tips beli mobil

7 Tips Beli Mobil Agar Dapat Yang Berkualitas

Mobil merupakan suatu kebutuhan bagi keluarga. Menggunakan mobil memudahkan berkendara dengan anggota keluarga cukup banyak antara 3-7 orang. Jika menggunakan mobil kita tidak akan merasa kepanasan dan kehujanan sehingga naik mobil dirasa lebih nyaman. Saat ini banyak showroom yang menjualkan mobil baru maupun bekas. Apalagi marketing tiap showroom ajib dan membuat kita tertarik serta bingung milih. Oleh karena itu, mimin akan memberi informasi mengenai tips beli mobil.

Jika anda memiliki keinginan untuk membeli mobil, sebagai pemula perlu tips beli mobil. Berikut ini sekilasinfo akan memberikan kepada anda tips beli mobil.

1. Siapkan Dana

tips beli mobil

Tips beli mobil pertama adalah menyiapkan dana. Apabila anda ingin membeli mobil maka perlu menyiapkan dana. Dana yang cukup dan sesuai memudahkan anda untuk membeli mobil baru ataupun bekas. Jika dana anda mencukupi maka lebih baik membeli mobil baru karena mesin-mesin yang ada dalam mobil tentunya juga baru. Jika dana atau budget anda terbatas maka membeli mobil bekas adalah jalan alternatif. Mobil bekas saat ini dipasaran harganya cukup variative mulai dari puluhan juta untuk keluaran tahun lama dan ratusan juta untuk tipe dan model keluaran yang dikata baru.

2. Mengajak Orang, Saudara, atau teman yang mengerti mesin mobil atau ahli mesin mobil

tips beli mobil

Tips beli mobil kedua adalah mengajak orang yang mengerti mesin mobil. Hal ini dirasa diperlukan apabila anda membeli mobil bekas. Mesin mobil adalah yang utama perlu diperhatikan karena mesin mobil adalah kunci dari mobil tersebut. Selain mesin mobil body mobil juga perlu diperhatikan apakah ada baret banyak, cat yang sudah dipoles atau bahkan cat sudah baru. Selain itu perlu tau dalaman mobil seperti setir, masukan, rem bahkan spidometer dari mobil perlu diperhatikan jika membeli mobil bekas. Namun, apabila anda membeli mobil baru anda tidak perlu mengajak orang yang mengerti mesin mobil. Anda hanya perlu mengajak orang yang bisa menego harga mobil agar tidak diberikan harga mahal.

3. mencari toko mobil atau showroom yang memiliki stok banyak

tips beli mobil

Tips beli mobil selanjutnya adalah mengunjungi showroom yang mempunyai stok mobil banyak. Hal ini perlu dilakukan agar anda dapat memilih mobil yang sesuai dengan budget yang anda miliki dengan kualitas mesin prima. Selain itu, anda perlu banyak nanya ke showroom sebelum memantapkan hati untuk membeli produk mobil dari merk tertentu.

4. melakukan test drive

tips beli mobil

Tips beli mobil dari sekilasinfo selanjutnya adalah anda perlu melakukan test drive pada mobil. Test drive harus dilakukan jika membeli mobil baru maupun bekas. Dengan test drive atau mencoba langsung anda akan mengetahui apakah mobil tersebut enak dan nyaman untuk dikendarai atau tidak. Ketika melakukan test drive yang perlu diperhatikan adalah kaki-kaki dari mobil seperti rem dan gas, setir mobil, masukan mobil.

5. cek kondisi mobil

tips beli mobil

Tips beli mobil kelima adalah melakukan deteksi kondisi mobil. Jika mobil bekas tentunya bekas pemakaian orang yang kita tidak tahu alasan mengapa pemilik menjual mobilnya. Oleh karena itu cek kondisi mobil sangat diperlukan.

6. memperhatikan sejarah perawatan mobil

tips beli mobil

Tips beli mobil selanjutnya adalah anda perlu menanyakan kepada pemilik sebelumnya tentang sejarah perawatan mobil apabila membeli mobil bekas. Perawatan mobil perlu dilakukan secara rutin untuk mengetahui bagaimana kondisi mobil apakah mobilnya masih layak digunakan atau sudah tidak.

Jika mobil tersebut dilakukan perawatan rutin terutama bagian mesin dan mobil layak pakai, serta cocok anda tidak masalah membeli mobil bekas tersebut namun jika anda cocok di body dan ternyata mesin sudah tidak layak maka anda jangan membeli mobil tersebut. Perlu diketahui bahwa jarak jauh tempuh mobil bukan suatu pengaruh penting dalam kondisi mobil karena yang berpengaruh pada kondisi mobil adalah bagaimana cara merawatnya.

7. kelengkapan surat

tips beli mobil

Tips beli mobil terakhir adalah terkait dengan kelengkapan surat. Surat mobil adalah suatu kunci yang penting dalam membeli mobil. Anda perlu memperhatikan dan memeriksa kelengkapan surat-surat mobil yang akan dibeli. Surat tersebut berupa STNK, BPKB, dan pajak mobil jika perlu. Hal ini dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti mobil hasil pencurian.

Anda dapat mengecek keabsahan surat-surat dari mobil yang anda beli melalui aplikasi online karena saat ini teknologi sudah canggih.

Demikian sebanyak 7 tips beli mobil bagi anda semoga menambah wawasan dan informasi bagi anda. Namun saran dari penulis adalah melakukan pembelian mobil baru jika dirasa budget cukup namun jika tidak dapat membeli mobil bekas yang kondisinya masih baik dan layak digunakan.

Baca juga: 5 Cara Cek Kuota Smartfren Terpilih


Baca juga: