16 Tempat Wisata Wajib Dikunjungi di Spanyol

16 Tempat Wisata Wajib Dikunjungi di Spanyol

Halo sobat, Sekilasinfo.net kali ini mau sharing tentang beberapa tempat wisata di Spanyol yang wajib dikunjungi misalnya mau melancong liburan. Simak terus artikel 16 Tempat Wisata Terbaik di Spanyol ini ya.

Kemegahan istana khalifah, pantai Mediterania yang bermandikan sinar matahari, stempel staccato dari tumit penari flamenco, keheningan para peziarah yang memasuki katedral di Santiago de Compostela setelah berminggu-minggu berjalan di El Camino. Anda dapat menemukan jiwa Spanyol di tempat-tempat wisata seperti ini, yang mewakili sejarah negara yang penuh gejolak, budaya yang kaya, dan keindahan alam yang mempesona.

Dari sinar matahari yang bermain tanpa henti dari “sisik” Museum Guggenheim Gehry dan kehidupan jalanan La Rambla dan Plaza Mayor yang berdenyut hingga hutan tiang dan lengkungan Moor menghilang ke hamparan sunyi Masjid Agung Cordoba, Spanyol memancarkan energi yang hidup dan perpaduan menawan antara masa lalu dan masa kini.

Rencanakan tamasya Anda dan temukan hal-hal menarik untuk dilakukan dengan daftar objek wisata terbaik kami di Spanyol.

1. The Alhambra and Generalife Gardens, Granada

Granada - La Alhambra - tempat wisata spanyol

Tidak peduli sudah berapa banyak Anda telah membaca atau melihat gambar Istana Alhambra Granada, tetap saja istana kesenangan Moor akan tetap membuat Anda takjub.

Istana kerajaan dinasti Nasrid memiliki gaya arsitektur Islam Spanyol, Al-Andalus (Andalusia) – mewakili lambang budaya dan peradaban di Abad Pertengahan Eropa.

Kompleks Alhambra mencakup beberapa bangunan, menara, dinding, taman, dan masjid, dengan ukiran batu rumit yang tak terlukiskan, kerawang halus, langit-langit berlapis ubin yang megah, lengkungan anggun, dan halaman tenang di istana Nasrid.

Konon, istana tersebut dibangun untuk Kaisar Charles V. Dalam keadaan pembangunan belum selesai, bahkan ia menjadi contoh terbaik dari arsitektur High Renaissance di Spanyol. Taman bertingkat Generalife menawarkan tempat istirahat yang damai penuh kemegahan dan pemandangan indah di Alhambra.

2. Barcelona’s Sagrada Familia and Gaudi Sites

Barcelona's Sagrada Familia and Gaudi Sites
Barcelona’s Sagrada Familia and Gaudi Sites

Antoni Gaudi mengambil gaya arsitektur lebih modern yang dikenal sebagai Art Nouveau. Beberapa bangunan fantastis dan luar biasa yang telah ia buat di Barcelona telah menjadi landmark khas kota Catalan ini, satu diantaranya gereja Sagrada Família (Kuil Expiatori de la Sagrada Família atau Gereja Keluarga Kudus Pendamaian).

Meski pembangunannya belum selesai, namun jika Anda melihat dari menara Anda dapat melihat pekerjaan yang sedang berlangsung di bawah. Ada juga karya Gaudi yaitu Casa Milà, karya sekuler terakhir dan paling terkenal itu lebih menyerupai sepotong patung dibanding bangunan fungsional. Jika Anda naik ke atapnya, anda akan melihat cerobong asap yang banyak dikatakan telah menginspirasi Darth Vader dari Star Wars.

3. The Great Mosque of Cordoba (Mezquita)

The Great Mosque of Cordoba (Mezquita)
The Great Mosque of Cordoba (Mezquita)

Setelah masjid utama Islam barat dan masih dikenal sebagai Mezquita, masjid Cordoba menjadi salah satu masjid terbesar di dunia. Ia merupakan pencapaian terbaik arsitektur Moor di Spanyol.

Terlepas kemudian ia pernah berubah menjadi katedral Katolik, Masjid Agung ini menempati urutan yang sama dengan Alhambra di Granada, sebagai salah satu dari dua contoh seni dan arsitektur Islam yang paling indah di Eropa Barat.

Bahan bangunan Romawi dan Visigoth digunakan dalam konstruksi ini, yang dimulai pada tahun 785 M, dan pada tahun 1000 M, bangunan itu telah berkembang hingga sebesar sekarang, aula doanya dengan tidak kurang dari sembilan belas gang.

Barisan dan lengkungan Moor yang bulat berbaris dalam pola simetris tersaji di dalam Masjid ini. Jalan sempit dan berliku, kotak kecil, dan rumah-rumah bercat putih dengan teras indah terlihat di sepanjang jalan di sekitar Masjid.

4. The Prado and Paseo del Artes, Madrid

The Prado and Paseo del Artes, Madrid
The Prado and Paseo del Artes, Madrid

Prado menjadi museum seni top dunia dalam hal kekayaan koleksinya. Museum Seni Nasional Reina Sofia, Thyssen-Bornemisza, dan CaixaForum, terletak di sepanjang jalan raya Madrid dan dinaungi pohon sepanjang satu mil.

Anda mungkin akan disajikan banyak karya seni tak ternilai harganya di dunia. Tidak heran tempat ini dikenal sebagai El Paseo del Arte – Boulevard of the Arts. Setelah mengalami perluasan pada tahun 2007,  Prado menambahkan 12 galeri lagi pada tahun 2009 untuk menampung koleksi karya Goya dan seniman akhir abad ke-19 lainnya. Prado memiliki koleksi karya seni bergaya Spanyol terbesar di dunia. Kekayaan karya seninya tidak semuanya bergaya Spanyol, tetapi juga bergaya Belanda (Hieronymous Bosch dan karya Rubens dan Brueghel), dan Italia (Botticelli, Raphael, Correggio, Titian, dan Tintoretto).

5. San Lorenzo de El Escorial

San Lorenzo de El Escorial
San Lorenzo de El Escorial

San Lorenzo de El Escorial, terletak sekitar 45 kilometer barat laut Madrid, merupakan rumah musim panas raja-raja Spanyol. Pada tahun 1563, sebuah kompleks besar yang mencakup kamar untuk biara, gereja, istana kerajaan, mausoleum, perpustakaan, dan museum, dibangun sebagai monumen persembahan untuk Philip II dan pemerintahannya.

Hasilnya adalah kumpulan karya yang menakjubkan, dibangun di sekitar 16 halaman, kamar dan bangunannya dihubungkan oleh koridor sepanjang 16 kilometer. Bangunan yang paling menonjol adalah retablo Herrera, sebuah bangunan setinggi 30 meter terbuat dari jasper dan marmer merah yang dilengkapi dengan 17 anak tangga.

Di dalam bangunan terdapat langit-langit berkubah dan lukisan dinding oleh Tibaldi di kamar biara, terdapat juga Panteón de los Reyes (kubah pemakaman Barok raja-raja Spanyol) dan perpustakaan , sebuah ruangan besar yang juga didekorasi oleh lukisan dinding Tibaldi .

Di dalam istana, pastikan Anda melihat Bourbon Suite, sebuah bangunan apartemen Charles IV yang didekorasi dengan perabotan langka dan 338 permadani. Di luarnya terdapat apartemen pribadi Philip II yang penuh karya seni.

6. Seville Cathedral and Alcazar

Catedral de Sevilla
Catedral de Sevilla

Menara La Giralda, Katedral Seville, dan Alcazar merupakan salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO . Menara ini adalah “karya arsitektur Almohad,” menurut UNESCO.

La Giralda
La Giralda

Bangunan ini memiliki lebih banyak ruang interior daripada St. Peter’s di Roma, altar utama memiliki panjang 37 meter dari patung-patung yang terukir dan dilapisi emas.  La Giralda, lambang Sevilla, dibangun sebagai menara, tersisa Masjid Agung kota yang dihancurkan untuk membangun katedral.

Alcazar
Alcazar

Perlawanan Alcazar dimulai oleh bangsa Moor pada tahun 712 dan berlanjut setelah penaklukan kembali oleh  Raja Pedro pada tahun 1300-an.

Kamar dan salon yang mempesona, serta taman yang dinaungi oleh pohon jeruk sangat menyenangkan untuk untuk Anda berjalan-jalan disana. Berdampingan dengan Santa Cruz , bekas Juderia (Kawasan Yahudi), lingkungan rumah bercat putih, balkon besi, dan halaman yang dipenuhi bunga.

7. Museum Guggenheim, Bilbao

Guggenheim Museum Bilbao
Guggenheim Museum Bilbao

Jika Anda ke Spanyol, Anda harus melihat bangunan ini. Arsitek Amerika Frank Gehry menggunakan balok batu kapur dan lembaran titanium bergelombang mengubah gaya arsitektur modern di dalamnya.

Dia sangat berhasil sehingga dua istilah baru lahir darinya: “Efek Bilbao” – kemampuan sebuah kota untuk mengubah nasibnya dengan membangun satu gedung kelas dunia – dan “arsitektur,” seluruh segmen perjalanan industri yang berputar di sekitar landmark arsitektur kontemporer.

Di dalam museum terdapat pameran keliling dan pajangan bergilir dari koleksi seni modernnya sendiri.

8. Katedral Santiago de Compostela

Santiago de Compostela
Santiago de Compostela

Katedral Santiago (St. James)  dibangun untuk menampung dan menghormati peninggalan santo, dan telah menjadi tujuan para peziarah sejak Abad Pertengahan, bangunan yang menarik adalah Camino de Santiago.

Salah satu monumen arsitektur Romawi Awal yang luar biasa, katedral ini dibangun antara tahun 1060 dan 1211, dan terlepas dari transformasi eksterior Barok pada abad ke-16 hingga ke-18, interiornya masih memiliki gaya Romawi kuno.

Anda akan melihat kkolaborasi karya seni dari dua periode abad ini ketika memasuki pintu barat. Masuklah ke dalam untuk menghadap Pórtico de la Gloria , bagian dari depan barat lama yang sekarang tersembunyi oleh fasad abad ke-18. Pintu tiga ini adalah salah satu koleksi patung Romawi terbesar dan termegah di dunia.

Titik fokus interiornya adalah Capilla Mayor yang dihias dengan rumit, dibangun di atas makam Rasul. Di tengah altar terdapat jasper, alabaster, dan perak yang dihiasi dengan logam mulia dan permata. Di kedua sisi, terdapat tangga sempit mengarah ke belakang sehingga para peziarah dapat mencium jubah Rasul – puncak dari ziarah mereka. Di ruang bawah tanah di bawah altar, jenazah Rasul berada di peti perak.

9. Plaza Mayor, Madrid

Terletak di pusat ibu kota Spanyol, Plaza Mayor telah memainkan peran penting dalam kehidupan Madrid sejak abad ke-16, ketika Philip II mempercayakan tugas mendesainnya kepada arsitek favoritnya Juan de Herrera, Escorial.

Bangunan ini telah berfungsi sebagai panggung untuk acara seremonial – proklamasi raja baru, kanonisasi orang-orang kudus, pembakaran bidat – dan hiburan publik seperti turnamen ksatria dan adu banteng. Kafe-kafe yang menjangkau ke trotoar batu khusus pejalan kaki, dan restoran-restoran yang teduh di bawah arcade-nya adalah ruang tamu Madrid, tempat pertemuan terkenal bagi Madrileños dan turis.

10. Plaza de Espana dan Taman Maria Luisa, Seville

Dibangun untuk Pameran Ibero-Amerika tahun 1929 untuk merayakan wilayah Spanyol, Plaza de España adalah paviliun setengah lingkaran yang mengesankan yang dikelilingi oleh barisan tiang. Panel ubin berwarna yang indah yang mewakili masing-masing provinsi Spanyol terletak menghadap ke kolam panjang, yang dilintasi oleh jembatan.

Ini adalah tempat yang populer untuk dikunjungi untuk berjalan-jalan atau mendayung perahu sewaan di sekitar kolam renang dan di bawah jembatan. Plaza de España adalah pusat dari Parque de María Luisa yang luas, setengah mil dari taman, halaman rumput, dan jalan-jalan teduh yang membentang di sepanjang sungai di seberang pusat Seville.

Anda dapat menyewa mobil pedal atau naik kereta kuda meskipun. Pada hari Minggu taman ini dipenuhi dengan wisata keluarga. Cara terbaik untuk melihat pohon raksasa, hamparan bunga, kolam, gazebo, dan gunung batu buatan dengan air terjun adalah dengan berjalan-jalan di taman, mengikuti jalan setapak menuju taman yang dikelilingi pagar tanaman.

Di ujung taman, Anda akan menemukan museum arkeologi kecil namun kaya dengan salib permata Visigoth dan karya emas kuno.

11. Ciudad de las Artes y las Ciencias, Valencia

Ketika Valencia mengalihkan aliran sungai yang telah berulang kali membanjiri kota, yang tersisa adalah dasar sungai yang luas dan datar yang dibentangkan oleh jembatan.

Di atas palet yang bersih inilah arsitek Spanyol yang brilian Santiago Calatrava menciptakan ansambel struktur yang menakjubkan yang telah menjadi magnet bagi pecinta arsitektur kontemporer.

Tidak hanya bangunan, tetapi museum, tempat seni, dan akuarium (oleh Félix Candela dan satu-satunya bangunan yang tidak dirancang oleh Calatrava) membentuk serangkaian tempat wisata yang populer di Spanyol.

Ciudad de las Artes y las Ciencias
Ciudad de las Artes y las Ciencias

Akuarium oseanografi terbesar di Eropa, L’Oceanogràfic, juga dibangun dalam bentuk bunga lili air dengan bangunan yang didedikasikan untuk lingkungan perairan yang berbeda dari daerah tropis hingga kutub.

12. Pantai Gran Canaria

Gran Canaria

Kepulauan Canary terkenal karena memiliki pantai berpasir keemasan yang melapisi sebagian besar pantai selatannya. Kepulauan Canary (Playa Las Canteras) berada di ibu kota Las Palmas, terkenal di kalangan keluarga karena airnya yang tenang, dilindungi oleh pemecah gelombang alami dari batu vulkanik.

Pantai terbesar dan paling ramai adalah Playa Ingles di Maspalomas, yang dipenuhi dengan kafe, restoran, toko, taman bermain, dan hiburan lainnya. Di salah satu ujungnya adalah salah satu keajaiban alam yaitu kawasan lindung yang luas dari bukit pasir raksasa .

Ini mencapai setinggi 12 meter dan terus-menerus bergeser karena dibentuk oleh angin dan laut. Untuk melengkapi ilusi padang pasir, Anda dapat mengendarai unta melalui lanskap terpencil dan dunia lain ini. Airnya relatif hangat di pantai ini, dan sangat jernih sehingga populer di kalangan penyelam.

Ada taman bawah laut di Arinaga dan sekolah menyelam di Playa Ingles dan beberapa tempat lain di sepanjang pantai. Atau Anda dapat melihat ikan dan kehidupan laut lainnya dari kapal pesiar dengan dasar kaca. Pantai selatan juga terkenal untuk berselancar dan berlayar.

13. La Rambla, Barcelona

https://youtu.be/OpQ87plwiYg

Berjalan-jalan di sepanjang La Rambla pada malam musim panas, Anda mungkin berpikir bahwa setiap penghuni Barcelona ada di sana bersama Anda. Ini pasti tempat setelah bekerja di malam musim panas atau di akhir pekan.

Bulevard dengan deretan pepohonan ini memotong jalur hijau melalui pusat kota, membentang ke barat laut dari Columbus Memorial di dekat pelabuhan.

Daerah ke Plaça de Catalunya dipagari dengan pohon-pohon datar, zona pejalan kaki yang lebar diapit oleh jalan sempit di setiap sisinya. Selain pasar bunga dan burung, La Rambla memiliki sejumlah kios buku dan koran, serta restoran dan kafe dengan meja terbuka. Seniman trotoar, musisi jalanan, patung hidup, dan artis dadakan semuanya menambah suasana semarak.

14. El Teide, Tenerife

Puncak tertinggi di Spanyol, gunung berapi kuno ini juga merupakan salah satu keajaiban alam di Eropa. Pico de Teide dan Caldera de las Cañadas, sebuah kawah gunung berapi raksasa, bersama-sama membentuk Parque Nacional del Teide , di tengah pulau Tenerife.

Dalam daftar taman pada tahun 2007, UNESCO mengutip keindahan alamnya dan “pentingnya dalam memberikan bukti proses geologi yang mendukung evolusi pulau-pulau samudera.” Anda dapat menjelajahi El Teide dengan beberapa cara.

Anda dapat berkendara atau mendaki melintasi bagian dalam kaldera berdiameter 12 mil dan pemandangan bulan tandus dari formasi batuan berwarna yang seperti berkendara ke pusat bumi. Anda dapat memanjat kerucut El Teide, tetapi cara yang lebih mudah untuk mencapai puncaknya adalah dengan naik kereta gantung selama delapan menit. Pada hari yang cerah, pemandangan meliputi seluruh kepulauan dan dapat meluas ke Afrika Utara – daratan terdekat dari Kepulauan Canary.

15. Kota Tua Toledo

Kota Tua Toledo

Arsitektur Moor, Gotik, dan Renaisans melebur dan menyatu menjadi kota yang diabadikan El Greco dalam salah satu lukisannya yang paling terkenal. Menjulang tinggi di atas bukit granit dan dikelilingi di tiga sisi oleh ngarai Sungai Tagus yang dalam, menyajikan profil yang menakjubkan; mendekatinya dari bawah adalah pemandangan yang tak terlupakan.

Tata letak kota, dengan pola jalan-jalan sempit yang tidak teratur dan banyak gang buntu, mencerminkan masa lalu Moornya, dan arsitektur periode Kristen diwakili oleh banyak gereja, biara, dan rumah perawatan. Hal ini membuat kota tua semacam museum terbuka, menggambarkan sejarah Spanyol, dan telah terdaftar oleh UNESCO sebagai bagian dari warisan budaya umat manusia.

Katedral Gotik sangat indah, interiornya didekorasi dengan mewah, dan dua sinagoga di Juderia tua yang bernuansa atmosfer dihias dengan gaya Moor. Saat berada di kuartal itu, pastikan Anda untuk melihat gereja San Tome dan mahakarya El Greco-nya.

16. Kota Putih Andalucía

Berdiri seperti setetes frosting putih di atas tebing curam Andalusia selatan, Kota Putih tidak hanya indah tetapi juga memiliki catatan sejarah. Di sebelah barat Gibraltar, pegunungan menjulang tinggi terlihat dari laut memperlihatkan Kota Putih ini di puncak bukitnya.

Yang paling spektakuler adalah Arcos de la Frontera , yang alun-alunnya di samping gereja Gotik dengan tebing setinggi 137 meter, memberikan pemandangan lembah kebun zaitun, jeruk, dan almond. Labirin jalan berbatu yang berkelok-kelok mengarah melewati kafe dan toko kerajinan yang menjual keramik dan tembikar ke kastil Moor.

Kota Putih Andalucía
Kota Putih Andalucía

Sebanyak 19 desa rumah kecil berwarna putih ini berada di kawasan sekitar Cagar Alam Grazalema. Grazalema dan Zahara de la Sierra adalah dua bangunan yang patut dilihat. Tempat yang bagus di wilayah ini adalah Jerez de la Frontera, rumah bagi ras flamenco dan Andalusia. Pastikan Anda melihat balet kuda ini di Royal Andalucian School of Equestrian Art, dan untuk melihat flamenco yamg asli, Anda dapat mengunjungi Centro Cultural Flamenco .

—-

Demikian 16 Tempat wisata paling populer di spanyol. apabila menurut anda informasi ini bermanfaat, silahkan bagikan kepada teman2 ya. Terimakasih.


Baca juga: