Ini Dia 5 Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh saat Musim Hujan

Anda sering terkena flu? Atau Anda sering pusing kalau kehujanan? Itu bisa jadi tanda kalau daya tahan tubuh Anda sedang tidak baik. Daya tahan tubuh yang tidak baik dapat membuat tubuhmu mudah terserang penyakit. Pada musim hujan seperti sekarang ini, daya tahan tubuh harus dijaga agar Anda selalu fit dan siap menghadapi hari-harimu. Lalu, gimana sih cara untuk menjaga daya tahan tubuh ketika musim penghujan melanda? Yuk kita cari tahu bersama!

 

Konsumsi Makanan yang Sehat

Ada ungkapan yang mengatakan bahwa “You are what you eat” yang artinya “Anda adalah yang Anda makan”. Ungkapan ini benar adanya dan menjelaskan bahwa makanan itu sangat penting bagi tubuh. Makanan yang sehat akan membuat daya tahan tubuh baik juga. 

Anda juga harus memastikan bahwa nutrisi dari makanan yang Anda konsumsi cukup, seperti karbohidrat, lemak, protein, sayur, dan buah. Jangan lupa juga untuk minum air putih dalam jumlah yang cukup.

Sebagai tambahan, konsumsi juga vitamin C dan D serta kurangi gula, garam, dan minyak agar semakin bagus daya tahan tubuh Anda.

 

Rutin Berolahraga

Siapa nih yang masih malas olahraga? Selain menjaga kesehatan mental dan mood, olahraga juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Rutin berolahraga dapat membuat sirkulasi darah tetap lancar, menjaga massa otot, dan menjaga suhu tubuh tetap hangat. Jika Anda belum sanggup melakukan olahraga yang berat, Anda dapat melakukan olahraga ringan seperti Low Impact Cardio untuk menjaga daya tahan tubuh Anda. (baca di sini)

 

Istirahat yang Cukup

Tak dapat dipungkiri, daya tahan tubuh juga dipengaruhi oleh pola istirahat.Tidur yang berkualitas adalah waktu bagi tubuh Anda beristirahat setelah seharian penuh beraktivitas. Selain itu, tidur juga menjadi waktu untuk regenerasi sel-sel di tubuh Anda. Untuk usia orang dewasa, disarankan untuk tidur 6-8 jam per hari.

 

Kelola Stres Anda

Stres bisa membuat daya tahan tubuh menurun. Manajemen stres yang baik dapat membantu Anda dalam melakukan kegiatan sehari-hari agar tetap tenang. Manajemen stres dapat dilakukan dengan relaksasi fisik, mencari suasana baru, dan istirahat sejenak dari pekerjaan Anda.

Berikut cara mengatasi stres yang dapat Anda dibaca di sini.

 

Jaga Tubuh Agar Tetap Hangat

Musim hujan tentunya suhu lingkungan lebih dingin dari biasanya. Anda perlu menjaga kehangatan tubuh agar tetap sehat. Anda dapat menggunakan pakaian yang lebih tebal, seperti jaket. Selain itu, Anda juga harus selalu siap sedia payung atau jas hujan kalau-kalau Anda terjebak hujan di luar rumah.

Cara lain yang dapat Anda lakukan adalah mengonsumsi makanan atau minuman yang hangat, seperti air jahe atau rebusan rimpang yang tentunya bermanfaat bagi tubuh.

 

Jaga Kebersihan Diri, Pakaian, dan Lingkungan

Badan, pakaian dan lingkungan yang kotor dan lembab dapat menjadi sarang virus dan bakteri. Anda dianjurkan untuk mandi 2 kali sehari. Selain itu, segeralah mandi bila Anda terguyur hujan.

Apabila pakaianmu terasa lembab dan tidak nyaman, Anda harus segera menggantinya agar tidak menjadi sarang bakteri. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan lingkungan di sekitarmu, salah satunya dengan melakukan 3M, yakni menguras, mengubur, dan menutup.

 

Lakukan Vaksinasi

Vaksinasi penting untuk menjaga daya tahan tubuh. Pada masa setelah pandemi Covid-19 ini, segeralah melakukan vaksinasi di sentra kesehatan terdekat agar Anda semakin terlindungi dari penyakit.