Harga Akrilik Lembaran

Harga Akrilik

Apakah kamu saat ini sedang mencari informasi tentang harga akrilik lembaran? Tepat sekali anda berkunjung pada artikel ini di Sekilasinfo. Saat ini akrilik menjadi salah satu bahan yang banyak digunakan untuk berbagai keperluan berbeda. Terdapat berbagai cara untuk mempercantik tampilan rumah kamu serta salah satu cara yang gampang untuk dilakukan adalah dengan membuat rapi isi rumah maupun dengan cara mengganti perabot rumah kamu yang lama dengan yang baru sehingga rumah akan semakin cantik.

Setiap rumah pastinya memiliki dekorasi yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Fungsi dari dekorasi yaitu untuk memperindah atau mempercantik tampilan rumah, dan menjadi suatu pembeda antara rumah satu dengan rumah yang lainnya. Saat ini akrilik menjadi bahan yang banyak digunakan untuk menjadi hiasan di rumah. Karena tampilan yang menarik sehingga akrilik dapat membuat tampilan rumah menjadi lebih indah dan berbeda dan juga harganya yang masih cukup terjangkau bagi kantong masyarakat banyak.

Tidak seperti kaca, akrilik punya bobot yang sangat ringan dan ketahanannya juga kuat. Sifat yang dimiliki lentur membuat akrilik tidak mudah pecah dan mudah untuk dipotong ataupun dilubangi. Walupun demikian, akrilik sama jernihnya dengan kaca. Kejernihan akrilik yang dapat membuat dekorasi yang terbuat dari akrilik tampil stylish dan modern.

Pengertian Akrilik

Akrilik

Menurut Wikipedia, akrilik adalah plastik polimer transparan berupa lembaran yang biasanya dijadikan bahan substitusi dari kaca. Akrilik memiliki bobot sangat ringan, bahkan hingga 30 persen, lebih ringan dari kaca. Selain itu, akrilik mempunyai kemampuan untuk mentransfer cahaya, menahan panas dan mempunyai kemampuan struktural yang lebih kuat daripada kaca. Akrilik juga memilik kemampuan untuk bisa dicetak menjadi berbagai bentuk ataupun lembaran-lembaran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Harga yang dimiliki relatif terjangkau membuat akrilik saat ini menjadi bahan yang sangat populer.

Pada sejarahnya, akrilik pertama kali diciptakan pada tahun 1843. Pada pembentukannya dicampurkan dua bahan yaitu asam metacrilik dan methanol, dan terbentuklah methyl methacrylate. Polymethyl methacrylate atau akrilik ini ditemukan pada awal tahun 1930 oleh seorang kimiawan yang berasal dari Inggris yang bernama Rowland Hill dan John Crawford.

Kelebihan dan Kekurangan Akrilik

Kelebihan

Kekurangan

Jika dengan kaca jelas akrilik itu lebih ringanTidak tahan terhadap goresan
Tahan benturan kurang lebih 17x di banding dengan kacaTidak kuat apabila terkena panas berlebih
Jika terkena matahari maka tidak akan bereaksiAkrilik bisa patah apabila terkena tekanan keras
Tahan terhadap cuaca apapun di luar ruanganMudah kotor apabila terkena lemak atau minyak

 

Jenis Akrilik

Akrilik sendiri mempunyai beberapa jenis yang berbeda dan harga akrilik di pasaran juga bervariasi. Kamu bisa menyesuaikannya sendiri dengan keperluan ataupun kebutuhan kamu. Di bawah ini adalah beberapa jenis akrilik yang umum ditemui:

  1. Jenis Akrilik Cetak (Cast Acrylic)

Akrilik Cetak

Dilansir dari Induflex, akrilik dengan jenis ini dibuat dengan cara mencampur bahan–bahan yang dibutuhkan dalam bentuk cairan panas. Proses kimia terjadi saat pelelehan bahan–bahan yang dibutuhkan, kemudian melakukan penuangan ke cetakan yang berupa lembaran. Saat suhu telah mendingin, maka cairan tersebut akan mengeras. Peran manusia sangat dibutuhkan dalam pembentukan akrilik ini. Harga akrilik ini lebih mahal daripada akrilik jenis ekstruksi, karena akrilik jenis ini membutuhkan banyak tenaga manusia dalam proses produksinya.

  1. Akrilik Ekstrusi (Extruded Acrylic)

akrilik ekstrusi

Akrilik jenis ini sedikit berbeda dengan akrilik cetak yang memanfaatkan alat cetak dalam proses pembuatannya. Untuk akrilik jenis ini dibuat menggunakan mesin, pada prosesnya mesin akan menekan akrilik menjadi sebuah bentuk, sementara proses kimia terjadinya saat proses mekanik. Harga akrilik jenis ini lebih murah dari akrilik cetak karena lebih sedikit melibatkan peran manusia dan banyak menggunakan mesin yang dapat diotomatisasi.

  1. Akrilik Lembaran Transparan (Clear Acrylic Sheeting)

akrilik transparan

Jenis akrilik ini adalah akrilik lembaran transparan. Akrilik jenis ini merupakan salah satu jenis yang paling umum dan paling mudah untuk ditemui di toko maupun produk yang sudah jadi. Lembaran akrilik yang transparan bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan yang berbeda-beda, salah satu manfaatnya adalah untuk menjadi pengganti dari kaca untuk meja makan. Harga akrilik ini yang relatif lebih murah daripada kaca, bisa menjadi suatu opsi bagi kamu yang ingin membuat perabotan rumah tangga.

  1. Akrilik Lembaran Berwarna (Colored Acrylic Sheeting)

akrilik warna-warni

Akrilik ini sangat cocok digunakan jika kamu ingin membuat suasana rumah menjadi lebih berwarna, maka jenis akrilik ini bisa dimanfaatkan karena lembaran akrilik yang memiliki warna. Ada beragam varian lembaran yang berwarna dan sangat mudah melakukan penyesuaian sesuai dengan kebutuhan dan selera kamu. Harga akrilik warna-warni lembaran dengan ketebalan 2mm A3 30x42cm mulai dari Rp.23.000.

Harga Akrilik Lembaran Terbaru

Akrilik memiliki ragam dan setiap jenis akrilik memiliki ukuran dan harga yang berbeda-beda. Berikut ini merupakan harga akrilik bening dan juga harga akrilik warna, akrilik dapat dicari di toko akrilik maupun mendapatkan akrilik di toko bangunan:

Jenis, Ukuran, dan Ketebalan

Harga Akrilik

Akrilik Bening Uk. 92 x 183cm Ketebalan 1.5mmRp304.800
Akrilik Bening Uk. 92 x 183cm Ketebalan 2mmRp340.800
Akrilik Bening Uk. 92 x 183cm Ketebalan 3mmRp487.200
Akrilik Bening Uk. 100 x 200cm Ketebalan 1.5mmRp361.200
Akrilik Bening Uk. 100 x 200cm Ketebalan 2mmRp404.000
Akrilik Bening Uk.  100 x 200cm Ketebalan 3mmRp578.400
Akrilik Warna Uk. 92 x 183cm Ketebalan 2mmRp385.200
Akrilik Warna Uk. 92 x 183cm Ketebalan 3mmRp550.200
Akrilik Warna Uk. 92 x 183cm Ketebalan 4mmRp733.200

 

Tips Menggunakan Akrilik

Akrilik adalah bahan memiliki suatu karakter plastik yang khusus dibandingkan dengan produk bahan plastik lainnya, kekurangan dan kelebihan yang terdapat pada bahan akrilik tentu terpampang jelas pada cara perawatannya, terdapat satu kelemahan yang dimiliki oleh akrilik dan harus sangat diperhatikan agar akrilik awet yaitu mudah terdapat goresan pada permukaannya dan terlihat kusam akibat kotoran.

Maka dari itu ada beberapa tips untuk produk yang berbahan akrilik:

  • Jangan lepas kertas atau stiker yang menempel pada lembaran akrilik yang dapat berfungsi sebagai pelindung akrilik, jika belum di produksi hingga pengerjaan produk akrilik selesai. Khususnya pada saat melakukan pemotongan akrilik, proses pemotongan akrilik tentu akan ada sampah atau partikel yang dapat memberikan goresan pada akrilik yang berakibat akrilik tersebut turun keindahannya.
  • Lalu Jika ingin melakukan pembersihan akrilik sebaiknya tidak menggunakan bahan yang kasar serta mengandung kimia, tetapi lebih baik menggunakan kemonceng, atau lap yang mempunyai tekstur halus sehingga tidak menimbulkan goresan pada akrilik.
  • Perlu diperhatikan apabila stiker atau kertas yang menempel pada lembaran akrilik terkena air harus cepat-cepat di lap sampai kering dengan tujuan memudahkan proses pelepasan stiker, namun jika air itu di biarkan saja dalam waktu yang cukup lama maka stiker akan menyulitkan proses pelepasan stiker.
  • Hal terakhir yang perlu diperhatikan adalah suhu. Suhu yang terlalu panas atau suhu yang terlalu tinggi dapat membuat akrilik tersebut melengkung jadi alangkah baiknya simpan akrilik di tempat yang bersuhu normal dengan tujuan merawat akrilik, mengingat karakter akrilik yang tidak mampu bertahan di suhu yang terlalu tinggi.

Jadi pada intinya, pada produk akrilik jika tingan memang penting janganlah terlalu sering untuk dipegang agar tidak menimbulkan goresan, kusam, bahkan rusak sehingga menghilangkan kemewahan dari barang akrilik tersebut.

Baca Juga: Harga Kayu Jati 2021

Itulah beberapa penjelasan mengenai produk, jenis, kelebihan dan harga terbaru dari akrilik. Semoga informasi yang disampaikan bisa memberikan manfaat bagi kamu dalam melakukan pemilihan dekorasi terbaik untuk rumah kamu. Sesuaikan dekorasi rumah dengan selera kamu dan sesuaikan dengan tema yang ada pada rumah agar terkesan mewah serta nyaman dan membuat kamu betah untuk tinggal di rumah.

Have A Nice Day 😊


Baca juga :