Cara Mengisi Token Listrik

cara mengisi token listrik

Anda sedang mencari tutorial cara mengisi token listrik kost karena belum pernah mengisi pulsa token listrik? Tepat sekali anda membuka artikel ini, karena dalam artikel ini kami akan memberikan sedikit informasi mengenai cara mengisi token listrik.

Dalam melakukan kegiatan sehari-hari kita tidak mungkin melupakan yang namanya listrik karena energi listrik merupakan keperluan yang sangat penting bagi masyarakat. Keperluan-keperluan yang membutuhkan listrik misalnya seperti urusan rumah tangga kantor sekolah toko bahkan sampai kebutuhan untuk mengisi daya smartphone. Kebutuhan listrik ini juga sangat berguna untuk kegiatan ekonomi seperti pada pabrik yang membutuhkan listrik sebagai daya untuk menggerakkan alat-alat produksi nya. Jadi listrik mempunyai peran yang sangat penting dalam keberlangsungan hidup sehari-hari.

PLN sebagai penyedia listrik bagi masyarakat Indonesia kini menyediakan listrik pintar atau prabayar. Jadi maksud dari listrik pintar atau prabayar ini adalah masyarakat atau pelanggan bisa menggunakan listrik terlebih dahulu kemudian akan membayar tagihan listrik sesuai dengan penggunaannya dan pembayarannya dilakukan setiap satu bulan sekali. Listrik prabayar ini dalam penggunaannya nya lebih efektif jika dibandingkan dengan sistem pembayaran sebelumnya yaitu pascabayar, karena dalam prakteknya listrik prabayar ini mulai banyak digunakan masyarakat karena mereka beranggapan bahwa listrik prabayar ini lebih hemat dan kita bisa mengatur sendiri penggunaan listrik. Dalam melakukan pembayaran listrik PLN ini ada banyak cara yang bisa digunakan.

Kami telah merangkumkan untuk anda beberapa cara mengisi token listrik untuk anda ketahui:

Cara mengisi token listrik menggunakan voucher

Cara Mengisi Token Listrik 1

Cara yang bisa dilakukan untuk membayar token listrik adalah dengan menggunakan voucher. Anda bisa membeli voucher listrik di minimarket, supermarket, penjual pulsa, dan penjual voucher listrik lainnya. Jika anda baru pertama kali, biasanya anda akan dimintai kartu identitas oleh si penjual.

Di kartu identitas pengguna listrik prabayar biasanya tercantum jumlah angka yang itu merupakan kode token listrik milik anda.

Berikut cara memasukkan token listrik yang sudah dibeli.

  1. Sebelumnya anda harus memberikan kode token listrik Anda kepada penjual voucher pulsa listrik. Kemudian anda akan mendapatkan struk yang biasanya berisi 20 digit kode token listrik.
  2. Kemudian masukan 20 digit kode token listrik tersebut meteran listrik anda. Caranya adalah dengan langsung mengetikkan 20 digit token listrik kemudian Anda tekan tombol “enter”. Saat mengetikkan kode token listrik ada digit yang salah Anda cukup menghapusnya dengan menekan tombol “backspace”.
  3. Setelah anda memasukkan digit kode kan tadi kan udah menekan tombol enter maka akan muncul tulisan “accept” atau “benar”. Itu menandakan bahwa digit kode yang sudah Anda masukkan benar dan akan menampilkan jumlah nilai daya atau kwh yang Anda beli di layar tersebut.
  4. Namun bila setelah anda memasukkan 20 digit angka token listrik dan ternyata yang muncul adalah tulisan “salah” atau “rejec” kemungkinan besar yang Anda masukkan tersebut salah Anda perlu memasukkan ulang digit kode dengan berhati-hati agar tidak salah lagi dalam memasukkan kode.

 

Cara mengisi token listrik lewat HP

Cara Mengisi Token Listrik 2

Cara yang selanjutnya adalah Anda bisa melakukan pengisian token listrik menggunakan HP anda. Cara ini lebih simpel karena anda hanya perlu menggunakan m-banking yang ada di HP anda untuk melakukan pembelian pulsa listrik.

Di sini kami akan memberikan cara mengisi token listrik menggunakan m-banking BRI dan BNI:

BRI

  1. Pertama anda perlu membuka aplikasi m-banking terlebih dahulu tentunya, kemudian pilih opsi “lsi ulang”.
  2. Setelah itu pilih opsi “PLN” dan dengan jenis transaksi “PLN prabayar”
  3. Kemudian Anda akan diminta untuk memasukkan ID pelanggan atau nomor meteran listrik.
  4. Setelah mengisikan ID pelanggan atau nomor meteran listrik, pilih nominal pulsa token listrik yang sesuai dengan kebutuhan anda.
  5. Berikutnya tekan tombol “Ok” lalu masukkan pin anda dan tekan “Send”.
  6. Untuk mengkonfirmasi transaksi anda, klik tulisan “Ok”.
  7. Selanjutnya cek pesan SMS di HP anda untuk mendapatkan konfirmasi bukti transaksi.
  8. Dan yang terakhir adalah memasukkan kode voucher yang telah anda terima ke meteran listrik. Cara memasukkan nya sama seperti cara sebelumnya yang sudah kami paparkan di atas.

BNI

  1. Pertama, Buka M-banking lalu pilih “Pembelian” di menu utama.
  2. Berikutnya pilih “Token Listrik”.
  3. Kemudian pilih opsi “Beli Token PLN Prepaid”.
  4. Masukkan nomor ID Pelanggan/Nomor meteran listrik;
  5. Pilih nominal token listrik yang kamu butuhkan lalu klik “Proses”;
  6. Selanjutnya akan muncul konfirmasi dan pilih ‘Yes’ jika informasinya benar.
  7. Setelah itu muncul SMS dari 3346 untuk konfirmasi dengan memasukkan dua angka pin SMS Banking BNI secara acak.
  8. Jika kode voucer sudah diterima artinya transaksi anda berhasil.

Sekian informasi mengenai cara mengisi token listrik yang dapat kami suguhkan kepada anda. Semoga apa yang telah kami informasikan bisa menambah pengetahuan dan wawasan tentang cara mengisi token listrik semoga bisa bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih.


Baca juga :