Manfaat Teknologi Laser dalam Industri Manufaktur

Manfaat Teknologi Laser dalam Industri Manufaktur

Teknologi laser menemukan tempatnya di lini produksi dari semakin banyak produsen, menggantikan proses industri untuk berbagai aplikasi seperti penandaan, pembersihan, dan tekstur. Misalnya, dot peening, pencetakan inkjet, dan label tercetak digantikan oleh penandaan laser. Demikian pula, perawatan kimia, peledakan abrasif dan teknik pembersihan mekanis lainnya sedang digantikan oleh pembersihan laser dan tekstur laser.

Ada alasan bagus di balik perubahan ini: manfaat teknologi laser memberikan dampak yang luar biasa. Antara lain, meningkatkan produktivitas, menurunkan biaya operasi dan pemeliharaan, dan memberikan hasil yang paling konsisten.

BAGAIMANA MANFAAT INDUSTRI MANUFAKTUR DARI TEKNOLOGI LASER

PENINGKATAN PRODUKTIVITAS

Menambahkan laser ke proses manufaktur Anda tidak berarti memperlambat lini produksi Anda. Laser berdaya tinggi kami dapat mengimbangi waktu siklus yang lebih pendek daripada teknologi tradisional. Mereka juga laser tercepat di pasar.

Dengan presisi dan pengulangan yang tinggi, sistem laser cutting and engraving berkontribusi pada kualitas produk Anda. Ketika sinar laser mengenai permukaan, ia melakukannya dengan presisi mikron yang sama setiap saat, menghasilkan hasil yang konsisten.

PENGURANGAN BIAYA OPERASI

Laser memiliki total biaya kepemilikan yang lebih rendah daripada banyak teknologi alternatif. Untuk satu, Anda akhirnya bisa menyingkirkan bahan habis pakai. Meskipun ini secara signifikan mengurangi biaya operasi, ini juga menyederhanakan operasi di lantai toko.

Laser kami juga memiliki konsumsi daya yang rendah, memerlukan sedikit suku cadang, dan mudah diintegrasikan dalam jalur produksi, sehingga tidak memerlukan interaksi manusia untuk mengoperasikannya. Sistem laser sangat cocok untuk produsen yang ingin berinvestasi dalam alat berkualitas yang memberikan pengembalian investasi yang tinggi.

ALAT YANG ANDAL

Tidak ada yang menginginkan alat yang selalu rusak untuk pemeliharaan. Berlawanan dengan alternatif, sistem laser tanpa kontak dan karenanya tidak mengalami keausan seiring waktu. Ini membuatnya sempurna untuk integrasi inline.

Laser serat kami memiliki masa pakai 10 tahun dan dirancang untuk beroperasi dengan perawatan rendah dalam kondisi manufaktur yang sulit. Laser kami dapat dilengkapi dengan aksesori kelas industri yang berkontribusi pada keandalan laser. Aksesori umum termasuk sistem ekstraksi asap, peralatan pelindung lensa, dan pembaca kode batang (untuk pemeriksaan kualitas). Sedang mencari laser? hubungi jual mesin laser cutting dari maxipro.

PENGGUNAAN LASER DI INDUSTRI MANUFAKTUR

PENANDAAN LASER UNTUK KETERTELUSURAN

Penandaan laser adalah solusi paling andal untuk keterlacakan suku cadang & produk. Dengan tingkat keterbacaan yang hampir sempurna, ini dapat digunakan untuk menandai dan mengukir kode permanen & kontras tinggi pada berbagai bahan, termasuk logam , plastik , karet, dan karton. Penawaran produk kami meliputi sistem penandaan laser OEM dan mesin penandaan laser turnkey . Untuk memudahkan integrasi, opsi laser menyertakan pembaca kode batang terintegrasi dan perangkat lunak verifikasi kode batang.

TANDA TAHAN PASCA PERAWATAN

Banyak produsen menghadapi masalah ketertelusuran yang penting karena mereka perlu mengintegrasikan operasi penandaan pada awal proses produksi mereka. Perawatan permukaan pasca-proses dapat membahayakan keterlacakan dengan menurunkan tingkat kontras atau bahkan membuat pengidentifikasi tidak dapat dibaca.

Untuk mengatasi masalah ini, Laserax telah mengembangkan proses penandaan laser eksklusif yang mempertahankan keterbacaan kontras tinggi setelah beberapa perawatan permukaan, termasuk shotblasting, sandblasting, e-coating, powder coating, dan heat treatment.

PERSIAPAN LAS DENGAN PEMBERSIHAN LASER

Untuk memperkuat lasan dan meningkatkan kualitas keseluruhannya, pembersihan laser dapat digunakan untuk menyiapkan area pengelasan dengan menghilangkan kontaminan permukaan seperti oksida, oli, dan gemuk. Proses pembersihan laser kami cukup cepat untuk dilakukan bersamaan dengan pengelasan, yang meminimalkan waktu siklus.

PENGHAPUSAN OKSIDA SETELAH PENGELASAN

Menghilangkan oksida, termasuk karat dan kerak pabrik, sangat penting untuk berbagai operasi manufaktur. Salah satunya adalah penghilangan oksida pasca pengelasan . Sebelum bagian yang dilas dicat atau dianodisasi, penghilangan oksida melindungi struktur dan mencegah cat mengelupas seiring waktu. Bagian baja tahan karat juga membutuhkan permukaan yang bersih di seluruh sambungan tanpa menghitam yang biasanya dihasilkan dari pengelasan.

PENGHAPUSAN CAT SELEKTIF

Pembersihan laser dapat dikonfigurasi untuk menghilangkan cat secara selektif dari area tertentu—dan tidak di tempat lain. Anda sekarang dapat mengganti masking, operasi yang memakan biaya dan tenaga, dengan penghilangan cat laser . Alih-alih menutupi titik-titik tertentu seperti area pengelasan, Anda dapat mengecat seluruh permukaan, lalu secara selektif menghilangkan cat dari area tersebut.

PERSIAPAN PERMUKAAN UNTUK MENINGKATKAN KEPATUHAN

Dengan menghasilkan kekasaran permukaan yang meningkatkan kepatuhan, tekstur laser dapat digunakan untuk mempersiapkan permukaan untuk proses manufaktur, seperti ikatan perekat, lapisan semprot termal, dan pelapisan teknologi laser. Dibandingkan dengan mesin peledakan abrasif yang membutuhkan perawatan berat, tekstur laser adalah solusi yang jauh lebih hemat biaya. Anda tidak hanya menghemat biaya perawatan dan suku cadang, tetapi Anda juga dapat mengharapkan masa pakai alat berat yang lebih lama.


Baca juga: