Harga Besi Hollow Terbaru 2021

harga besi hollow

Kamu sedang mencari informasi tentang harga besi hollow? Tepat sekali kamu berkunjung pada artikel ini di Sekilasinfo. Saat ini besi hollow sudah menjadi suatu material primadona pada kalangan para pekerja kontruksi, terkhusus bagi orang-orang yang ingin bahkan sedang melakukan proses pembuatan bangunan mereka. Besi hollow digunakan sebagai bahan penunjang bangungan bukan merupakan suatu hal yang baru. Mengingat penggunaan bahan kayu yang mulai berkurang, kini besi hollow mulai menguasai pasaran karena memiliki nilai yang lebih praktis dan juga kemampuan yang lebih dalam membuat bangunan menjadi tahan lama.

Tidak dapat dipungkiri pada saat ini, bahwa bahan kayu yang digunakan bisa mengalami proses pengeroposan maupun mudah rusak. Besi hollow hadir bak suatu solusi terhadap hal tersebut, besi memiliki kekuatan yang lebih daripada kayu dan juga besi aman untuk digunakan. Jika anda saat ini sedang memiliki suatu rencana untuk membangun suatu bangunan misalnya pagar untuk bangunan anda, maka penggunaan besi hollow adalah suatu hal yang sangat tepat. Dari segi harga besi hollow yang lebih murah daripada kayu membuat, bahan ini banyak dipilJadi besi hollow merupakan salah satu produk unggulan yang bisa digunakan untuk bahan bangunan anda, lalu apa saja kelebihan dan kekurangan dari produk ini? Mari simak ulasannya

Pengertian Besi Hollow

besi hollow

Besi hollow adalah salah satu jenis besi yang memiliki bentuk berongga sehingga besi tersebut dapat disesuaikan jika digunakan dalam berbagai jenis konstruksi. Untuk bentuk tepatnya dari besi hollow adalah seperti penampang pipa panjang yang berongga serta berbentuk segi empat, hal ini pula yang menyebabkan banyak orang menyebut besi tersebut dengan nama pipa kotak. Besi hollow adalah salah satu bahan material yang sering dipilih untuk keperluan konstruksi bangunan dan dalam pembuatan sebuah furnitur.

Jenis jenis Besi Hollow:

Terdapat banyak varian jenis dari besi hollow yang tersedia di pasaran, terbagi berdasarkan ukuran dan coating yang digunakan. Sama seperti berbagai produk lainnya, besi ini juga punya beberapa jenis yang dapat dibedakan berdasarkan penggunaannya. Produk yang sering ditemui di pasaran adalah besi yang menggunaakn lapisan galvanis dan galvalume. Namun, juga terdapat sekitar 4 jenis yang juga beredar di pasaran 2 lapisan yang umum digunakan tadi, yakni:

  1. Besi Hollow Galvanise.

hollow galvanis

Pada jenis besi hollow ini, terdapata lapisan finishing yang mengandung zinc coating sebesar 97%. Tidak hanya itu, jenis ini juga memiliki kadar alumunium serta beberapa zat-zat lainnya yang memiliki total sekitar 3% dari besi tersebut. Biasanya jenis ini banyak digunakan untuk pembuatan pagar, kanopi, serta beberapa hasil bangunan lainnya. Namun jika anda ingin mendapatkan hasil yang lebih baik maka sebelum mengguanakan besi hollow jenis ini harus terlebih dahulu melakukan pelapisan dengan zat coating dengan tujuan besi hollow tersebut lebih tahan terhadap karat.

  1. Besi Hollow Galvalume.

hollow galvalum

Jenis besi hollow ini memiliki suatu lapisan yang lebih besar dibandingkan dengan jenis besi hollow galvanise. Besi hollow ini memiliki kandungan sekitar 55% alumunium, yang ditambaha dengan kandungan undur besi sekitar 43,5%. Untuk lapisan sebesar 1,5% di isi oleh kandungan silicon yang berfungsi agar besi ini tidak mudah mengalami proses karat jika terkena dengan air biasa ataupun air hujan. Kelebihan yang dimiliki oleh besi hollow jenis ini adalah ketebalan yang dimiliki pada besi ini bermacam-macam sehingga pengguna bisa memilih ukuran sesuai dengan kebutuhan dan juga keinginan dari pengguna.

  1. Besi Hollow Hitam.

hollow hitam

Jenis besi hollow ini adalah salah satu jenis besi yang memiliki ukuran panjang yang telah terstandarisasi, karena dalam penggunaannya biasanya cocok untuk digunakan pada pembuatan pagar bangunan. Bahan dasar dari besi hollow hitam adalah baja hitam sehingga membuat besi ini memiliki tekstur yang sangat tebal dan kuat saat digunakan sebagai bahan material bangunan.

  1. Besi Hollow Gypsum.

hollow gypsum

Besi hollow gypsum juga menjadi salah satu yang dapat ditemui di pasaran, karakter bahan besi hollow gypsum yang membuatnya lebih tahan lama serta paling tahan akan serangan rayap. Biasanya besi hollow jenis ini digunakan sebagai bahan dasar membuat plafon untuk rangka rumah maupun bangunan-bangunan yang besar seperti Gedung.

Kelebihan dan Kekurangan Besi Hollow

harga besi hollow

Kelebihan Besi Hollow :

Terdapat suatu alasan jelas mengapa besi hollow banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, mereka mulai beralih dengan menggunakan besi hollow. Alasan dibalik mengapa banyak masyarakat mulai banyak menggunakannya, yaitu terkait dengan kelebihan dan keunggulan produk besi hollow dibanding bahan lainnya. Beberapa keunggulan produk yang dimiliki oleh hollow adalah sebagai berikut:

  • Memiliki kualitas yang lebih baik.

Pembahasan mengenai kualitas besi tidak mungkin terlepas dengan Namanya besi hollow. Berbagai lapisan yang ada dalam jenis-jenis besi ini sangat diperlukan untuk mendapatkan suatu hasil yang sangat memuaskan. Biasanya besi yang ada tidak bisa tahan dengan serangan api dan serangan rayap, namun besi mampu menahannya karena memiliki lapisan yang solid dan lebih tahan daripada besi biasa.

  • Pemasangan relatif cepat dan mudah.

Kelebihan besi hollow terkait hal ini menjikannya menjadi besi yang paling banyak diminati oleh para pekerja maupun kontraktor konstruksi. Hal tersebut karena pada pemasangannya yang cukup mudah dan relatif cepat tentunya akan menghemat waktu pengerjaan sehingga waktu yang dihemat dapat dialihkan ke kegiatan selanjutnya. Tekstur yang dimiliki oleh besi hollow memang sangat memungkinkan untuk mudah dibentuk serta diaplikasikan pada bangunan, serta semua hal itu disebabkan karena kandungan bahan yang ada pada produk besi hollow tersebut.

  • Perawatan awet.

Besi hollow pada dasarnya sudah diperkaya dengan beberapa lapisan seperti zat coating, hal ini membuat besi hollow tidak terlalu sulit dalam segi perawatannya. Bahkan besi jenis ini juga tidak rentan untuk terkena serangan rayap maupun, dan tidak mudah untuk berkarat.

  • Tidak mudah mengalami korosi.

Masalah besar pada besi adalah mengalami proses korosi, serta hal tersebut memang akan membuat penurunan performa besi terkait hal estetik dan juga daya tahan besi tersebut. Karena sebab itu, jika anda menggunakan besi hollow jenis galvalume maka peluang untuk mengalami proses korosi akan sedikit lebih lama karena pada besi hollow galvalume memiliki suatu lapisan alumunium dan juga silicone yang dapat melindungi besi hollow tersebut dari proses korosi.

Kekurangan Besi Hollow:

Dibalik kelebihan pasti ada kekurangan, tidak ada hal yang sempurna. Pasti masih ada sedikit celah ataupun kekurangan yang dimiliki, hal tersebut berlaku juga untuk besi hollow. Berikut ini yang merupakan kekurangan dari besi hollow, seperti:

  • Tidak terlalu mampu untuk menanggung beban berat

Jika dalam membuat rancangan, besi hollow tidak disarankan digunakan apabila besi tersebut dirancang untuk menanggun beban yang terlalu berat dan besar. Hal tersebut disebabkan adanya beberapa lapisan yang terkandung di dalamnya sehingga membuat besi hollow tidak terlalu mampu untuk menahan beban yang sangat berat.

  • Ukuran besi yang tidak terlalu panjang

Ukuran yang dimiliki oleh besi hollow tidaklah terlalu panjang, hanya sekitar 6 meter.

Pada dasarnya, besi ini hanya difungsikan sebagai bahan pembuatan pagar atau plafon yang memiliki ukurang yang tidak terlalu panjang. Namun jika bangunan memiliki rancangan yang membutuhkan ukuran panjang maka bisa menggunakan jenis besi lainnya. Sebetulnya bisa saja menggunakan besi hollow ini dengan cara menyambungkannya dengan las, namun untuk hasil akan kurang memuaskan.

Fungsi Besi Hollow:

harga besi hollow

Pengaplikasian besi hollow biasanya akan menjadi beberapa kegunaan, diantaranya:

  • Rangka plafon dan railing.

Kebanyakan orang memilih besi hollow untuk digunakan sebagai bahan pembuatan plafon maupun railing. Hal tersebut disebabkan jenis hollow ini memiliki penampang yang cocok untuk diaplikasikan pada kedua rangka bangunan tersebut. Besi hollow dipilih dengan alasan keamanan dan keawetan, hal ini juga yang menjadi alasan banyak yang sudah beralih menggunakan pagar berbahan besi hollow.

  • Furniture industrial.

Konsep furniturr industri saat ini sangat cocok dengan warna besi hollow yang hitam keabu-abuan. Dengan warna tersebut akan memberikan kesan produk yang mewah dan elegan.

Harga Besi Hollow

Berikut adalah harga besi hollow yang termasuk, harga besi hollow galvanis, harga besi hollow 4×4, harga besi hollow 4×6, dan juga harga besi hollow baja ringan:

  1. Harga besi Hollow
Ukuran dan KetebalanPanjangHarga Besi Hollow
20x20x1,5 mm6 mRp71.000
30x15x1,5 mm6 mRp81.000
30x30x1,5 mm6 mRp112.000
30x30x1,7 mm6 mRp144.000
40x20x1,5 mm6 mRp112.000
40x20x1,7 mm6 mRp144.000
40x40x1,7 mm6 mRp198.000
40x40x2,7 mm6 mRp284.000
50x50x1,7 mm6 mRp252.000
50x50x2,7 mm6 mRp364.000
60x30x1,5 mm6 mRp172.000
60x30x1,7 mm6 mRp225.000
60x40x1,7 mm6 mRp252.000
75x75x2,7 mm6 mRp566.000
50x100x1,8 mm6 mRp292.000
20x40x0,3 mm (plafon)4 mRp13.000
16x32x0,3 mm (plafon)4 mRp15.500
17x35x0,25 mm (plafon)4 mRp18.500
32x32x0,25 mm (plafon)4 mRp19.500
35x35x0,3 mm (plafon)4 mRp23.500

 

  1. Harga Besi Hollow Galvanis
UkuranPanjangHarga Besi Hollow
3×3 mm6 mRp110.000
2×4 mm6 mRp110.000
3×6 mm6 mRp170.000
4×4 mm6 mRp150.000
5×5 mm6 mRp180.000

 

  1. Harga Besi Hollow Gypsum
UkuranPanjangHarga Besi Hollow
2 x 4 x 0.30 cm4 mRp13.000
2 x 4 x 0.30 cm4 mRp17.000
2 x 4 x 0.35 cm4 mRp19.000
2 x 4 x 0.35 cm4 mRp24.000
Baca Juga: Harga Seng Galvalum 2021

Sekian informasi yang dapat disampaikan mengenai harga besi hollow, semoga hal tersebut bermanfaat bagi anda yang sedang mencari informasi tentang harga besi hollow.

Have A Nice Day 😊


Baca juga :