10 Olahraga Mengecilkan Perut

Anda ingin mengecilkan perut? Tepat sekali bila mengunjungi artikel ini, dalam artikel ini kami akan berbagi tips dan cara olahraga mengecilkan perut yang dapat anda lakukan di rumah.

Mimiliki bentuk perut ideal yang langsing merupakan sebuah impian bagi wanita, karena dengan memiliki perut yang langsing akan meningkatkan rasa percaya diri. Namun terkadang para kaum hawa lupa untuk mengontrol pola makan mereka, sehingga lemak yang berlebihan menumpuk diperut dan menjadikan perut buncit. Dan walau sudah menjalankan gaya hidup dan pola makan yang sehat akan sia-sia bila tidak menyempatkan untuk olahraga.

Dengan melakukan kegiatan olahraga yang ringan di rumah dapat menjadi pilihan jika anda terlalu sibuk dan tidak bisa meluangkan waktu untuk olahraga di pusat olahraga.

Lalu bagaimana cara olahraga mengecilkan perut dirumah? Berikut penjelasannya.

Agar anda nyaman saat olahraga mengecilkan perut, gunakan pakaian yang nyaman dan gunakan alas seperti matras atau yang lainnya. Kemudian lakukan olahraga di tempat yang leluasa untuk bergerak dalam mekalukan gerakan olahraga, seperti ruang tamu, taman di rumah, atau anda bisa juga melakukannya dikamar. Tak lupa siapkan juga air minum agar anda tak perlu repot untuk mengambil air ketika dahaga saat melakukan olahraga mengecilkan perut.

Dalam melakukan gerakan olahraga ini, kami anjurkan anda untuk melakukannya dengan durasi 60 detik untuk setiap gerakannya. Kemudian durasi istirahat saat mengganti gerakan selama 12 detik. Semangat!

 

Flutter Kicks

Gerakan ini dilakukan di atas alas dengan memposisikan tubuh tidur terlentang dan bagain punggung mengenai alas. Selanjutnya angkat kedua kaki anda dari bawah ke atas secara bergantian. Agar hasilnya maksimal, jangan biarkan kaki anda mengenai alas. Selain membakar lemak perut, gerakan ini juga dapat mengencangkan otot perut anda.

 

Leg Raises

mengecilkan perut 2

Gerakan selanjutnya hampir sama dengan gerakan olahraga mengecilkan perut sebelumnya. Bedanya adalah dalam gekaran ini anda harus mengangkat kedua kaki anda secara bersamaan ke atas ke bawah dan kaki tidak boleh menyentuh alas. Jika anda kesulitan, anda bisa meletakkan kedua tangan di bawah pantat dengan posisi tangan terbuka untuk membantu kaki ke atas.

 

Reverse Crunch

Kemudian gerakan reverse crunch, masih dengan posisi terlentang kemudian mengangkat kedua kaki secara bersamaan ke atas dengan maksimal. Gerakan ini mirip dengan back roll, namun hanya setengahnya saja. Usahakan kaki untuk tidak menyentuh alas agar lemak terbakar, tetap semangat!

 

Mountain Climber Twist

Gerakan olahraga mengecilkan perut ini dilakukan dengan posisi tubuh full plank, yaitu posisi tangan lurus untuk menahan beban tubuh dan kaki ke belakang dengan posisi lurus. Kemudian angkat kaki anda ke arah dada dan tarik ke arah dalam di belakang siku, jika kaki kanan yang di angkat maka diarahkan ke belakang siku tangan kiri. Lakukan dengan perlahan dan dengan mengencangkan otot perut. Dan juga perhatikan posisi pantat dan posisi punggung karena harus sejajar.

 

Plank Jacks

mengecikan perut 3

Masih dengan posisi yang sama, karena gerakan olahraga mengecilkan perut ini sebenarnya adalah gerakan jumping jack dengan posisi full plank. Gerakan ini dilakukan untuk memindah posisi kedua kaki dengan melompat secara bersamaan dengan posisi merapat kemudian melebar. Selalu pastikan posisi pantat dan punggung sejajar.

 

Extension Crunch

Olahraga mengecilkan perut selanjutnya dilakukan dengan extension crunch, yaitu gerakan yang dilakukan dengan posisi duduk kemudian mengangkat kedua kaki dan kepala, lalu menekuk kaki ke arah dada dan mengangkat tubuh ke arah depan secara bersamaan. Gerakan ini cukup menguras keringat.

Baca juga : Tips menabung yang bagus

Plank Hops

Plank hops adalah gerakan yang dilakukan pada posisi full plank dan berpindah ke posisi jongkok. Caranya, anda harus bersiap di posisi gerakan full plank kemudian melompat dengan menarik kaki menuju posisi jongkok, lalu dari posisi jongkok melompat dan mendorong kaki lurus ke belakang enuju posisi full plank. Lakukan gerakan plank hops ini secara berulang agar hasilnya maksimal.

 

Bicycle Crunch

mengecilkan perut

Untuk melakukan gerakan ini anda harus kembali lagi pada posisi tidur terlentang, tapi jangan ketiduran ya… Gerakan bicycle crunch ini dilakukan dengan cara meletakkan kedua tangan di bekalang kepala anda. Lalu posisikan kaki kanan anda menekuk dan kaki kiri lurus dan sedikit mengangkat, tidak menyentuh alas. Angkat siku tangan kiri anda dan arahkan ke kaki kanan yang sedang ditekuk dan sebaliknya. Lakukan secara berulang dan konsisten agar mendapatkan hasil yang maksimal. Gerakan ini cukup efektif untuk mengurangi lemak di perut karena menekan bagain otot perut

 

Half Plank

Gerakan olahraga mengecilkan perut selanjutnya adalah half plank. Berbeda dengan gerakan full plank yang menggunakan telapak tangan sebagai tumpuan, gerakan half plank ini dilakukan dengan menekuk lengan dan siku menjadi tumpuannya. Lakukan dan tahan posisi half plank ini selama yang anda bisa. Gerakan ini mungkin terlihat mudah karena hanya menahan gerakan half plank, namun setelah anda mencoba, mungkin anda akan berpikir yang berbeda.

 

High Knees

High kness adalah gerakan yang mirip dengan gerakan lari di tempat, namun perbedaannya terletak pada kaki, karena pada gerakan ini anda harus mengankat kaki anda setinggi yang anda bisa pada posisi kaki ditekuk dan melakukannya secepat yang anda bisa.

 

Itulah 10 olahraga mengecilkan perut yang dapat anda lakukan sendiri dirumah. Semoga dapat bermanfaat untuk anda, Terima kasih. Salam sehat!


Baca juga :