5 Olahraga Kardio Low Impact yang Ringan dan Mudah Dilakukan

5 Olahraga Kardio Low Impact yang Ringan dan Mudah Dilakukan 1

Hayoo….siapa yang lagi diet? Tahu kan kalau olahraga itu bermanfaat sekali buat diet kamu. Olahraga juga menjadi satu dari tiga pilar diet selain pola makan dan pola tidur. Salah satu jenis olahraga yang bisa kamu lakukan adalah olahraga kardio. Saat olahraga kardio, kinerja sistem pernapasan dan peredaran darah kamu akan meningkat. Selain itu, olahraga kardio bermanfaat untuk membakar kalori, meningkatkan metabolisme, dan menurunkan berat badan.

Namun, olahraga kardio dengan intensitas tinggi dapat membuat tubuh nyeri dan kelelahan terutama bagi yang baru mulai intens berolahraga. Tapi jangan khawatir. Sekarang, kamu bisa melakukan kardio dengan intensitas rendah atau biasa disebut low impact.

Untuk mengetahui perbedaan olahraga kardio low impact dan kardio high impact, dapat dibaca di sini

Olahraga kardio low impact dilakukan dengan gerakan kedua kaki atau salah satu kaki masih menempel di tanah atau lantai. Kebalikan dari high impact, olahraga kardio low impact sangat direkomendasikan bagi mereka yang baru mulai berolahraga, mereka yang punya berat badan berlebih, ibu hamil, dan dalam masa pemulihan cedera. Akan tetapi, banyak yang belum tahu apa saja jenis olahraga kardio yang termasuk low impact.

Berikut beberapa rekomendasi olahraga kardio low impact yang bisa kamu lakukan:

1. Bersepeda

olahraga kardio low impact ini tidak terlalu sulit dilakukan. Anda hanya memerlukan sepeda dan alas kaki yang sesuai dengan bentuk kaki Anda. Anda bisa mengelilingi komplek rumah, atau berkeliling kota dengan bersepeda. Cukup mudah, bukan? Perlu diketahui, 30 menit bersepeda dengan kecepatan sedang dapat membakar kurang lebih 200 kalori, sedangkan bersepeda kecepatan yang lebih cepat bisa membakar kalori 2x lebih banyak. Selain itu, bersepeda dapat memperkuat tubuh bagian bawah dan meningkatkan kinerja jantung. 

2. Jalan Kaki

Benar….Olahraga kardio low impact paling murah dan mudah ini terbukti memberikan banyak efek positif untuk tubuh. Sesekali, Anda bisa keliling dengan berjalan kaki daripada naik kendaraan bermotor. Jalan kaki dapat meningkatkan metabolisme kamu lho dan efektif membakar 100-300 kalori dalam waktu 30 menit. Akan tetapi, sesekali cobalah menaikkan intensitas jalan kaki kamu menjadi jalan cepat agar pembakaran kalori lebih banyak.

3. Berenang

Salah satu olahraga air ini menjadi pilihan bagi mereka yang ingin membakar banyak kalori. Berenang bermanfaat menurunkan berat badan karena semua otot di tubuh bergerak secara aktif, mulai dari otot tubuh bagian bawah, tubuh bagian atas, tubuh inti, dan punggung. Olahraga air ini dapat meningkatkan kinerja jantung dan metabolisme karena saat di air, jantung dan paru bekerja lebih keras untuk menyuplai oksigen bagi tubuh. Olahraga renang selama 60 menit dapat membakar 500-700 kalori dan efektif menurunkan berat badan.

4. Senam Aerobik

Senam aerobik merupakan gerakan olahraga yang diiringi dengan musik. Biasanya, senam aerobik dilakukan secara berkelompok dan dipandu seorang instruktur. Anda dapat melakukan senam aerobik dengan intensitas yang rendah atau low impact. Gerakan-gerakan dalam senam aerobik melatih beberapa otot tubuh dan meningkatkan kerja jantung dari intensitas rendah sampai sedang.

5. Yoga

Yoga adalah salah satu olahraga low impact yang banyak membakar kalori tetapi tidak menimbulkan kelelahan berlebih bagi tubuh. Yoga termasuk jenis olahraga yang mengkombinasikan pikiran dan tubuh. Banyak gerakan yoga yang dapat menguatkan otot, melenturkan tubuh, dan tentunya menurunkan stres. Selain itu, gerakan yoga juga menggabungkan teknik pernapasan dan meditasi.

 

Nah…gimana sobat diet? Mudah kan buat berolahraga. Olahraga low impact dapat menjadi pilihan bagi Anda yang baru mulai berolahraga. Pastikan, Anda melakukan olahraga secara rutin dan sesuai dengan kapasitas tubuh Anda. Jangan pernah memaksakan diri karena dapat berisiko cedera. Jangan lupa pula untuk mencukupi kebutuhan nutrisinya ya..

Kamu juga harus tahu kalau olahrga dapat meningkatkan kesehatan mental lho….Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa baca di sini