jenis makanan kalsium

Mengenal Jenis Makanan Yang Tinggi Kalsium

Kalsium adalah mineral yang paling melimpah didalam tubuh manusia, dan 99 persen dari suplai kalsium tubuh mendukung struktur dan fungsi tulang dan gigi kalian. Menurut American Dental Association (ADA), kalsium dapat memperkuat bagian terluar tulang dan gigi.

Berapa Banyak Kalsium Yang Dibutuhkan Sehari?

kalsium

Tahukah kalian berapa keperluan kalsium harian kalian? Keperluan kalsium harian untuk orang dewasa berusia antara 19 dan 50 tahun yaitu 1.000 miligram (mg) kalsium per hari.

Pengeroposan tulang dan kerusakan gigi dapat meningkat seiring bertambahnya usia atau memiliki faktor risiko tertentu seperti riwayat penyakit keluarga sepertia osteoporosis. Faktor lain yang dapat berpengaruh yaitu meminum obat yang dapat melemahkan tulang atau menjadi tidak toleran terhadap laktosa.

Jenis Makanan Tinggi Kalsium

Kalian dapat mengonsumsi suplemen jika kalian merasa kekurangan kalsium. Namun, akan lebih baik jika kalian memenuhi keperluan kalsium harian kalian dengan makanan sehat yang tinggi kalsium. Coba tambahkan beberapa makanan kaya kalsium berikut ini ke dalam rencana makan kalian.

1. Susu

Susu sapi adalah salah satu sumber kalsium terbaik dan termurah. Satu cangkir susu dapat memiliki kandungan 200 mg kalsium atau 20% Nilai Harian (DV). Tuangkan segelas untuk diminum saat sarapan atau dapat diminum dengan semangkuk sereal.

2. Keju

Seperti kebanyakan produk susu, keju sangat bagus untuk memenuhi keperluan kalsium harian kalian. Keju parmesan memberikan asupan kalsium tertinggi dengan 336 mg kalsium per ons.

3. Yoghurt

Yogurt merupakan salah satu sumber kalsium susu dengan 296 mg kalsium atau 30% Nilai Harian (Daily Value) dalam satu cangkir yogurt susu murni. Yoghurt mengandung kurang lebih sedikit dengan 200 mg kalsium didalam satu cangkir gelas. Kalian dapat menyajikan yogurt dengan buah dan granola agar terasa manis dan renyah.

4. Sarden

Jika kalian mencari makanan non-susu yang kaya kalsium, ikan kalengan atau sarden mungkin menjadi salah satu plihan untuk memenuhi kebutuhan kalsium. Satu kaleng sarden dapat memberikan asupan kalsium sebesar 351 mg per kalengnya. Salmon kalengan memiliki kandungan kalsium sebanyak 202 mg per kaleng.

5. Biji Bijian

Jika Sarden bukan favorit kalian, kalian bisa melengkapi konsumsi kalsium kalian dengan berbagai biji-bijian. Biji poppy dapat memberikan kalsium paling banyak sebesar 127 mg per sendok makan. Coba juga untuk menambahkan satu sendok makan biji seledri (115 mg), biji chia (90 mg), atau biji wijen (88 mg) ke resep makanan kalian.

6. Sayuran Hijau

Sayuran berdaun gelap seperti kangkung dan bayam memiliki beberapa manfaat kesehatan, termasuk untuk asupan kalsium. Segelas sawi mentah mengandung 83 mg kalsium, sedangkan kangkung dan bayam masing-masing mengandung 38 mg dan 30 mg. Masak sayuran tersebut untuk lauk yang kaya akan kalsium.

7. Almond

Jika kalian membutuhkan camilan yang kaya akan kalsium, kalian dapat mengkonsumsi almond. Kacang salmond ini memiliki kandungan 75 mg kalsium per ons sehingga kalian dapat meningkatkan keperluan kalsium harian kalian dengan mengkosumsi Almond.

8. Kacang

Kalian juga dapat mengkonsumsi kacang sebagai asupan kalsium. Kalian dapat menambahkan kacang ke sayur sop dan cabai untuk lauk sayur kalian. Kacang putih memiliki kandungan kalsium sebesar 139 mg dalam satu cangkir.

9. Tahu dan Tempe

Tahu dan Tempe merupakan makanan yang terbuat dari kedelai, Tahu dan Tempe secara alami kaya akan kalsium. Faktanya, satu potong dalam 3,5 ons mengandung sekitar 176 mg kalsium.

Nah demikian merupakan jenis makanan yang tinggi akan kalsium, kalian dapat mengkonsumsi makanan yang sudah kami rekomendasikan diatas untuk meningkatkan asupan kalsium ditubuh kalian. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda.


Baca juga: