7 Tahap dalam Program Pemerintah Startup Studio

Pertengahan tahun ini, pemerintah melalui Kemdikbud baru saja menjalankan program Startup Studio yang menggandeng para talenta digital enthusiast membangun startup. Sebanyak 15 startup dengan inovasi terbaik sudah dipilih. Mereka adalah Alterstay, Automa, Bioma, Broom.id, CitCall, DotX, Eduku, Eratani, Kanva, Metion (Firm Agro Teknologi), MyRobin.id, MySkill, Nona Woman, SHAFIQ, dan Tripwe.

Startup tersebut telah memenuhi kriteria #GoTheExtraMiles, namun terhambat mengembangkan skala usahanya. Nah, nantinya pemerintah dalam program ini memberikan bantuan program mengembangkan solusi yang dibutuhkan oleh startup, antara lain berfokus pada strategi produk, tim, teknologi, business skill, dan marketing.

Program yang diadakan Agustus lalu sudah sampai pada Batch 5. Apa saja tahapan program yang harus dilewati para startup terpilih? Ini alurnya sebagai gambaran mendaftar pada kesempatan selanjutnya.

Tahapan Program Startup Studio Kemdikbud

Berdasarkan Batch terakhir, alur proses sampai terpilihnya 15 startup dibagi menjadi 7, antara lain sebagai berikut.

1. Registrasi

Pertama, pemilik startup harus melewati tahapan registrasi yang dilakukan secara online dengan mengisi beberapa informasi penting. Proses registrasi berlangsung selama 2 bulan.

2. Seleksi

Selanjutnya, tim pengelola program akan menyeleksi ratusan atau ribuan startup pendaftar menjadi 30. Startup terpilih harus memenuhi kriteria berikut:

  • Telah berbadan hukum dan memiliki traction minimal 3-6 bulan
  • Berada dalam tahap pendanaan Bootstrap, Angel, Pre-seed hingga seed, dan sedang mencari pendanaan Seed, Pre-Series A hingga Series A
  • Menunjukkan potensi menuju product market fit
  • Memiliki path to scalability and profitability serta menunjukkan kemampuan scale up
  • Founder sudah full-time

Selain kriteria di atas, penyeleksian bergantung pada profil, identifikasi masalah, solusi yang diusung, potensi sektor dan industri untuk scalling up, relevamsi solusi terhadap sektor industri, serta diferensiasi dan faktor lokalitas. Hasil penentuan berdasarkan dewan curator dari berbagai industri startup berpengalaman.

3. Pengumuman

Setelah melakukan proses penyeleksian, sekitar 15 hari akan diumumkan 30 terpilih yang nantinya akan diseleksi hingga menyisakan 15 startup.

4. FGD Diagnosis Session

Lima hari setelahnya diadakan sesi pertama Startup Studio dalam FGD Diagnosis Session. Dalam tahap ini akan berlangsung sesi pengenalan, pendalaman, serta evaluasi kebutuhan startup berikut kurikulum. Semua rangkaian sesi ini berlangsung 5 hari.

5. Opening & Founder’s Camp

Setelah FGD Diagnosis Session diberi jeda kurang lebih 15 hari sebelum melanjutkan sesi berikutnya. Para founder startup akan mengikuti Founder’s Camp selama 5 hari.

Sesi tersebut berisi rangkaian mentoring dengan para pelaku industri untuk mendiskusikan ilmu praktis untuk mengembangkan skala usahanya yang sedang dirintis. Lebih tepatnya mencakup beberapa topik berikut:

  • Product Strategy
  • Fundraising (Finance & Legal)
  • Marketing
  • Customer Experience
  • Product Mindset

6. 1:1 Coaching

Dua hari setelah Founder’s Camp selesai, para founder akan memasuki 1-on-1 Coaching, yakni sesi privat untuk mendapatkan konsultasi dan supervise eksekusi bersama para ahli berpengalaman dalam pengembangan startup di bidang yang spesifik.

Adapun pembicaraan konsultasi seputar strategi produk yang mencapai product-market-fit, pengembangan skala bisnis, marketing, dan pengembangan teknologi.

Sesi konsultasi per-startup ini merupakan salah satu sesi utama. Durasinya lumayan lama, yaitu sekitar 11 minggu.

7. Milestone Day

Setelah sesi 1-on-1 Coaching selesai, acara diakhiri dengan sesi Milestone Day. Bisa dibilang, inilah puncak dari keseluruhan sesi. Pada sesi tersebut, para founder akan melakukan presentasi masing-masing startup yang disertai dengan sesi tanya jawab dengan publik.

Itulah tadi serangkaian panjang dari program Startup Studio yang hingga kini masih berlangsung. Kunjungi informasi selengkapnya di link https://startupstudio.id/.


Baca juga: