Cara Membuat Aplikasi Android Dengan Mudah

cara membuat aplikasi android

Untuk kamu yang sedang mencari bagaimana cara membuat aplikasi android ataupun kesulitan dalam membuat aplikasi android, maka kami akan berbagi seputar bagaimana cara membuat aplikasi android dengan sangat mudah tanpa menggunakan programming maupun coding.

Tahu gak sih bagaimana rahasia dan cara mudah untuk menguasai kemampuan khusus dalam programming? Salah satu cara paling mudah adalah dengan latihan latihan dan latihan. Dikarenakan jika kamu sering latihan dalam membuat aplikasi android maka kamu akan dengan mudah terbiasa dan menjadi lebih mudah dalam pengembangan aplikasi android.

Pernah gak sih kamu bertanya bagaimana cara buat aplikasi android yang sangat rumit seperti Bukalapak, Shopee ataupun Tokopedia? Aplikasi-aplikasi tersebut merupakan aplikasi yang dibuaat oleh tim dengan jumlah yang banyak lho.

Akan tetapi jika kamu masih ingin untuk belajar, untuk awalan kamu bisa membuat aplikasi yang sangat mudah untuk dibuat, yah seperti contohnya aplikasi tebak gambar, aplikasi tutorial maupun aplikasi lainnya yang mudah untuk dibuat.

Cara Membuat Aplikasi Android

cara membuat aplikasi android

Sebelum kamu memulai untuk membuat aplikasi android, yang pertama kamu harus siapkan adalah alat alatnya , berikut ini merupakan alat-alat (tools) yang wajib ada pada saat kamu membuat aplikasi android.

Untuk membuat aplikasi android menggunakan Android Studio maka kamu harus melalui beberapa langkah antara lain Install Aplikasi JDK, Instal aplikasi android studio, membuat struktur project, membuat layout linear dan membuat layout relative.

Langkah 1 : Install Aplikasi JDK

Langkah pertama yang harus kamu siapkan yaitu menginstall dan mengatur JDK (Java Development Kit). JDK merupakan software yang digunakan untuk kompilasi Bahasa pemrograman Java ke Bahasa pemrograman Bytecode.

Langkah 2 : Install Aplikasi Android studio

Android Studio merupakan salah satu software Integrated Development Enviroment (IDE) yang memiliki fungsi untuk membuat aplikasi android, menurut InteliJ IDEA. Software Android Studio selain untuk editor kode InteliJ dan developer tools juga memberikan fitur yang sangat banyak untuk membuat aplikasi android.

Langkah 3 : Membuat Interface dan Struktur Project

Langkah yang ke 3 yaitu membuat interface dan struktur project, pertama kamu buka IDE Android Studio maka yang akan kamu lakukan yaitu membuat aplikasi pertama dengan cara klik Start a new Android Studio Project.

Langkah 4 : Membuat Layout Linear

Layout Linear merupakan sekumpulan tampilan yang mana tampilannya sejajar dalam satu arah, dalam bentuk horizontal maupun bentuk vertical. Dengan layout linear ini kamu dapat menetapkan arah layout dengan arah horizontal atau vertical sesuai dengan project yang kamu buat.

Langkah 5 : Membuat Layout Relative

Layout Relative merupakan salah satu tampilan grup struktur kode yang dapat mengatur komponen-komponen yang ada didalamnya dan dibungkus secara relatif.

Langkah 6 : Membuat coding main activity dan activity_main.xml

Contoh Coding :

<RelativeLayout xmlns:android=”http://schemas.android.com/apk/res/android”
android:id=”@+id/activity_main”
android:layout_width=”match_parent”
android:layout_height=”match_parent”
android:background=”#dce0e8″>

Jika sudah semua selanjutnya klik tombo play warna hijau untuk menjalankan aplikasi.

Penjelasan Dasar Pembuatan Aplikasi Android Yang Sudah Jadi

cara membuat aplikasi android

a. Mengenal Apa Itu Splash Screen

Splash screen merupakan tampilan awal pada saat kamu mencoba untuk membuka aplikasi android. Splash screen ini muncul sebelum munculnya menu utama

Contoh aplikasi yang memakai splash screen antara lain facebook, youtube, twitter dan skype.

Dasar yang harus kamu pelajari saat membuat splash screen yaitu membuat layout splash screen menggunakan kode xml.

b. User Interface dan Dashboard Menu

Tampilan User Interface Dashboard merupakan bagian menu utama dengan tampilan yang bagus dan menarik, hal ini digunakan agar pengguna aplikasi menjadi tertarik dan berselencara dalam waktu lama saat menggunakan aplikasi android mu.

c. Web View

Android Web View merupakan sebuah sistem google chrome yang dapat membuat aplikasimu dapat menampilkan konten web.

Contohnya yaitu disaat kamu menginginkan aplikasi kamu dapat mengakses halaman web tanpa kamu membuka aplikasi browser terlebih dulu.

Atau juga anda sudah memiliki web, anda dapat membuat aplikasi untuk website kamu sehingga web kamu dapat diakses melalui aplikasi android yang kamu buat.

d. Custom Font

Pada dasarnya sistem android sudah menyediakan berbagai font bawaan yang umum. Akan tetapi jika kamu ingin menambahkan beberapa jenis font untuk aplikasi yang kamu buat, kamu dapat dengan mudah menggunakan custom font. Untuk membuat custom font tidak sesulit yang dibayangkan oleh kebanyakan orang.

Namun jika kamu mengalami kesulitan dalam mempelajari Bahasa pemrograman java. Kamu dapat menggunakan beberapa rekomendasi aplikasi dibawah ini sehingga kamu tidak terlalu sulit untuk membuat aplikasi android.

Platform Pembuat Aplikasi

cara membuat aplikasi android

Banyak yang belum tahu nih pastinya jika membuat aplikasi saat ini tidak memerlukan Bahasa pemrograman coding, saat ini sudah ada banyak platform yang menawarkan untuk pembuatan aplikasi dengan mudah. Berikut ini merupakan beberapa platform untuk membuat aplikasi .

1. App Makr

AppMakr merupakan platform aplikasi yang memiliki basis cloud (penyimpanan cloud). Kamu dapat menggunakan App Makr untuk membuat aplikasi android, ios, dan HTML5.

Platform ini tidak memiliki batasan jumlah aplikasi yang ingin kamu buat dan juga updatenya.

Platform AppMakr memiliki banyak fitur, antara lain yaitu dukungan galeri untuk foto beresolusi tinggi, video streaming, live update, push notification, music, integrasi google maps, dan masih banyak lagi.

Kamu juga dapat memonitor aplikasi di dashboard AppMakr. Untuk pemula, kamu dapat menggunakan AppMakr secara gratis untuk membuat aplikasi sesuai dengan keinginanmu.

2. Game Salad

Platform satu ini merupakan platform yang berfokus pada pembuatan game tanpa coding / pemrograman. Kamu dapat membuat game android menggunakan platform ini.

Dikarenakan sudah ada fitur editor drag and drop maka kamu dapat membuat game tanpa melakukan pemrograman lagi atau tanpa perlu belajar pemrograman.

Kamu juga dapat menambahkan karakter, fitur, suara, dan juga komponen komponen lainnya yang ingin anda tambahkan didalam game.

3. Appy Pie

Sama halnya seperti dua platform yang sudah dijelaskan sebelumnya, Appy Pie sangat memungkinkan untuk kamu yang tidak paham akan Bahasa pemrograman dapat membuat aplikasi menggunakan platform Appy Pie dengan sangat mudah.

Platform ini dapat digunakan untuk membuat aplikasi ios, windows dan pastinya apk (aplikasi android). Dan lebih kerennya lagi, kamu dapat membuat sebuah aplikasi hanya melalui web , kamu tidak perlu repot repot unutuk download software dan sebagainya.

Dan yang paling asyik yaitu cara pembuatannya hanya dengan drag and drop saja. Jadi anda dapat membuat aplikasi dengan sangat mudah menggunakan platform Appy Pie.

4. Appery

Jika kamu ingin sekali membuat aplikasi dengan cepat maka gunakanlah Platform Appery.

Dengan appery kamu tidak perlu mengunduh software apapun karena layouting dan sebagainya dapat kamu kerjakan secara langsung melalui website Appery.

Kamu juga dapat dengan mudah membuat aplikasi untuk android, windows phone dan ios.

Terdapat banyak fitur yang dapat kamu tambahkan ke aplikasi yang akan kamu buat, soon anti aplikasimu jadi sangat keren.

Nah itulah beberapa cara untuk membuat aplikasi android dan beberapa rekomendasi platform untuk membuat android dari kami. Jika ingin membuat aplikasi, buatlah aplikasi yang bermanfaat bagi banyak orang. Sekian.

 

 


Baca juga :