tips public speaking

8 Tips Public Speaking Untuk Pemula

tips public speaking

Public speaking menjadi salah satu kemampuan yang penting dan dibutuhkan oleh siapapun untuk berkomunikasi dengan orang lain, berorganisasi, dan bekerja. Oleh karena itu jika anda belum menguasai public speaking perlu tips public speaking.

Pengertian public speaking adalah kemampuan lisan yang harus dilatih terus untuk penguasaannya. Public speaking merupakan kegiatan komunikasi lisan yang dilakukan secara langsung di hadapan umum atau didepan sekelompok orang. Contoh public speaking adalah melakukan presentasi. Presentasi sering dilakukan ketika di bangku SMA hingga saat bekerja.

Public speaking perlu dipelajari hal ini karena public speaking menjadi kunci kesuksesan. Public speaking dapat juga berupa penyampaian ide dan pemikiran di depan umum. Untuk bisa belajar mengenai hal ini mimin sekilas info akan memberikan beberapa tips public speaking bagi anda.

1. Mengenali tujuan dan audiens dengan baik

tips public speaking

Tips public speaking pertama adalah mengenali tujuan anda berbicara didepan umum atau didepan audiens. Tujuan ini perlu dikenali agar anda dapat diterima dan audiens bisa menangkap apa yang anda sampaikan ketika didepan umum. Tips ini dapat anda lakukan dengan menyusun materi sebelum tampil atau public speaking.

Sebelum melakukan public speaking siapkan tema dan materi yang sesuai dengan menggunakan gaya bahasa yang sederhana namun bisa ditangkap dan dicerna oleh audiens.

2. Berusaha tidak gugup di depan umum dan tidak langsung berbicara saat tampil ke depan

Tips public speaking kedua adalah berusaha tidak gugup didepan umum. Anda juga perlu untuk tidak langsung berbicara saat tampil didepan umum.

Ketika nama dipanggil untuk maju dan berhadapan dengan audience banyak, biasanya kegugupan akan hadir bahkan sampai keringat dingin dan gemetar. Oleh karena itu sebelum berjalan ke depan audiens anda perlu berjalan perlahan sambil menarik nafas untuk mengurangi rasa gugup.

Saat didepan umum anda perlu mengotrol diri dan melakukan sapa ke audiens dengan tegas agar menunjukkan kesan anda percaya diri dan menguasai situasi.

3. menjaga kontak mata dengan Audiens

Tips public speaking ketiga adalah menjaga kontak mata adalah hal yang perlu diperhatikan dalam public speaking. Anda perlu menguasai panggung dengan melihat kondisi disekitar dan tidak berfokus pada satu titik saja. Anda perlu memandang dari sisi satu ke sisi lain.

4. menyusun poin-poin penting yang disampaikan

Tips public speaking keempat adalah menyusun poin-poin penting yang disampaikan. Hal ini perlu karena anda akan diberikan waktu dan tahu apa yang akan disampaikan di depan umum. Menyusun poin penting agar anda fokus pada materi yang disampaikan serta tidak meleber kemana-mana.

5. menyiapkan bahan materi presentasi dan alat bantu jika diperlukan

tips public speaking

Tips public speaking kelima adalah menyiapkan bahan materi presentasi dan alat bantu jika diperlukan. Hal ini perlu dilakukan untuk menunjang lancarnya public speaking di depan umum. Alat bantu biasanya dapat berupa materi untuk disampaikan ke public, laptop, dan slide berupa ppt untuk disampaikan ke audiens.

6. Menguasai materi dengan berlatih

Tips public speaking keenam dengan menguasai materi dengan berlatih. Sebelum melakukan public speaking didepan umum perlu anda lakukan Latihan secara terus menerus. Latihan dapat dilakukan didepan kaca sambil bayangkan anda berbicara didepan umum.

Anda juga dapat mengajak teman anda untuk menonton anda ketika melakukan Latihan public speaking. Lalu jangan sungkan untuk menanyakan komentar dan saran untuk anda.

7. berbicara perlahan tapi tegas di depan umum

Tips public speaking ketujuh adalah mencoba berbicara dengan perlahan tapi tegas didepan umum. Hal ini seperti memperjelas artikulasi kata dan menarik nafas jika gugup kemudian lanjutkan presentasi di depan umum.

8. percaya diri

Tips public speaking selanjutnya adalah percaya diri. Ketika melakukan public speaking percaya diri sangat diperlukan. Berpikir positif anda akan melakukan hal terbaik didepan umum karena anda telah berusaha keras dengan Latihan berulang-ulang.

Jika anda merasa gugup lakukanlah tarik nafas untuk mengurangi rasa kegugupan dan mencoba rileks. Percayakan diri anda bahwa bisa melewatinya.

Demikian tips yang diberikan mimin mengenai tips public speaking semoga informasi ini dapat membantu anda memudahkan berbicara di depan umum. Good luck!

Baca juga: 10 Rekomendasi Sewa Kamera Surabaya Terbaik 


Baca juga: