4 Kelebihan dan 4 Kekurangan Atap Galvalum

atap galvalum

Anda sedang mencari informasi tentang kelebihan dan kekurangan atap galvalum? Tepat sekali anda berkunjung pada artikel ini di Sekilasinfo. Karena disini kami akan bahas tentang kelebihan dan kekurangan atap galvalum, langsung saja simak pembahasannya dibawah ini.

Terdapat banyak sekali jenis bahan bangunan yang bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan, misalnya untuk dapur dan garasi. Anda bisa menggunakan beberapa bahan seperti atap galvalum, yang pastinya akan cocok sekali sebagai atap untuk dapur maupun juga garasi. Saat ini, tingkat kepopuleran dari penggunaan atap galvalum sangat meningkat. Hal tersebut bukan tanpa alasan, hal ini karena atap galvalum diketahui memiliki daya yang tinggi terhadap korosi. Materialnya juga dikenal banyak orang sebagai   baja ringan, hal ini lebih karena lebih kedap suara jika dibandingkan dengan   biasa. Selain itu juga menjadi material terbaik, bila dibandingkan dengan   gelombang biasa.

Berikut ulasan tentang kelebihan dan kekurangan atap galvalum.

Kelebihan Atap Galvalum

4 Kelebihan dan 4 Kekurangan Atap Galvalum 1

  1. Hemat Biaya

Perhitungan biaya merupakan hal yang penting untuk disiapkan ketika ingin membangun ataupun merenovasi rumah. Jika memang memungkinkan, pilihlah material yang berkualitas baik dengan harga yang cukup terjangkau. Seperti halnya dalam pemilihan bahan material untuk atap. Jika anda akan menggunakan atap galvalum maka akan ada penghematan biaya untuk atap daripada membeli bahan lain.

Dalam segi harga, atap galvalum cenderung lebih murah jika dibandingkan dengan bahan material atap yang lainnya. Meskipun demikian, material ini juga tetap sangat kuat dan mampu untuk bertahan dalam jangka waktu yang lama sehingga tidak perlu sering melakukan pergantian atap.

  1. Anti Rayap dan Anti Rapuh

Atap tipe galvalum berbeda dengan kayu yang mudah sekali untuk lapuk dan diserang oleh rayap. Atap galvalum sendiri tidak bisa lapuk ataupun dimakan oleh rayap. Dalam hal konstruksi, rayap adalah momok yang menakutkan bagi para pengguna bahan material kayu. Maka dalam hal ini pemilihan atap galvalum disarankan agar terhindar dari masalah tersebut.

  1. Proses Pemasangan Lebih Cepat

Umumnya atap tipe galvalum sudah berbentuk sebuah lembaran sehingga dalam proses pemasangan juga akan sangat mudah. Dengan demikian proses pemasangan bisa lebih cepat dan juga tidak memakan biaya yang banyak.

  1. Tipis dan Ringan

Material atap tipe galvalum dibuat dengan mencampurkan aluminium, silikon, dan zinc, hal ini membuat atap tipe galvalum memiliki bobot yang sangat ringan dengan ukuran tipis jika dibandingkan dengan triplek maupun kayu. Proses pemindahan dan pemasangan   galvalum terlampau mudah, dan juga aman bagi pekerja konstruksi.

Kekurangan Atap Galvalum

4 Kelebihan dan 4 Kekurangan Atap Galvalum 2

  1. Dibutuhkan Tenaga Ahli dalam Pemasangan

Proses pemasangan atap tipe galvalum hanya bisa dilaksanakan oleh para tenaga ahli yang sudah berpengalaman dalam bidang konstruksi sehingga anda tidak bisa pasang secara asal-asalan. Anda dapat menggunakan jasa pemasangan yang biasanya satu paket dengan pembelian atap tipe galvalum, untuk biaya pemasangan akan sedikit lebih mahal dibandingkan dengan proses pemasangan material kayu.

  1. Lebih Cepat Panas

Sifat atap tipe galvalum yang menyerap panas, membuat bahan material ini akan lebih cepat panas jika terkena sinar matahari secara langsung. Panas   galvalum sangat berpengaruh terhadap suhu ruangan dalam rumah, bahkan akan terasa sanagat panas. Apalagi jika anda tinggal di suatu wilayah yang memiliki iklim sangat panas, hal tersebut menjadi pembeda atap tipe galvalum dengan bahan material lainnya. Sangat disarankan tidak menggunakan atap galvalum jika anda tinggal di daerah dengan iklim yang sangat panas.

  1. Mudah terbawa angin dan berisik

Pada pemasangannya, setiap bagian baja ringan akan disambung menggunakan baut. Hal tersebut menjadi kelemahan baja ringan, karena dikhawatirkan akan leaps ketika diterpa angin kencang. Hal ini membuat atap tipe galvalum tidak cocok untuk dipasang di gunung dengan curah hujan tinggi ataupun di lokasi pantai yang anginnya kencang.

  1. Tidak Estetis

Jika anda memilih atap tipe galvalum karena warnanya yang unik dan beragam, anda perlu waspada karena warna tersebut akan pudar dimakan waktu. Pasalnya warna atap tipe galvalum bukanlah warna alamiah suatu material, pemudaran tersebut pastinya akan membuat atap rumah menjadi terlihat kusam. Selain itu estetika juga sangat bergantung pada penutupnya, ketika ada penutup yang berbobot berat akan membuat estetika atap galvalum berkurang.

Sekian informasi yang dapat saya sampaikan terkait kelebihan dan kekurangan atap tipe galvalum, semoga informasi yang saya sampaikan bermanfaat bagi anda untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan atap tipe galvalum.

Have A Nice Day 😊


Baca juga :