Sejarah Masakan Padang dan 8 Menu Favorit Sejak Jaman Penjajahan Belanda!

Masakan padang pasti banyak yang belum tahu sejarahnya bagaimana! Padahal sering dijadikan menu makan siang oleh semua kalangan.

Berbagai varian menu sudah tersedia, Anda akan diminta untuk memilih menu apa yang diinginkan. Misalnya saja seperti ayam panggang, ayam goreng, rendang, telur dadar, dan sebagainya.

Masakan padang biasa dijual di Rumah Makan Padang, bisnis warung makan menghidangkan kuliner masakan Minangkabau, Sumatera Barat.

Selain terkenal di Indonesia, ternyata masakan padang juga terkenal mendunia. Dari berbagai etnis dan bangsa dapat merasakan masakan padang yang sudah dimasak menyesuaikan daerah.

Rumah makan padang bisa dibuka dengan konsep harga terjangkau untuk kalangan bawah, hingga yang mewah sekalipun untuk kalangan atas.

Berikut ini sejarah masakan padang di Indonesia.

Awal Mula Istilah Rumah Makan Padang

Sejarah awal mula rumah makan padang berasal dari penelitian oleh Suryadi Sunuri dari Universitas Leiden, Belanda.

Suryadi mengungkapkan, kalau nama “Restoran Padang” atau Rumah makan padang ditemukan dari surat kabar tahun 1937.

Pemilik restoran padang tersebut adalah Ismael Naim. Dalam Bahasa Belanda saat itu disebut Padangsh Restaurant.

Penggunaan Bahasa Belanda digunakan sejak zaman kolonial, artinya masakan sudah populer sejak zaman penjajahan.

Dari berbagai macam menu masakan padang, Nasi Padang menjadi yang paling favorit dan terkenal. Bahkan dulu hanya dihidangkan di bawah tenda.

Mirip dengan pedagang kaki lima penjual nasi kepau tradisional di Bukit tinggi. Dulu rumah makan padang harus berupa pondokan beratap daun rumbia tonggak bambu dan terpal.

baca juga biro umroh padang

Porsi Dua Kali Lipat untuk Kalangan Miskin

Para pemilik usaha Rumah Makan Padang zaman dulu senang memberikan masyarakat miskin lauk pauk lebih dengan dibungkus.

Masyarakat miskin tersebut akan menerima porsi makan dua kali lipat lebih banyak daripada pelanggan yang makan di tempat.

Dari kejadian ini nasi Padang dianggap porsinya lebih banyak ketika dibawa pulang daripada makan di tempat.

Para penjajah Belanda akan memenuhi restoran untuk makan di tempat. Berbeda dengan zaman sekarang, masakan padang sudah bisa dinikmati oleh berbagai kalangan.

Umumnya satu porsi nasi padang diberikan harga 18 ribu. Berbagai varian lauk juga sudah dipajang.

Penyajian Hidangan Padang Terkenal Unik

Anda akan menemukan banyak pelayan rumah padang adalah pria, sebab cara penyajian masakan padang sebenarnya cukup unik.

Pelayan diharuskan membawa sejumlah piring hidangan bertumpuk-tumpuk, jangan sampai jatuh, sehingga menjadi atraksi bagi pengunjung.

Kemudian semua masakan itu disajikan di atas meja tamu, sehingga tamu hanya tinggal mengambil saja menu apa yang ingin dimakan.

Jika sudah selesai, pelayan akan memeriksa hidangan apa yang sudah dimakan tamu, untuk menghitung total pembayaran.

Menu Masakan Padang

Menu masakan padang biasa dipajang dalam satu rak berkaca, sehingga pelanggan yang datang hanya tinggal memilih saja mau pesan satu porsi diisi dengan lauk apa.

Mulai dari masakan dipanggang, digoreng, sayur-sayuran, dan sate-satean. Berikut ini beberapa menu masakan padang yang sering dihidangkan.

1. Rendang

Rendang merupakan menu khas dari masakan padang, menjadi favorit masyarakat dunia. Rendang merupakan makanan tradisional Sumatera Barat dibuat dari daging sapi mengandung santan.

Menurut Journal of Ethnic Foods, orang-orang Minangkabau dulunya mengolah rendang dengan sangat baik hingga bisa disimpan lama, meskin saat perjalanan jauh.

Memasak rendang juga ada filosofinya karena dianggap membutuhkan kesabaran, kearifan, dan keikhlasan yang besar sehingga tidak mudah memasak rendang.

Daging yang dipilih harus tepat, bumbu harus memiliki cita rasa lezat, mempertahankan kearifan, pengontrolan panas, dan lamanya memasak.

2. Ayam Pop

Berbeda dengan ayam goreng atau ayam bakar. Ayam pop lebih memiliki tekstur yang empuk, rasa gurih, dan warnanya putih pucat.

Ayam pop dengan warna pucat disebabkan oleh proses memasak dalam waktu singkat, dengan cara direbus dengan air kelapa dan bumbu-bumbu, seperti jahe, lengkuas, serai, dan daun jeruk.

Penyajian bersama nasi hangat dan sambal akan melengkapi hidangan. Makanan minang ini merupakan varian baru dari ayam goreng yang akhirnya disukai masyarakat.

baca juga : sewa mobil padang

3. Kalio

Bumbu dari Kalio mirip dengan rendang, sehingga banyak orang yang bingung membedakan keduanya. Bedanya terletak pada proses memasaknya.

Kalio tidak dimasak dalam waktu lama, sedang rendang dimasak dalam waktu lama karena dagingnya harus empuk.

Warna Kalio cenderung warna cokelat muda, sedangkan rendang berwarna cokelat tua.

4. Gulai Tunjang

Gulai Tunjang adalah kikil atau daging yang menempel pada kaki sapi. Teksturnya kental, dimasak dengan kuah santan dan rempah yang pekat dengan tambahan cabai.

Rasanya akan gurih dipadukan dengan tekstur empuk.

5. Gulai Kepala Ikan

Gulai kepala ikan menjadi menu favorit Nasi Padang. Jenis ikan yang digunakan adalah ikan kakap, disajikan dalam kuah yang kental dan gurih.

Anda bisa menyajikannya bersama nasi putih hangat dan kerupuk yang renyah sebagai pelengkap tekstur hidangan.

6. Telur Dadar Padang

Berbeda dengan telur dadar umumnya, telur dadar padang dimasak hingga mengembang hingga teksturnya terasa lebih lembut dan tebal.

Proses memasaknya memang sedikit berbeda dengan telur dadar biasa, yaitu ditambahkan tepung beras, parutan kelapa, dan daun bawang.

Teknik menggorengnya pun tidak biasa, hingga telur ini bisa terasa crispy di mulut. Telur dadar padang ini biasa disajikan bersama sambal merah atau sambal hijau.

baca juga : biro umroh aceh

7. Ikan Asam Padeh

Masakan padang memang identik menggunakan bahan santan dalam masakan, tetapi masih ada yang memasak tanpa menggunakan santan.

Sebut saja Ikan Asam Padeh, meski memiliki kuas, tetapi tetap lezat dihidangkan karena perpaduan rempah-rempah yang kuat.

Padeh sendiri berasal dari Bahasa Minang, yang berarti pedas. Ikan Asam Padeh memang merupakan perpaduan rasa antara pedas, gurih, dan asam.

Warnanya merah persis seperti namanya, pedas yang identik dengan warna merah. Resep aslinya berasal dari asam kandis.

Jika tidak ada, Anda bisa mengganti asam kandis dengan belimbing atau asam Jawa. Ikan yang digunakan merupakan ikan tongkol.

8. Dendeng Batokok

Protein utama Dendeng Batokok adalah dengan menggunakan daging sapi yang diiris tipis dan lebar, kemudian dipipihkan dengan cara dipukul-pukul supaya empuk.

Dalam Bahasa Minang sendiri, “batokok” artinya memukul.

Setelah diiris dan dipipihkan, daging akan diberi sambal lado mudo, yaitu sambal hijau dengan potongan bawang merah.

masakan padang rumah makan padang
Sumber foto: detikFood

Kesimpulan

Masakan padang terkenal akan perpaduan rempah-rempahnya yang kuat, serta proses memasak kuahnya dicampur dengan santan.

Rasanya dominan pedas, tapi bisa disesuaikan dengan selera masyarakat, tergantung dimana restoran padang tersebut dibuka. Umumnya cita rasa dominan, pedas, asam, dan gurih.

Berbagai macam menu padang yang terkenal, seperti rendang, telur dadar padang, Gulai Tanjung, Gulau Kepala Ikan, dan sebagainya.

Kini popularitas masakan padang sudah mendunia, saking populernya bahkan sudah dibuka restoran padang di luar negeri, seperti Malaysia, Singapore, Qatar, Tiongkok, hingga Amerika.

Jika di Amerika, salah satu yang terkenal adalah Indo Kitchen, terletak di Fourt Street, Alhambra, California, dekat kawasan Hollywood.

Demikian wawasan yang dibagikan dari kami Sekilas Info, semoga dapat bermanfaat!


Baca juga: