rayap 1

Cara membasmi rayap yang ke empat adalah dengan memperbaiki dinding yang retak bila dinding rumah anda ada yang retak. Hal tersebut dilakukan karena retakan yang ada di tembok atau dinding bisa dijadikan jalan oleh rayap, sehingga anda harus sering mengecek keadaan dinding apakah ada keretakan atau rongga. Dan bila ditemukan, maka segeralah untuk memperbaikinya.

Dinding Dan Lantai Harus Diberikan Jarak Dengan Perabotan

Cara membasmi rayap yang kelima adalah dengan memberikan jarak antara perabotan dengan dinding dalam penempatannya. Hal ini berlaku bila perabotan anda terbuat dari bahan kayu. Pemberian jarak antara perabotan dengan dinding ini dilakukan agar bila ada rayap di rumah, rayap tersebut tidak bisa merambat melalui dinding atau lantai untuk menuju perabotan atau furniture anda. Cara membasmi rayap yang satu ini terbilang cukup efektif untuk menghindari perabotan yang terbuat dari bahan kayu dimakan rayap.

Jemur Furniture Yang Terbuat Dari Kayu

Cara yang ke enam adalah dengan menjemur furniture rumah yang terbuat dari bahan kayu, hal ini dilakukan agar furniture tidak mengalami pelembapan. Maka, anda harus rutin untuk menjemur furniture dibawah sinar matahari langsung dengan waktu yang cukup lama. Dengan melakukan cara itu maka furniture anda yang terbuat dari kayu tidak akan mudah dimakan rayap.

Dengan Merendahkan Suhu Ruangan

Cara membasmi rayap yang selanjutnya adalah bila ruang anda terdapat ac, anda dapat menurunkan suhu ac pada suhu yang paling rendah. Hal ini bisa menjadi cara membasmi rayap karena rayap akan mati mendadak akibat dari perubahan suhu yang cepat dan ekstrim. Cara ini adalah yang paling mudah dan tidak membutuhkan tenaga lebih.

Gunakan Bekas Air Cucian Beras

cara membasmi rayap 3

Bila anda mencuci beras jangan buang air bekas cuciannya karena air cucian beras dapat digunakan untuk cara membasmi rayap yang ada di rumah. Ini adalah salah satu cara yang aman untuk membasmi rayap dan juga tidak akan menyebabkan dampak negatif bagi kesehatan orang yang tinggal di rumah. Caranya adalah dengan menuangkan bekas air cucian beras ke dalam botol semprotan air. Cara penggunaannya adalah anda bisa menyemprotkan air tadi pada area yang banyak dijumpai rayap. Untuk hasil yang maksimal, anda bisa melakukan cara ini secara rutin sehingga rayap akan pergi dan berkurang dari rumah anda.

Basmi rayap dengan kapur barus

Cara membasmi rayap yang ke sembilan adalah dengan menggunakan kapur barus. Kapur barus bisa digunakan untuk membasmi rayap karena mengandung zat Naftalena yang efektif untuk melenyapkan rayap di rumah anda. Selain itu, kapur barus juga memiliki aroma yang tidak disukai oleh rayap yang juga dapat membuat pakaian anda wangi bila anda meletakkan kapur barus di dalam lemari. Cara penggunaannya adalah anda hanya tinggal meletakkan kapur barus di tempat tempat yang terindikasi dan berpotensi diserang rayap, seperti sudut sudut rumah dan perabotan rumah yang terbuat dari bahan kayu.

Baca juga: 10 manfaat saffron untuk kesehatan wajah

Gunakan Daun Kemangi

cara membasmi rayap 2

Cara membasmi rayap yang satu ini terbilang cukup unik karena menggunakan daun kemangi yang biasanya terdapat pada pecel lele. Daun kemangi dapat and gunakan untuk membasmi rayap karena aroma yang dikeluarkan kemangi tidak disukai oleh rayap, sehingga cukup efektif untuk mengusir rayap dari rumah. Cara penggunaannya adalah dengan meletakkan daun kemangi di sekitar area yang terindikasi ada rayap dan di perabotan rumah yang terbuat dari kayu.

Gunakan Air Sabun

Cara membasmi rayap yang ke 11 adalah dengan menggunakan air sabun, alasan menggunakan air sabun adalah karena air sabun dapat mengganggu rayap dalam bernafas. Maka, rayap akan kesulitan dalam bernafas sehingga lama kelamaan rayap akan mati. Cara ini dilakukan dengan cara mencampurkan air dengan sabun cair atau sabun batangan yang dilarutkan. Lalu tuangkan larutan tadi ke dalam botol semprot. Kemudian anda tinggal menyemprotkan cairan tadi di tempat tempat yang terdapat koloni rayap. Anda bisa melakukan cara ini dengan rutin agar rayap benar-benar mati.

Gunakan Air Garam Dapur

Larutkan garam dengan air lalu tuang ke botol semprot dan anda tinggal menyemprotkannya pada tempat yang terdapat rayap.

Jaga Kebersihan Rumah

Anda harus selalu memperhatikan betul akan kebersihan rumah baik dalam maupun luar. Bila terdapat kayu kering simpan dengan baik atau buang bila tidak terpakai.

Menggunakan Minyak Jeruk

Minyak jeruk mengandung zat d-limonede yang merupakan zat yang dapat meracuni serangga terkhusus untuk rayap.

Gunakan Solar

Solar juga dapat anda gunakan untuk membasmi rayap yang ada di tembok rumah maupun furniture yang ada dirumah anda. Solar akan mengeluarkan efek panas bagi rayap sehingga rayap akan mati perlahan.

Gunakan Asam Borat

Cara membasmi rayap yang ke 16 ini adalah cara terakhir yang bisa anda lakukan bila rayap benar-benar sulit untuk dibasmi dari rumah anda. Asam Borat merupakan bahan kimia yang sangat ampuh untuk melenyapkan rayap dari rumah anda.

Memanggil Jasa Pembasmi Rayap

Bila anda sudah mencoba cara cara membasmi rayap yang sudah kami suguhkan diatas namun rayap masih sulit di basmi maka sebaiknya anda memanggil jasa pembasmi rayap yang sudah profesional agar rayap hilang dari rumah anda.

Demikian pembahasan mengenai 17 cara membasmi rayap dengan mudah yang dapat anda lakukan sendiri di rumah. Semoga apa yang telah kami sampaikan dapat bermafaat dan menjadi solusi bagi anda yang sedang membasmi rayap di rumah. Selamat mencoba dan terima kasih.


Baca juga :