Apa Itu HPL? Jadi HPL Adalah…

HPL Adalah

Apakah kamu sedang tertarik dengan dunia interior? Jika kamu sedang tertarik dengan dunia interior, atau saat ini sedang berencana membuat furniture seperti kitchen set atau almari baju, maka kemungkinan besar kamu pastinya pernah bahkan sering mendengar tentang kata HPL. Sangat cocok jika kamu berkunjung di Sekilasinfo, kami disini pastinya akan memberikan informasi yang bermanfaat bagi kamu. Tanpa basa-basi mari simak artikel berikut ini!

Namun apa itu HPL? Let’s Check it Out.

HPL Adalah High Pressure Laminate

Apa Itu HPL? Jadi HPL Adalah... 1

Wew istilah apalagi nih? Mungkin hal tersebut merupakan kalimat yang terlintas pada otak seorang awam pada dunia properti. Jadi HPL adalah jenis kertas yang tebal dengan tekstur dan motif kayu yang direkatkan pada sebuah kayu olahan seperti particle board, MDF atau blockboard yang digunakan sebagai bahan pelapisan permukaan furniture pada dunia interior.

Sesuai namanya, jadi HPL adalah material yang diproduksi dengan sistem press yang berkekuatan sangat tinggi. Hal ini bertujuan agar HPL yang dihasilkan menjadi sangat tipis namun juga sangat kuat.

Bentuk HPL adalah lembaran pada umumnya yang berukuran sama dengan multiplex dan triplex yaitu 120 cm X 240 cm per lembar. Lalu karena HPL merupakan lapisan luar furniture maka HPL bentuknya sangatlah tipis, ketebalan dari HPL sendiri adalah berkisar 1mm.

HPL Terbuat Dari Apa?

Bahan HPL

Bahan HPL berasal dari serbuk atau serat kayu, beberapa lapisan kertas, dan perekat yang berupa resin. Semua bahan yang ada tadi disusun dan dilakukan proses pada sistem press dengan tekanan yang sangat tinggi sehingga menghasilkan lembaran-lembaran HPL itu sendiri.

Ragam Motif HPL

Motif HPL

Dengan adanya kemajuan teknologi pada bidang produksi material furniture maka ada begitu banyak ragam motif HPL yang ada dipasaran saat ini dan bisa kamu pilih. Pada saat ini kebanyakan motif HPL kebanyakan meniru serat dan texture kayu. Pada pasaran kamu dapat menemukan HPL dengan motif dan warna dengan mirip kayu jati, mahoni, wallnut, bangkirai, merbau, dan bahan kayu white wash. Selain hal tersebut ada juga beberapa HPL dengan warna yang polos baik itu mengkilap ataupun doff. Dewasa ini HPL dengan motfi stainless steel dan besi juga telah ada dan beredar di pasaran.

Merek dan Harga HPL

Saat ini di Indonesia bahan ini dapat ditemukan dengan berbagai merek. Salah satu merek HPL yang paling banyak digunakan oleh para pelaku interior dan gudang-gudang produksi adalah produk merek TACO. Merek tersebut banyak digunakan karena kualitasnya yang baik, pilihan motif yang ada sangat banyak, dan harga yang ramah di kantong serta masuk akal untuk kualitas yang dihasilkan.

Selain merek TACO masih ada pula HPL dengan merek lain dan pastinya harga yang lebih mahal seperti Lamitak atau Arborite.

Lalu Harga HPL yang ada di pasaran pun beragam. Untuk merek TACO harga perlembar mulai dari kurang lebih Rp 130.000 untuk warna polos, serta Rp170.000-Rp250.000 untuk kebanyakan motif kayu, dan bahkan ada yang mencapai harga Rp 600.000-Rp1.200.000 untuk beberapa motif eksklusif lainnya. Hal tersebut pastinya juga sesuai dengan seberapa sulit dan seberapa mahal bahan yang digunakan dalam memproduksi motif tersebut.

Pengaplikasian & Cara Pasang HPL

HPL pada umumnya hampir bisa diaplikasikan pada seluruh furniture dengan permukaan datar apa pun seperti kabinet pada kitchen set, almari baju, almari TV, rak sepatu, meja kantor, dipan, nakas, dan partisi ruangan atau backdrop dinding. Pada sisi lain HPL juga bisa di gunakan untuk permukaan yang lengkung, namun perlu diperhatikan jika lengkungan terlalu kecil atau extrem maka biasanya HPL akan patah karena sifatnya yang cukup kaku. Maka dalam pengaplikasikan HPL harus berhati-hati agar HPL yang digunakan pada furniture tidak patah.

Bahan dasar yang digunakan untuk menempelkan HPL saat ini kebanyakan adalah multiplex atau blockboard, cara menempelkannya juga lumayan mudah. kamu hanya perlu melakukan pelapisan permukaan HPL dan triplek dengan lem kuning. Lalu tunggu hingga ke-2 permukaan cukup kering, lalu tempelkan kembali HPL ke permukaan triplek secara perlahan-lahan. Gosok dan tekan permukaan HPL dengan sebuah potongan triplek kecil tadi yang dilapisi dengan kain agar menempel dengan rata. Pastikan HPL yang ada telah teraplikasi secara sempurna sebelum meninggalkan HPL tersebut.

HPL Cocok Untuk Desain Modern & Minimalis

Apa Itu HPL? Jadi HPL Adalah... 2

HPL juga cocok untuk bentuk-bentuk furniture yang tidak terlalu banyak detail maka pada hal HPL sangat cocok untuk furniture dengan nuansa modern dan minimalis. Pengguna saat ini Jika suka dengan gaya furniture klasik yang memiliki banyak detail maka jangan gunakan HPL, hal ini disebabkan akan menyulitkan tukang yang mengerjakan furniture tersebut.

Apa Saja Kelebihan Lapisan HPL?

Terdapat beberapa alasan yang kuat kenapa HPL menjadi bahan finishing terpopuler untuk furniture modern saat ini.

  • HPL adalah bahan cukup tahan terhadap goresan. Artinya pengguna tidak perlu khawatir permukaan furniture akan mudah rusak ketika mengalami benturan ringan dengan benda-benda yang cukup tajam.
  • HPL adalah bahan sangatlah Awet. Awet yang dimaksud adalah permukaan HPL sangat tahan lama jika digunakan pada dalam ruangan. Warna HPL tidak akan pudar ataupun berubah selama bertahun-tahun asalkan tidak terpapar sinar matahari terus-menerus.
  • HPL adalah bahan yang tahan Air. Permukaan HPL tidak akan mudah rusak jika terkena air, asalkan tidak direndam didalam air.
  • HPL adalah bahan yang mudah dibersihkan. Pengguna tinggal menggunakan cairan pembersih ruangan biasa untuk membersihkan permukaan HPL, hal tersebut pastinya sangatlah mudah karena hampir tiap rumah punya cairan pembersih ruangan.
  • HPL adalah bahan yang memiliki banyak pilihan motif. Pengguna besar kemungkinan pasti akan menemukan motif HPL yang cocok untuk kamu karena banyaknya koleksi yang disediakan oleh perusahaan produksi HPL.
  • HPL adalah bahan yang mempunyai harga ekonomis. Harga furniture yang menggunakan bahan ini tidaklah begitu mahal sehingga isi dompet kamu akan aman.
  • HPL adalah bahan yang memiliki waktu pengerjaan Cepat. Hal ini disebabkan pengaplikasian yang mudah maka proses produksi furniture yang menggunakan HPL tidak akan makan waktu terlalu lama.

Apa Saja Kekurangan Lapisan HPL?

Pengguna harus paham betul kekurangan HPL agar furniture yang dibeli bisa bertahan lama. Berikut beberapa kekurangan dari High Pressure Laminate ini:

  • HPL adalah bahan yang mudah compel jika proses pengerjaan yang dilakukan asal-asalan. Hal ni adalah salah satu masalah yang paling sering terjadi dan menjadi suatu momok bagi banyak orang. Karakter HPL yang kaku maka HPL akan mudah pecah jika tersenggol pada sudut yang dikerjakan dengan kurang rapi.
  • HPL adalah bahan yang pengerjaan suudut pertemuan sulit rapi. Hal ini memang terjadi apabila tukang yang mengerjakan hal tersebut kurang berpengalaman, namun jika tukang yang mengerjakan telah berpengalaman maka hal tersebut dapat diatasi.
  • HPL adalah bahan yang sering mengalami kembung. Pada bagian tertentu sangat memungkinkan terjadinya kembung pada HPL, hal ini mungkin disebabkan kurang rapinya pengerjaan, pemberian lem yang kurang merata, dan perubahan suhu yang ekstrim.
  • HPL adalah bahan yang dapat terkesan murahan. Pemilihan motif yang digunakan menjadi penyebab hal ini, motif HPL yang dipilih haruslah sesuai tema furniture HPL dan tidak tabrakan warna sehingga tidak terkesan murahan.

Itulah beberapa kelemahan HPL. Pada intinya semua hal tersebut dapat diatasi dengan menggunakan tukang yang berpengalaman serta kebijaksanaan dalam pemilihan warna dari pengguna.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan HPL

Dimana Tempat Beli HPL?

HPL biasanya dijual di toko-toko yang menjual kebutuhan interior seperti engsel pintu, pegangan lemari, hiasan lampu, rak sendok dan piring. Hal tersebut sangat mudah ditemukan pada supermarket bahan bangungan seperti Transhome, Mitra 10, dan supermarket bahan bangunan lainnya.

Demikian beberapa hal yang perlu kamu ketahui HPL dan pemasangannya, semoga hal ini dapat bermanfaat untuk kamu.

Have A Nice Day 😊

 


Baca juga :