Manfaat Komputasi Awan Untuk Bisnis

Komputasi awan menawarkan banyak manfaat bagi bisnis Anda. Ini memungkinkan Anda untuk mengatur apa yang pada dasarnya adalah kantor virtual untuk memberi Anda fleksibilitas terhubung ke bisnis Anda di mana saja, kapan saja. Dengan semakin banyaknya perangkat berkemampuan web yang digunakan dalam lingkungan bisnis saat ini (misalnya ponsel cerdas, tablet), akses ke data Anda semakin mudah.

Ada banyak manfaat untuk memindahkan bisnis Anda ke cloud. Berikut ini adalah beberapa manfaat komputasi awan untuk bisnis.

Mengurangi biaya TI

Salah satu manfaat teknologi komputasi awan adalah mengurangi biaya TI. Pindah ke komputasi awan dapat mengurangi biaya pengelolaan dan pemeliharaan sistem TI Anda. Daripada membeli sistem dan peralatan yang mahal untuk bisnis Anda, Anda dapat mengurangi biaya Anda dengan menggunakan sumber daya dari penyedia layanan komputasi awan Anda. Anda mungkin dapat mengurangi biaya operasional karena:

  • biaya peningkatan sistem, perangkat keras dan perangkat lunak baru mungkin termasuk dalam kontrak Anda
  • Anda tidak perlu lagi membayar gaji untuk staf ahli
  • biaya konsumsi energi Anda dapat dikurangi
  • ada lebih sedikit waktu tunda.

Skalabilitas

Bisnis Anda dapat meningkatkan atau menurunkan kebutuhan operasi dan penyimpanan Anda dengan cepat agar sesuai dengan situasi Anda, memungkinkan fleksibilitas saat kebutuhan Anda berubah. Daripada membeli dan menginstal upgrade mahal sendiri, penyedia layanan komputer cloud Anda dapat menangani ini untuk Anda. Menggunakan cloud membebaskan waktu Anda sehingga Anda dapat melanjutkan menjalankan bisnis Anda.

Keberlangsungan bisnis

Melindungi data dan sistem Anda merupakan bagian penting dari perencanaan kelangsungan bisnis . Baik Anda mengalami bencana alam, listrik mati, atau krisis lainnya, menyimpan data Anda di cloud akan memastikannya dicadangkan dan dilindungi di lokasi yang aman. Dengan dapat mengakses data Anda kembali dengan cepat, Anda dapat menjalankan bisnis seperti biasa, meminimalkan waktu henti dan hilangnya produktivitas.

Efisiensi kolaborasi

Kolaborasi dalam lingkungan cloud memberi bisnis Anda kemampuan untuk berkomunikasi dan berbagi dengan lebih mudah di luar metode tradisional. Jika Anda mengerjakan proyek di lokasi yang berbeda, Anda dapat menggunakan komputasi awan untuk memberi karyawan, kontraktor, dan pihak ketiga akses ke file yang sama. Anda juga dapat memilih model komputasi awan yang memudahkan Anda untuk berbagi catatan Anda dengan penasihat Anda (misalnya cara yang cepat dan aman untuk berbagi catatan akuntansi dengan akuntan atau penasihat keuangan Anda). Tentu saja dalam memanfaatkan fitur ini harus mempertimbangkan etika penggunaan teknologi.

Fleksibilitas praktik kerja

Komputasi awan memungkinkan karyawan untuk lebih fleksibel dalam praktik kerja mereka. Misalnya, Anda memiliki kemampuan untuk mengakses data dari rumah, pada hari libur, atau melalui perjalanan ke dan dari kantor (asalkan Anda memiliki koneksi internet). Jika Anda memerlukan akses ke data Anda saat Anda berada di luar lokasi, Anda dapat terhubung ke kantor virtual Anda, dengan cepat dan mudah.

Akses ke pembaruan otomatis

Akses ke pembaruan otomatis untuk kebutuhan TI Anda mungkin sudah termasuk dalam biaya layanan Anda. Tergantung pada penyedia layanan komputasi awan Anda, sistem Anda akan diperbarui secara berkala dengan teknologi terbaru. Ini dapat mencakup versi perangkat lunak terbaru, serta peningkatan ke server dan kekuatan pemrosesan komputer.


Baca juga: